Pengacara Keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menjawab pertanyaan wartawan saat tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022). Pengacara Keluarga Brigadir J tersebut bakal melaporkan Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi soal lap | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

Keluarga Brigadir J Siap Berikan Kesaksian

Agenda sidang kasus Duren Tiga masih berlangsung pada Jumat (28/10) untuk terdakwa Arif Rachman Arifin

JAKARTA — Sebelas anggota keluarga Brigadir Nofriansyah Joshua Hutabarat atau Brigadir J siap memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan pembunuhan berencana Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (25/10) hari ini.

Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, juga menyatakan turut memberikan kesaksian yang menyeret mantan kepala Divisi Propam Polri Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi sebagai terdakwa.

Kamaruddin menerangkan, anggota keluarga Brigadir J akan memberikan kesaksian untuk persidangan lanjutan atas terdakwa Bharada Richard Eliezer (RE). Bharada RE adalah rekan Brigadir J sesama ajudan Ferdy Sambo. 

photo
Kuasa hukum keluarga Brigadir J, korban peristiwa dugaan baku tembak antaranggota Polisi di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo, Kamaruddin Simanjuntak (tengah) menunjukkan bukti foto korban usai pelaporan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (18/7/2022). Menurut kuasa hukum dari keluarga almarhum Brigadir J, kedatangannya tersebut sebagai langkah hukum dengan melaporkan kejadian baku tembak yang terjadi pada Jumat (8/7) lalu ke Bareskrim Mabes Polri. - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Namun, dalam dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) terungkap, Brigadir J ditembak oleh Bharada RE atas perintah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga 46, Jaksel, Jumat (8/7). “Jadi, dari pihak keluarga ada 11 saksi. Termasuk saya, jadi 12. Semua akan hadir langsung,” ujar Kamaruddin saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin (24/10). 

 

 

Jadi, dari pihak keluarga ada 11 saksi. Termasuk saya, jadi 12. Semua akan hadir langsung

 

KAMARUDDIN SIMANJUNTAK Pengacara Keluarga Brigadir J
 

 

Kamaruddin mengatakan, para anggota keluarga Brigadir J yang akan hadir langsung memberikan kesaksian di persidangan, di antaranya bapak dan ibunya, Samuel Hutabarat, dan Rosti Simanjuntak; adik Brigadir J, yakni Mareza Rizki; calon istri Brigadir J Vera Simanjuntak.

Serrta kerabat, yakni Yuni Artika Hutabarat, Devianita Hutabarat, Novitasari Nadea, Rohani Simanjuntak, Sangga Parulian, Roslin Emika Simanjuntak, dan Indrawanto Pasaribu. “Sebagian sudah hadir dari kemarin-kemarin,” kata dia.

Dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J, JPU mendakwa lima orang sebagai terdakwa, yakni terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada RE, Bripka Ricky Rizal (RR), dan seorang pembantu rumah tangga, Kuat Maruf (KM). Jaksa mendakwa kelimanya dengan Pasal 340 KUH Pidana, subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55, dan Pasal 56 KUHP.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjadwalkan pemeriksaan 12 saksi untuk terdakwa Bharada RE berlangsung pukul 09.30 WIB. Empat terdakwa lainnya, yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bripka RR, dan Kuat Maruf, dengan agenda sidang putusan sela dilaksanakan pada Rabu (26/10) besok.

Pada hari yang sama, PN Jaksel menggelar sidang untuk perkara menghalangi penyidikan (obstruction of justice) dengan terdakwa Irfan Widyato mengagendakan tanggapan jaksa penuntut umum (JPU) atas eksepsi terdakwa. Kemudian, sidang terdakwa Chuck Putranto dan Baiquni Wibowo dengan agenda pengajuan nota keberatan atau eksepsi.

Selanjutnya, sidang perkara obstruction of juctice dengan terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria digelar pada Kamis (27/10). "Agenda sidang pemeriksaan saksi dari jaksa penuntut umum," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Djuyamto.

Agenda sidang kasus Duren Tiga masih berlangsung pada Jumat (28/10) untuk terdakwa Arif Rachman Arifin dengan agenda pengajuan nota keberatan atau eksepsi. 

Erdogan Usulkan Referendum Nasional Soal Hijab

Partai berkuasa pimpinan Erdogan mencabut larangan mengenakan hijab di lembaga-lembaga negara pada 2013.

SELENGKAPNYA

Menko PMK: Usut Kasus Ginjal Akut

Polri membentuk tim untuk menyelidiki dugaan adanya tindak pidana.

SELENGKAPNYA

Islam Makhachev Rebut Juara Dunia UFC

Makhachev mengikuti jejak mentornya, Khabib Nurmagomedov, setelah menekuk Oliveira

SELENGKAPNYA