Jaga Rekor | EPA

Liga Inggris

Jaga Rekor tak Terkalahkan di Anfield

Memasuki match day ke-14, Liverpool memiliki peluang besar untuk menjaga statusnya sebagai tim yang belum terkalahkan di Liga Inggris.

Seiring dengan performa impresif dan kemampuan bersaing secara langsung dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris musim lalu, berbagai rekor telah dipecahkan Liver pool. Rekor-rekor tersebut mulai dari raihan poin terbanyak sepanjang sejarah partisipasi di pentas Liga Inggris hingga rentetan tidak pernah kalah di laga kandang dalam 44 laga.

Pada musim ini pasu kan Merseyside itu mampu melanjutkan performa impresif yang telah diukir pada musim lalu. Sampai kini the Reds menjadi satu-sa tunya tim di Liga Inggris yang belum tersentuh kekalahan. Dengan koleksi 37 poin dari 13 laga, tim besutan Juergen Klopp itu memimpin papan klasemen sementara liga dengan keunggulan delapan poin dari peringkat kedua--Leicester City.

Memasuki match dayke-14, Liverpool memiliki peluang besar untuk kembali menajamkan rekornya dalam kompetisi tertinggi sepak bola Inggris. Sebelumnya, pada rentang waktu Mei 1987 hingga Maret 1988, Liverpool mencatatkan rekor tidak terkalahkan dalam 31 laga.

Kini, setelah menorehkan catatan tidak pernah kalah dalam 30 laga di Liga Inggris, the Reds memiliki kesempatan menyamai catatan sejarah tersebut. Syaratnya, Virgil van Dijk dan kawan-kawan mesti mengalahkan Brighton and Hove Albion di Stadion Anfield, Sabtu (30/11) malam WIB.

 

 
Kami turun ke lapangan bukan untuk memecahkan rekor tertentu, melainkan untuk meraih hasil maksimal.
 
 



Kami turun ke lapangan bukan untuk memecahkan rekor tertentu, melainkan untuk meraih hasil maksimal. Kami memiliki target yang lebih besar, kata Klopp di laman resmi klub, awal pekan ini.

Dengan tren positif di laga kandang, yaitu torehan 13 kemenangan beruntun, the Reds tentu diunggulkan untuk memetik poin penuh pada laga tersebut. Belum lagi dengan rekor apik kala berhadapan dengan the Seagulls di pentas Liga Inggris dengan torehan kemenangan beruntun dari tujuh bentrokan terakhir dan berhasil mencetak 22 gol serta hanya kebobolan tujuh gol.

Di sisi lain, Brighton juga memiliki rekor buruk kala tampil di Anfield dengan menelan delapan kekalahan dalam 10 laga terakhir. Status unggulan Liverpool pada laga ini juga kian kuat karena the Seagulls tidak pernah menang dalam lima laga tandang terakhir.

Kendati begitu, Liverpool tidak sepenuhnya bebas dari potensi masalah. Kegagalan the Reds mencatatkan clean sheetsejak akhir September silam menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Selain itu, dalam beberapa laga terakhir, Liverpool selalu berada dalam situasi yang sulit, baik karena kebobolan terlebih dahu lu maupun karena kemampuan tim lawan menyamakan kedudukan.

 



Kami mesti berusaha menghin dari berada dalam situasi sulit tersebut pada laga-laga berikutnya. Selain itu, kami mesti bisa menambah catatan clean sheet yang cukup mengecewakan pada musim ini. Namun, di sisi lain, bisa keluar dari ber bagai situasi sulit itu menunjukkan tim ini cukup solid, ujar bek sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold, di laman resmi klub.

Dari kubu lawan, pelatih Graham Potter me ngaku kepercayaan diri dan keyakinan untuk bisa bangkit tetap kuat pada diri para pemainnya. Kekalahan 0-2 dari Leicester City pada akhir pekan lalu memang menambah panjang catatan minor penampilan.

Kini, hal yang perlu kami lakukan adalah melupakan kekalahan dalam dua laga terakhir dan bersiap untuk laga berat berikut nya menghadapi Liverpool, kata Potter seperti dikutip Brighton and Hove Independet, awal pekan ini. (ed:m akbar)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat