warga mengenakan masker melintasi petugas kesehatan di Beijing, Selasa (22/11/2022). | AP/Andy Wong

Internasional

Cina Longgarkan Pembatasan Nasional

Cina akan mengoptimalkan tindak pencegahan dan pengendalian epidemi pada 2023.

BEIJING – Cina telah mengumumkan pelonggaran pembatasan sosial Covid-19 skala nasional, Rabu (7/12). Pembatasan tersebut, termasuk penerapan karantina wilayah  atau lockdown, diketahui sempat memicu unjuk rasa dan aksi protes di sana.

Di bawah pedoman terbaru yang dirilis Komisi Kesehatan Nasional Cina, frekuensi dan ruang lingkup pengujian PCR akan dikurangi. “Tes PCR massal hanya dilakukan di sekolah, rumah sakit, panti jompo dan unit kerja berisiko tinggi; ruang lingkup dan frekuensi pengujian PCR akan dikurangi lebih lanjut,” demikian bunyi pedoman baru tersebut, dilaporkan Bloomberg.

Sebelumnya Cina gencar menggelar tes Covid-19 massal jika menemukan beberapa kasus baru di daerah tertentu. Di bawah pedoman terbaru, warga Cina juga tak lagi diwajibkan memberikan hasil tes negatif Covid-19 jika ingin bepergian lintas provinsi.

Selain itu, Cina juga akan memperkecil cukupan lockdown. Warga terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan juga diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah. Sebelumnya masyarakat yang terinfeksi Covid-19, meskipun asimtomatis atau hanya bergejala ringan, “dipaksa” melaksanakan karantina di fasilitas kesehatan.

photo
Pengunjuk rasa memegang kertas kosong dalam aksi unjuk rasa menentang karantina wilayah di Beijing, Ahad (27/11/2022). - (AP Photo/Ng Han Guan)

“Orang yang terinfeksi tanpa gejala dan kasus ringan yang memenuhi syarat untuk isolasi rumah umumnya diisolasi di rumah, atau mereka dapat secara sukarela memilih isolasi terpusat untuk pengobatan,” demikian bunyi pedoman terbaru Komisi Kesehatan Nasional Cina.

Mulai Selasa (6/12), warga Beijing tidak lagi diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes PCR sebelum memasuki toserba, perkantoran, tempat parkir, dan fasilitas umum lainnya, demikian pengumuman dari otoritas Beijing.

Warga hanya perlu memindai kode kesehatan melalui ponsel masing-masing sebelum memasuki tempat-tempat tersebut. Namun, beberapa tempat hiburan seperti kafe dan bar masih memberlakukan persyaratan tes negatif PCR yang dilakukan dalam 48 jam.

Pada 27 November lalu, aksi memprotes penerapan lockdown terjadi di sejumlah wilayah di Cina, termasuk Beijing dan Shanghai. Dalam aksinya, massa, yang telah frustrasi dengan kebijakan nol-Covid pemerintah pusat, tak segan menyerukan Presiden Cina Xi Jinping mundur.

Kebakaran mematikan di Urumqi, Xinjiang, 24 November lalu yang menewaskan 10 orang merupakan pemantik kemarahan warga Cina. Mereka menilai, upaya penyelamatan dalam insiden itu terhambat karena adanya peraturan lockdown.

Kejadian tersebut mendorong warga Cina turun ke jalan untuk memprotes penerapan lockdown dan menunjukkan simpati pada masyarakat Xinjiang.

Fokus pertumbuhan

Pedoman terbaru penanganan Covid-19 di Cina diluncurkan setelah pemerintah merilis data yang menunjukkan dampak negatif kebijakan nol-Covid terhadap perekonomian negara tersebut.

Nilai ekspor dan impor Cina anjlok pada November ke level yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak 2020. Ekspor Cina turun 8,7 persen bulan lalu. Sementara impor turun 10,6 persen.

photo
Polisi menghalau aksi unjuk rasa menentang karantina wilayah di Beijing, Ahad (27/11/2022). - (AP Photo/Ng Han Guan)

Pemerintah Cina juga akan mengoptimalkan tindak pencegahan dan pengendalian epidemi pada 2023 serta mengkoordinasikannya dengan kebijakan pembangunan ekonomi dan sosial. Hal ini dilaporkan kantor berita Xinhua melaporkan usai rapat politbiro Partai Komunis Cina.

Cina akan fokus menstabilkan pertumbuhan, lapangan pekerjaan, harga sambil mencegah dan meredakan risiko sistemik besar. Rapat 24 orang anggota Politbiro yang diketuai Presiden Xi pada Selasa (6/12) membahas tugas-tugas ekonomi tahun depan.

"Untuk tahun depan, Cina akan meningkatkan kemajuan sambil mempertahankan stabilitas," lapor Xinhua yang mengutip isi rapat itu.

Upaya juga akan dilakukan untuk meningkatkan permintaan dalam negeri. Lebih lanjut, Politbiro menilai, amatlah penting untuk membuka diri besar-besaran kepada dunia luar untuk menarik dan memanfaatkan modal asing.".  

LPS Naikkan Suku Bunga Penjaminan Valas

Cadangan devisa Indonesia pada akhir November 2022 meningkat menjadi 134 miliar dolar AS.

SELENGKAPNYA

‘Beras Impor untuk Operasi Pasar’

Kementan menyatakan 600 ribu ton beras tersedia dan telah divalidasi ke 2.200 penggilingan.

SELENGKAPNYA

‘Seret Terdakwa Lain Kasus Paniai’

Isak Sattu mengaku sejumlah pihak berpotensi sebagai tersangka dan terdakwa.

SELENGKAPNYA