Umat muslim mengikuti barzanji dengan melantunkan shalawat dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW diiringi rebana saat digelar seni gembrungan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Kedondong, Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu | ANTARA FOTO/Siswowidodo/aww.

Sastra

Maulid Nabi, dari Al-Burdah Hingga Barzanji

Dari segi kritik sastra puisi-puisinya memang berbobot dan mendapat tempat sebagai karya estetis, lembut dan memikat.

OLEH ALI AUDAH Ada suatu tradisi kepenyairan dalam sejarah sastra Islam yang terasa agak unik, yakni mengolah puisi lama yang secara bertangga digubah kembali oleh seorang penyair dari penyair yang lain. Puisi al-Burdah yang sudah sangat terkenal, juga di Indonesia, yang ada hubungannya dengan kehidupan pribadi Nabi Muhammad, mula-mula digubah oleh penyair...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Sejarah dan Perdebatan Syara' Maulid Nabi

Tema-tema yang diangkat dalam Maulid Nabi umumnya pengentasan kemiskinan.

SELENGKAPNYA

Jumatan di Cendana, Khatibnya Pernah Jadi Tahanan Orba

Meskipun ia pernah 'disakiti' penguasa Orde Baru itu, namun ia tak pernah dendam kepada Soeharto

SELENGKAPNYA

Kapten Visser dan Baret Merah Kopassus

Kapten Visser justru lebih memilih baret merah daripada baret hijau. Padahal, pasukan komando Belanda menggunakan baret hijau.

SELENGKAPNYA