Sepda motor listrik Polytron T-Rex | Eric Iskandarsjah Z/Republika

Otomotif

Pasar Motor Listrik Kian Ramai

Pengenalan motor listrik Honda akan dimulai pada tahun depan hingga 2030.

OLEH ERIC ISKANDARSJAH Z

Selain mobil, perkembangan sepeda motor listrik terus mengalami perkembangan. Dalam Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, sejumlah motor 'hijau' baru pun terus bermunculan dan membuat masyarakat makin memiliki opsi yang beragam.

Melalui pameran yang digelar pada 2-6 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, sejumlah produk motor listrik terbaru disajikan oleh beberapa merek, seperti Polytron, Davigo, dan ION Mobility. Produk motor listrik yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari motor listrik berukuran kecil hingga sedang.

photo
Sepeda motor listrik Polytron T-Rex - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Dalam IMOS 2022, Polytron memamerkan gebrakan lewat pengenalan motor listrik bernama T-Rex. Direktur Marketing Polytron Tekno Wibowo mengatakan, T-Rex adalah produk flagship karena hadir dengan desain premium dan spesifikasi yang unggul.

"IMOS adalah ajang yang sangat dinantikan oleh para pencinta sepeda motor. Oleh karena itu, ajang ini kami jadikan momentum untuk memperkenalkan produk ramah lingkungan dan canggih dalam harga yang kompetitif," kata Tekno Wibowo.

Secara desain, T-Rex menawarkan konsep futuristik yang disiratkan dari garis desain yang tegas di setiap bagian. Motor ini pun terlihat ingin menyasar segmen menengah karena hadir sebagai sebuah skuter maxi.

Motor ini tampil bertenaga lewat mid drive motor power berkemampuan 5.000 watt. Tak heran, motor ini diklaim mampu melaju hingga kecepatan 130 kilometer/jam. Untuk baterai, motor ini dibekali dengan baterai 7,6 kWh sehingga memiliki catatan daya jelajah 210 kilometer.

Menurutnya, motor ini juga dibekali dengan fitur konektivitas via smartphone dan menunjang fitur anti-theft security serta memudahkan pengendara untuk mengetahui berbagai informasi terkait kondisi kendaraan. Hanya saja, saat ini T-Rex masih dalam tahap pengenalan. Polytron baru akan mengungkap harganya saat produk tersebut resmi diluncurkan.

photo
Sepeda motor listrik Davigo - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Polytron optimistis bisa meraih pangsa pasar yang optimal karena hadir dengan metode pemasaran yang unik. Mengingat, produk yang dipasarkan bisa dibeli dengan harga yang tidak mencakup pembelian baterai.

Artinya, pengguna motor Polytron bisa menggunakan baterai dengan skema sewa per bulan. Dengan strategi itu, masyarakat bisa lebih dimudahkan untuk memiliki motor listrik tanpa harus terkendala oleh harga yang masih tinggi.

Merek lain yang juga unjuk gigi dalam IMOS 2022 adalah Davigo. Chief Marketing Officer Davigo Glora Slucky mengatakan, dalam pameran kali ini perusahaan meluncurkan produk Dragon. "Produk ini kami hadirkan sebagai produk yang fleksibel karena dipasarkan dalam dua jenis baterai sesuai dengan kebutuhan konsumen," kata Glora Slucky.

Dragon ditawarkan dalam opsi baterai graphene dengan daya jelajah 120 kilometer dan baterai litium dengan daya jelajah 200 kilometer. Spesifikasinya bisa berbeda karena graphene merupakan baterai dengan kapasitas 72V35Ah sedangkan litium berkapasitas 72V60Ah.

Produk ini masuk dalam kategori skuter kecil yang pas untuk digunakan dalam mobilitas jarak dekat. Dia yakin, motor ini bisa jadi alternatif yang praktis dan ramah lingkungan karena hadir dengan harga sekitar Rp 18 juta hingga Rp 21 juta.

photo
Sepeda motor listrik ION Mobility - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Gebrakan elektrifikasi juga disajikan oleh ION Mobility lewat produk M1-S yang tampil dengan desain mirip skuter maxi. Tampilanya pun terlihat sangat futuristik karena kental dengan nuansa garis tegas.

CEO ION Mobility James Chan mengatakan siap mengakomodasi kebutuhan motor listrik bagi masyarakat Indonesia karena menawarkan keunggulan dari segi desain, performa, dan kepraktisan. Hanya saja, produk ini baru bisa dipesan pada tahun depan dengan perkiraan harga di bawah Rp 50 juta.

Kunci kepraktisan dari motor ini hadir lantaran peletakan baterai yang berada di bagian lantai kendaraan. Lewat desain itu, motor ini bisa menawarkan bagasi berkapasitas 26 liter.

Kunci kepraktisan lainnya adalah adanya adaptor built-in. Dengan begitu, pengisian baterai bisa dilakukan secara langsung dari motor tanpa perlu home charger. Adaptor itu pun memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kapasitas pengisian dengan ketersediaan listrik yang terdapat di rumah pengendara.

photo
Rangka sepeda motor listrik ION Mobility - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Baterai motor ini memiliki kapasitas 5,5 kWh dan bisa diisi ulang dari 0-80 persen dalam dua jam saja. Untuk performa, motor ini ditunjang oleh dinamo berkemampuan 16,7 daya kuda dan torsi 43 Nm.

Lewat seluruh perpaduan itu, ION Mobility M1-S bisa berakselerasi dari 0-50 kilometer/jam dalam 3,9 detik. Kemudian, bisa dipacu hingga kecepatan 100 kilometer/jam dengan daya jelajah hingga 150 kilometer.

IMOS 2022 kali ini juga digunakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengungkap strateginya dalam menyasar pasar motor listrik. President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan, pengenalan motor listrik Honda akan dimulai pada tahun depan hingga 2030 dengan total kendaraan yang diluncurkan sebanyak tujuh motor listrik.

photo
Sepeda motor listrik Honda - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

"Sejalan dengan komitmen ini, kami pun juga akan melengkapinya dengan menanamkan investasi baru untuk menyiapkan lini produksi di Indonesia sekaligus secara bertahap meningkatkan kandungan komponen lokal untuk sepeda motor listrik kami. Termasuk di dalamnya infrastruktur pertukaran baterai,” ujar Yasuda.

Pada 2023, tahap awal pengenalan motor listrik akan dilakukan dengan pengenalan dua produk sekaligus. Upaya ini akan dilanjutkan pada 2024 dengan dua model. Kemudian, terus berlanjut hingga 2030 dengan meluncurkan kembali tiga model sepeda motor listrik lainnya.

Produk sepeda motor listrik yang akan dipasarkan AHM memiliki pilihan pengisian daya ulang langsung melalui listrik (direct charging). Tak hanya itu, bisa juga melalui baterai yang dapat ditukar (swapping battery).

Indonesia Siap Terima Biden-Xi Jinping, Putin Belum Pasti

Hingga saat ini sudah ada 17 kepala negara/kepala pemerintahan yang menyatakan akan hadir pada KTT G-20.

SELENGKAPNYA

Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Pengendalian inflasi menjadi kunci untuk melanjutkan tren pertumbuhan.

SELENGKAPNYA

Negara Kaya Didesak Bayar Kompensasi Perubahan Iklim

Negara berkembang menuntut agar negara penghasil polusi membayar kompensasi atas kerusakan akibat perubahan iklim.

SELENGKAPNYA