Ikon Netflix. | AP Photo/Dan Goodman.

Teraju

Perang di Ranah Streaming

Dalam layanan streaming, Netflix bukan lagi raja di hati pemirsanya.

OLEH SIWI TRI PUJI B

Walt Disney Company melaporkan pada kuartal ketiganya, mereka berhasil meraup 221,1 juta pelanggan di semua layanannya secara global (Disney+, Disney+ Hotstar, Hulu dan ESPN+). Angka ini melampaui total jumlah pelanggan global Netflix yang pada periode yang sama tercatat sebanyak 220,7 juta untuk pertama kalinya. 

Walt Disney tampaknya hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga tahun untuk menyalip Netflix dalam hal jumlah pelanggan streaming. Namun pada kenyataannya, jalan menuju dominasinya dimulai lebih dari 15 tahun yang lalu dengan strategi 100 miliar dolar AS yang direncanakan dengan hati-hati untuk menghidupkan kembali kejayaannya bagi pemirsa abad ke-21.

Tadinya, mereka memperkirakan akan menyalip Netflix pada 2024, jika tetap dalam mode pertumbuhan tinggi. Namun mereka mencapainya lebih cepat; dengan menambah 14,4 juta pelanggan pada kuartal kedua, mengalahkan ekspektasi analis. Di sisi lain, Netflix berjuang tahun ini dengan kehilangan pelanggan pertama dalam satu dekade.

“Pada dasarnya kedua perusahaan berada pada fase pertumbuhan yang berbeda,” kata Paolo Pescatore, analis media dan telekomunikasi di PP Foresight. “Disney masih dalam "mode siluman", masih ada jutaan pengguna untuk diakuisisi karena Disney terus berekspansi ke pasar baru dan meluncurkan pertunjukan blockbuster baru. ”

photo
Logo sejumlah layanan streaming. - (AP Photo/Jenny Kane)

Sementara Netflix sudah tersedia secara global, kecuali China, Krimea, Korea Utara, Rusia, dan Suriah, Disney+ masih dalam proses peluncuran internasional. Baru-baru ini mereka mengumumkan ketersediaannya di 60 negara dan wilayah lainnya tahun ini. 

Disney menyatakan bahwa Disney+ berada di jalur yang tepat untuk mencapai profitabilitas pada tahun 2024, tetapi tetap berada di puncak adalah bisnis yang sangat mahal.

Persaingan untuk merebut hati pelanggan telah memicu perang konten yang tentu saja tak murah biayanya. Netflix akan menghabiskan sekitar 17 miliar dolar AS untuk membuat dan melisensikan film dan acara TV tahun ini, dan memiliki tambahan 23 miliar dolar AS di neraca belanja mereka untuk biaya konten jangka panjang, ditambah 14,8 miliar dolar AS dalam utang jangka panjang.

Disney menghabiskan 30 miliar dolar AS untuk konten di semua layanan TV, film, dan streaming tahun ini, yang mencakup hak olahraga langsung yang mahal seperti NFL untuk ESPN. Disney mengatakan bahwa sejak diluncurkan, mereka telah kehilangan lebih dari 7 miliar dolar AS dari pendanaan Disney+.

photo
Warga berjalan di dekat mural kolaborasi di Terowongan Kendal, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Mural kolaborasi antara JXB, MRT Jakarta dan Disney Marvel Indonesia itu akan berlangsung mulaii 5-15 Juli 2022. - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sumber pembiayaan Disney, antara lain dengan menaikkan biaya berlangganan. Netflix baru-baru ini menaikkan biaya langganan juga dan menindak pembagian kata sandi (trik pelanggan agar satu akun bisa digunakan beramai-ramai). Satu lagi, mereka tengah mempertimbangkan untk membuka pintu bagi siapapun yng akan beriklan.  

Pertumbuhan Netflix terhenti setelah kehilangan pelanggan dua kuartal berturut-turut. Sahamnya telah turun sekitar 60 persen sepanjang tahun ini dan, dalam upaya untuk memperbaikinya, platform ini mengubah dirinya dari revolusioner streaming menjadi "perusahaan media warisan zaman baru". Tahun depan mereka memulai debutnya dengan harga yang lebih rendah dengan opsi yang didukung iklan, sesuatu yang dikatakan tidak akan pernah dilakukan.

