KH Ahmad Sjaichu | Erdy Nasrul/Republika

Khazanah

Al-Hamidiyah Serahkan Dokumentasi Kiai Sjaichu Ke ANRI

Kegiatan penyelamatan arsip foto dan video Kiai Sjaichu sudah hampir dua bulan dilaksanakan

 

DEPOK – Sabtu pagi (22/10/22), Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIA) Depok menyelenggarakan upacara bendera memperingati Hari Santri 2022. Bertempat di halaman parkir utama, acara ini diikuti oleh seluruh civitas akademika YIA secara langsung dan sebagian melalui jaringan virtual. Di kesempatan ini pula diselenggarakan serah terima arsip Almaghfurlah K.H. Achmad Sjaichu kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). 

Kegiatan penyelamatan arsip foto dan video Almaghfurlah K.H. Achmad Sjaichu sudah hampir dua bulan dilaksanakan, terhitung sejak Senin 6 September 2022 sampai dengan 22 Oktober 2022, meski penjajakannya sudah dilakukan sejak awal tahun. Penyelamatan arsip foto dilakukan dengan melakukan penataan arsip, dengan tahapan pemilahan, deskripsi, penomoran sementara, manuver data dan fisik arsip, penomoran definitif arsip, penyusunan daftar arsip foto, dan alih media arsip foto.

“Alhamdulillah, akhirnya kita sampai pada tahap terakhir penyerahan arsip dokumentasi peninggalan K.H. Achmad Sjaichu kepada negara dalam hal ini ANRI. Kami sangat berterima kasih kepada tim yang telah bertugas dengan baik. Tentu harapan kami, ketokohan dan perjuangan dari pendiri Pesantren Al-Hamidiyah ini bisa lebih bermanfaat diakses masyarakat luas terutama bisa diteladani oleh para santri di Indonesia,” ungkap Ibu Marti Alifa Fauzia S.Psi sebagai Ketua Panitia Tim Pelaksana Konservasi Foto dan Dokumen Almaghfurlah K.H. Achmad Sjaichu.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala ANRI Bapak Drs. Imam Gunarto, M. Hum beserta jajaran, yang juga mengikuti rangkaian acara Hari Santri 2022. Adapun jumlah arsip yang berhasil diselamatkan adalah sekitar 1.100 lembar foto.  

Selain itu, di antara tokoh yang diundang untuk menyaksikan momen bersejarah ini di Pesantren Al-Hamidiyah Depok ialah Dr. KH. Muhammad Idris, Lc, MA (Walikota Depok Depok), Dr. Kandar, MAP (Deputi Bidang Konservasi Arsip), Bapak Wawan, SIP, MAP (Direktur Akuisisi ANRI), H. Sri Utomo (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Depok), Ibu Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd,. MM (Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok), Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok), KH. Ahmad Dimyathi Badruzzaman, MA (Ketua Umum MUI Kota Depok), Saiful Hidayat, S.Pd, M.Si, (Camat Pancoranmas Depok), Zaenur Ahmad, S.Ag (Lurah Rangkepanjaya Depok), Komisaris Polisi Trihariyadi, S.H., M.Si (Kapolsek Pancoranmas Depok), Kapten Inf. Suwarno (Danramil 01 Pancoranmas Depok), Bapak Suseno (RW. 13 Rangkapanjaya Depok), dan Bapak Maman (RT. 01 RW. 13 Kekupu Rangkapanjaya Depok).

Sementara Pejabat Struktural YIA di antaranya, dr. H. Imam Susanto, Sp.BP, RE (K) (Direktur Yayasan Islam Al-Hamidiyah), Ir. H. Mochammad Sutjahyo (Ketua Dewan Pengawas), Ibu dr. Hj. Farida, Sp.Ak (Pengawas Bidang Keuangan), Prof. Dr. KH. Oman Fathurahman, M.Hum (Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah), H. Zainul Mujahidin (Ketua KBIH Al-Hamidiyah)

Ibu Marti Alifa, S.Psi (Wakil Direktur Pendidikan), Hj. Zubaidah, SE (Direktur Keuangan), Ahmad Firdaus, MM (Direktur SDI dan Kesekretariatan), Bapak Rifky Wijaya, MM (Direktur Kominfo dan PBI), Rahmat Fajar Trianto, ST (Direktur Sarana, RT dan IT), para Kepala Divisi, para Kepala Departemen Kantor Sekretariat, dan para Kepala Departemen Pendidikan. 

Peringatan Hari Santri 2022 ini juga cukup spesial, karena dihadiri oleh tamu internasional asal Syria yang tinggal di Berlin, Jerman, Dr. Ghazwan Kanbar. Kini, Arabic Native Speaker ini mengajar Bahasa Arab di Pesantren Al-Hamidiyah Depok.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat