ILUSTRASI Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya memadamkan api yang membakar toko di Jalan Gemblongan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/10/2022). Sebanyak 18 kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api | ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Jakarta

Ibu dan Dua Anak Tewas Akibat Kebakaran di Pademangan

Kebakaran juga terjadi dan menghanguskan dapur tempat hiburan malam

JAKARTA – Api melalap delapan rumah semipermanen pada Sabtu (22/10) malam, di wilayah Pademangan Jakarta Utara. Akibat kebakaran tersebut, satu keluarga terdiri atas seorang ibu berinisial A (28 tahun) dan dua anaknya AF (10) dan ANZ (5) meninggal dunia. "Ada tiga korban jiwa, yakni ibu dan kedua anaknya," ujar Asman saat dikonfirmasi, Ahad (23/10).

Menurut Asman, dugaan sementara api pertama kali muncul dari rumah korban. Kemudian api pun dengan cepat membesar dan melumat sebanyak delapan rumah di sekitar lokasi. Sementara ketiga korban tengah tidur di sebuah kamar di lantai atas.

“Rumahnya rapat-rapat sekali. Korban lagi tidur di kamar atas di rumah, suami kerja belum pulang. Pas di telepon ada kebakaran, suaminya buru-buru pulang,” kata Asman.

Asman mengatakan, saat ini, pihaknya tengah mendalami penyebab kebakaran. Laboratorium Forensik Mabes Polri pun dilibatkan karena perihal penyebab kebakaran secara pasti akan diketahui pascaproses uji di laboratorium. “Kita proses, kita kordinasi labfor. Iya, untuk cari penyebab kebakaran,” kata Asman.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire)

 

Sementara di Kota Bogor, kebakaran juga terjadi dan menghanguskan dapur sebuah tempat hiburan malam, yakni Xclusive Cafe Resto & Karaoke. THM ini berlokasi di Jalan Siliwangi, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Kebakaran terjadi pada Ahad (23/10). Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa ataupun luka.

Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Mohamad Ade Nugraha, mengatakan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 08.15 WIB. Menurut pegawai, diduga api berasal dari korsleting pada mesin pendingin atau kulkas di dapur.

 
Rumahnya rapat-rapat sekali. Korban lagi tidur di kamar atas di rumah, suami kerja belum pulang.
ASMAN HADI Kanit Reskrim Polsek Pademangan
 

 

“Menurut saksi di tempat kejadian perkara (TKP), diduga awal mula api berasal dari korsleting listrik pada mesin pendingin kulkas yang menyebabkan meluasnya api melalap seisi ruangan di sekitar kitchen,” kata Ade kepada Republika, Ahad (23/10).

Ade menyebutkan, untuk memadamkan api sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran Kota Bogor diterjunkan ke lokasi kejadian. Beruntungnya, api tidak sempat merambat ke ruangan lain di kafe tersebut. “Tidak ada rambatan api ke ruangan lain, hanya asap tebal dari material kitchen yang terbakar,” ujarnya.

Sekira pukul 10.00 WIB atau satu jam 35 menit kemudian, api berhasil dijinakkan petugas. Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini, tetapi belum diketahui pasti kerugian materil yang disebabkan oleh kebakaran tersebut. "Kondisi sudah aman terkendali," ujar dia.

Ini yang Membuat Perbedaan Penulisan Proyek dan Subjek

Tak ada huruf y di dalam ejaan Soewandi. Namun, Sukarno mengubah Kemajoran menjadi Kemayoran.

SELENGKAPNYA

Lakukan Tes Keunikan Anak Sejak Dini

Cari tahu kemampuan, minat hingga bakat buah hati.

SELENGKAPNYA

Relasi Tuhan dan Hamba

Dalam perspektif tasawuf, hubungan primer Allah dan makhluk-Nya terjalin bagaikan langit dan bumi.

SELENGKAPNYA