Tampaknya, berebut pelanggan sudah bukan lagi prioritas. "Perang streaming telah berakhir karena pertumbuhan pelanggan terhenti," Michael Nathanson, seorang analis media di MoffettNathanson, mengatakan kepada CNN Business. "Anda berperang di tanah yang tidak memiliki sumber daya lagi di dalamnya."

Tapi benarkan demikian? Tidak, jika melihat pasar yang terus bertumbuh di kawasan Asia. Bagi penyedia layanan streaming, Asia adalah pasar yang ranum. Maka tak heran jika layanan streaming terkemuka menghabiskan banyak uang untuk memenangkan pemirsa di kawasan ini. Disney berencana untuk memproduksi 50 film dan serial televisi asli Asia pada tahun 2023, sementara Amazon mulai "berbelanja" dengan membeli konten yang diproduksi secara lokal.

Data pemirsa dari Netflix menyoroti tren tarif lokal di antara penyedia konten, yang hingga saat ini sebagian besar mempromosikan penawaran Hollywood. “Kami telah membangun dan terus memperluas tim produksi kami di masing-masing pasar inti kami di mana kami akan memproduksi konten di wilayah tersebut,” Luke Kang, presiden unit Disney Asia-Pasifik, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Nikkei.

Dia menambahkan bahwa tim lokal memutuskan apa yang akan diproduksi dan bagaimana, mengacu pada rencana perusahaan untuk merilis 50 atau lebih judul selama 18 bulan ke depan melalui Disney+. Disney telah mempromosikan film blockbuster AS seperti Star Wars dan franchise Marvel untuk menarik pelanggan sejak terjun ke pasar streaming lebih dari dua tahun lalu. 

Sebelumnya pada bulan Desember tahun lalu, Pemain layanan streaming linnya, Amazon, mengumumkan bahwa mereka akan memulai produksi dan pengadaan konten tahun depan di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Indonesia, dan Singapura untuk layanan streaming Prime Video-nya.

Data dari Netflix, yang ditayangkan di 45 negara, sekali lagi memberikan petunjuk mengapa streamer menjadi sangat lokal. Pada bulan November, perusahaan mengatakan akan merilis daftar mingguan "Top 10 di Netflix" dari serial TV dan film paling populer, secara global dan untuk negara tertentu. Meskipun terbatas pada konten yang paling populer, data mengungkapkan judul mana yang paling banyak dilihat oleh pemirsanya.

Nikkei menganalisis data Netflix selama 24 minggu dari 28 Juni hingga 12 Desember. Dengan asumsi bahwa judul yang masuk dalam daftar 10 teratas di setiap negara atau wilayah selama lima minggu atau lebih "terus ditonton," Nikkei memverifikasi di mana mereka diproduksi menggunakan informasi dari IMDb, database film, serial TV, dan produk video Amerika lainnya.

Ke-13 judul yang dianalisis di pasar AS mengungkapkan bahwa semua kecuali Squid Game -- menyabet enam Penghargaan EMMY tahun ini -- adalah drama atau acara animasi yang diproduksi secara lokal. Di Jepang, drama Korea Selatan dan acara animasi Jepang ditonton secara luas. Drama Korea Selatan juga populer di Thailand, memecahkan daftar dengan judul yang diproduksi secara lokal.

Berbeda dengan pemirsa Eropa, mereka yang berada di Asia tampaknya lebih menyukai konten yang dibuat di wilayah mereka sendiri. Judul yang diproduksi di luar AS hanya menyumbang 20 persen ​​dari pertunjukan paling populer di Inggris dan 31 persen di Prancis.

Di sisi lain, tidak ada konten buatan AS yang ada di daftar Netflix selama lima minggu atau lebih selama periode 24 minggu di Jepang, Korea Selatan, atau Thailand.

