Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Mohammed Al Mazroei (kanan) setibanya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (1/7/2022). Kunjungan Presiden Joko | ANTARA FOTO/HO/BPMI-Muchlis Jr/wpa/rwa.

Politik

Jokowi: Sejak Awal Saya Dukung Prabowo

Prabowo menyebut hal itu terkait dengan konteks pertahanan

 

JAKARTA — Presiden Joko Widodo mengaku telah memberikan dukungannya kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dukungan tersebut telah diberikannya sejak awal.

Jokowi menyatakan hal itu saat menjawab pertanyaan dari para wartawan terkait restu yang diberikannya kepada Prabowo. “Sudah sejak awal kok restu-restu, sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau,” kata Jokowi di Pameran Indo Defence 2022 Expo dan Forum di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (2/11).

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

 

Mendengar pernyataan Jokowi tersebut, Prabowo yang berada di samping Jokowi langsung meluruskan pernyataan Jokowi. Ia menyebut hal itu terkait dengan konteks pertahanan, bukan Pemilu 2024. “Ini pertahanan,” kata Prabowo singkat.

Saat ditanya apakah ada wejangan yang disampaikan kepada Prabowo di Pemilu 2024, Jokowi mengaku sudah sering saling tukar pikiran dengan Prabowo. Keduanya sering membahas terkait bagaimana Indonesia ke depannya.

“Ya, kita saling tukar pikiran mengenai bagaimana Indonesia ke depan. Saya kira biasalah, berbicara. Bukan sering, terlalu sering dengan Pak Menhan itu,” ujar Jokowi.

 

 

 

Saya kira biasalah, berbicara. Bukan sering, terlalu sering dengan Pak Menhan itu.

 

JOKO WIDODO Presiden RI
 

 

Semangat Gerindra

Meski Prabowo menyatakan dukungan Jokowi terkait dengan agenda pertahanan, Gerindra menilai dukungan Presiden juga terkait pencapresan.

"Berita tadi itu dukungan ya, juga termasuk dukungan terhadap rencana besar pertahanan, kemudian sudah dipaparkan kepada Pak Jokowi sejak dilantik menjadi pertahanan. Ya, saya pikir yang dimaksud dukungan itu ya pencapresan, ya pertahanan, dan kerja-kerja yang dilakukan Prabowo selama ini," kata Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangan videertao yang diterima Republika, Rabu.

Dasco mengatakan, dukungan Jokowi menjadi penambah semangat bagi kader Gerindra di daerah. "Dari awal, kader-kader di daerah memang sudah semangat mendukung Pak Prabowo sebagai capres dan dengan dukungan yang baru saja disampaikan akan menjadi penyemangat yang lebih kepada kader di daerah," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

 

Ia mengatakan, sejak sebelum Gerindra menggelar rapimnas, Prabowo yang juga merupakan ketua umum Gerindra itu telah menyampaikan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden. Ia menambahkan, Jokowi mempersilakan hal tersebut. 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengaku tak ingin terlalu gede rasa atau geer dengan pernyataan Jokowi merestui Prabowo. Namun, jika benar, pernyataan tersebut menjadi modal penting partainya dan Prabowo untuk menghadapi Pemilu 2024. 

"Pemilihan presiden akan berlangsung pada 14 Februari dan periode Pak Jokowi baru akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sehingga siapa calon presiden yang didukung oleh beliau menjadi penting, tetapi Pak Jokowi itu kan seorang yang demokratis," ujar Muzani.

Sementara, Muzani mengungkapkan bahwa Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah melakukan penjajakan dengan partai politik yang berada di parlemen. Namun, ia enggan mengungkapkan nama partai tersebut.

Ibu Brigadir J: Kenapa Anakku Harus Dibunuh?

Hanya di persidangan itu dia bisa meluapkan emosi di hadapan para pembunuh anaknya.

SELENGKAPNYA

Agama Sumber Pemersatu

Tidak semestinya agama menjadi sumber perpecahan dan pertikaian.

SELENGKAPNYA

Teologi Sosial Cegah Stunting

Salah satu tantangan besar dari bonus demografi Indonesia adalah stunting.

SELENGKAPNYA