Warga mendorong kendaraannya yang mogok saat melewati banjir di kawasan Sutojayan, Blitar, Jawa Timur, Senin (17/10/2022). | ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Nusantara

Delapan Kecamatan di Malang Alami Banjir dan Longsor

RSUD hentikan layanan rawat jalan akibat banjir.

MALANG -- Sebanyak delapan kecamatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur mengalami bencana hidrometeorologi. Sejumlah daerah itu mengalami banjir luapan, banjir bandang, dan tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, M Nur Fuad Fauzi mengatakan, bencana hidrometeorologi terjadi di Kecamatan Ampegading, Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Dampit. Kejadian serupa juga terjadi di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Bantur.

"Selain itu, bencana terjadi di  Kecamatan Pagak dan Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur," kata Nur Fuad, Selasa (18/10).

Menurut Nur Fuad, bencana ini bermula dari hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Senin (17/10) pukul 04.00 WIB di wilayah Kabupaten Malang bagian selatan. Situasi ini mengakibatkan tinggi muka air di hulu Sungai Panguluran, Sungai Desa Kedung Banteng mengalami kenaikan. Air pun mulai memasuki rumah warga karena hilir Sungai Panguluran di Pantai Ungapan tertahan oleh air pasang laut.

photo
Warga melewati banjir di kawasan Sutojayan, Blitar, Jawa Timur, Senin (17/10/2022). BPBD Jatim mencatat sebanyak 465 jiwa yang berasal dari 13 desa di lima kecamatan terdampak mengungsi di 12 titik pengungsian akibat banjir yang disebabkan meluapnya sejumlah sungai besar di daerah tersebut dampak dari tingginya intensitas curah hujan dalam beberapa hari terakhir. - (ANTARA FOTO/Irfan Anshori)

Selain itu, saluran irigasi Sungai Panguluran di Desa Kedungbanteng ke arah Desa Sitiarjo mengalami kerusakan. Kondisi tersebut menyebabkan air meluap sehingga memasuki beberapa rumah warga. Kemudian beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Malang wilayah Selatan ikut mengalami banjir luapan hingga banjir bandang di wilayah Kecamatan Ampelgading.

Berdasarkan laporan yang diterima hingga Senin (17/10) pukul 23.30 WIB, kondisi tersebut menyebabkan lima kecamatan di Kabupaten Malang mengalami tanah longsor. Nur Fuad juga mengungkapkan ada dua kecamatan yang mengalami banjir bandang, yakni Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Ampelgading.

Meskipun banjir dan longsor terjadi secara masif di Kabupaten Malang, Nur Fuad memastikan tidak ada korban jiwa atas bencana tersebut. Namun warga setempat membutuhkan air bersih, alat kebersihan rumah tangga dan alat penguras air sumur. Selain itu, juga membutuhkan logistik kebutuhan dasar, personel, alat berat dan pakaian/perlengkapan bayi.

Banjir bandang juga terjadi di Trenggalek. Banjir setinggi 1,75 meter itu merendam pusat kota Trenggalek, Jawa Timur, dan beberapa kecamatan lain yang menyebabkan ribuan orang mengungsi.

photo
Warga membersihkan sisa banjir yang menggenangi rumahnya di desa Sitiarjo Sumbermanjingwetan, Malang, Jawa Timur, Selasa (18/10/2022). Hujan deras yang melanda kawasan tersebut menyebabkan lima desa dari tiga kecamatan terendam banjir. - (ANTARA FOTO/Purnomo)

"Banjir terparah terjadi di wilayah Kelurahan Tamanan dan Kelutan, kota Trenggalek," kata Sekretaris BPBD Trenggalek Tri Puspita Sari, Selasa.

RSUD dr Soedomo Trenggalek pun terpaksa menutup layanan rawat jalan dan mengevakuasi puluhan pasien rawat inap di lantai I akibat genangan banjir masuk ke sejumlah ruang pelayanan rumah sakit, Selasa. "Semua pelayanan rawat jalan sementara diliburkan karena banjir masuk ke ruang-ruang pelayanan poliklinik," kata Humas RSUD dr Soedomo Trenggalek Sujianto.

Sementara, demi menjaga keselamatan masyarakat, PLN pun melakukan pemadaman di beberapa titik gardu distribusi di daerah-daerah bencana tersebut. "Aliran listrik di daerah-daerah yang terdampak banjir kami padamkan untuk mengantisipasi bahaya dan akan segera kami normalkan setelah air surut atau kondisi dinilai aman," kata Manager PLN UP3 Malang, M Farqi Faris, Selasa.

Sejauh ini, kata dia, tercatat ada 137 gardu distribusi yang terdampak banjir. Dari jumlah tersebut, 129 gardu distribusi di antaranya sudah menyala. Adapun sisa delapan gardu masih dipadamkan karena air belum surut.

photo
Warga melewati jalan penghubung antar desa yang tergenang banjir di dusun Rowotrate, Sumbermanjingwetan, Malang, Jawa Timur, Selasa (18/10/2022). Hujan deras yang melanda kawasan tersebut menyebabkan lima desa dari tiga kecamatan terendam banjir. - ( ANTARA FOTO/Purnomo)

Bertambah

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali I Made Rentin menyatakan peristiwa bencana banjir bandang dan tanah longsor yang menimpa sejumlah daerah di provinsi itu menyebabkan korban meninggal dunia terus bertambah.

"Total meninggal dunia enam orang. Ada tiga orang di Kabupaten Karangasem, satu orang di Bangli, satu orang di Tabanan, dan satu orang di Jembrana," kata Rentin, Selasa.

Selain menyebabkan korban meninggal dunia, bencana banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Bali juga menyebabkan sejumlah jembatan penghubung di kabupaten terputus dan sejumlah rumah warga rusak. BPBD juga memantau banyak tumpukan batang kayu dan sampah yang terbawa banjir, sehingga mengakibatkan kemacetan jalur Gilimanuk ke Denpasar. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Australia Tolak Yerusalem Ibu Kota Israel

Pemerintah Australia secara resmi membatalkan pengakuan Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel.

SELENGKAPNYA

Mogok Prancis Kacaukan Layanan Kereta

Mogok kerja merembet ke sektor energi lain termasuk PLTN EDF.

SELENGKAPNYA

Sakit Gigi, Alasan Teddy Minta Pemeriksaan Ditunda

IPW mendukung ketegasan Kapolri dalam pemberantasan narkoba.

SELENGKAPNYA