Meskipun musim pertama The Good Doctor yang diproduksi AS masuk daftar selama tujuh minggu di Indonesia, sebagian besar konten populer lainnya berasal dari negara-negara Asia seperti Korea Selatan. Oh, tapi The Good Doctor juga sebenarnya adalah serial adaptasi dari  drama Korea dengan judul sama. 

Memperhatikan bahwa tren menonton di Asia mencerminkan perbedaan bahasa dan budaya dengan AS, Kang mengatakan pemirsa Asia menginginkan konten yang membuat mereka "terhubung" dengan apa yang ditontonnya. Perang berebut pelanggan tampaknya akan beralih pada perang menyajikan tayangan terbaik.

TV Konvensional Kian Tergeser

Menonton saluran TV tradisional kian berkurang di kalangan pemirsa yang lebih muda hampir di seluruh belahan dunia. Di negara maju, sekitar 90 persen  anak muda usia 18 hingga 24 tahun langsung menuju ke layanan streaming favorit mereka untuk menonton  sesuatu, menurut laporan lembaga pemerhati media bebasis di Inggris, Ofcom.

Dalam studinya, mereka menemukan bahwa Netflix adalah tujuan paling umum bagi pemirsa muda untuk mencari konten tontonan. Lembaga ini juga menyoroti kesenjangan generasi yang melebar dengan cepat dalam kebiasaan menonton.

Pemirsa berusia antara 16 sampai 24 tahun menghabiskan hanya 53 menit sehari rata-rata menonton TV siaran tradisional -- menurun dua pertiga selama dekade terakhir – tujuh kali lebih sedikit daripada mereka yang berusia 65 tahun ke atas. Mereka yang berusia 65 k atas masih menghabiskan sekitar sepertiga dari hari bangun mereka, hampir enam jam, menonton siaran TV, sedikit lebih tinggi dari satu dekade lalu.

photo
Foto kombinasi logo-logo perusahaan layanan streaming. - (AP Photo)

Ofcom mengatakan bahwa perubahan dalam kebiasaan menonton orang dewasa yang lebih muda mencerminkan "popularitas yang melonjak dari layanan streaming berdasarkan permintaan yang berbasis di AS", yang dimulai dengan peluncuran Netflix di Inggris pada tahun 2012 dan terus berkembang dengan melibatkan banyak pesaing termasuk Disney+ dan Amazon. 

“Revolusi streaming memperluas kesenjangan generasi TV, menciptakan perbedaan mencolok dalam kebiasaan menonton orang muda dan tua,” kata Ian Macrae, direktur intelijen pasar di Ofcom.

Di AS, layanan streaming juga meningkatkan cengkeraman mereka atas perhatian menonton anak-anak berusia tiga hingga 12 tahun. Pada kuartal pertama Netflix menyalip YouTube, dengan layanan YouTube Kids, menjadi layanan paling populer di kalangan anak-anak di Inggris. Dan Disney+ melihat lonjakan penggunaan di kalangan anak-anak untuk menyalip iPlayer BBC, yang sekarang menjadi layanan terpopuler keempat.

Namun, penelitian Ofcom menggemakan laporan baru-baru ini tentang perlambatan pertumbuhan layanan video berlangganan berdasarkan permintaan (SVOD), setelah lebih dari satu dekade pertumbuhan yang hampir tidak terputus. Pasalnya, pandemi yang berujung pada krisis biaya hidup menyebabkan banyak rumah tangga meneliti pengeluaran mereka untuk hiburan dan layanan telekomunikasi. 

Laporan Ofom senada dengan hasil survei AC Nielsen. Untuk pertama kalinya, menurt mereka, layanan streaming mengumpulkan lebih banyak pemirsa daripada TV kabel atau siaran TV konvensional.

Hasil survei menunjukkan, secara global orang menghabiskan rata-rata 190,9 miliar menit streaming konten per minggu pada bulan Juli. Bandingkan dengan waktu streaming mingguan rata-rata 169,9 miliar menit pada April 2020.

Bagaimana dengan Asia termasuk Indonesia? Kondisinya sama saja. Namun yang menarik, tak hanya jumlah penonton, permintaan konten Asia juga meningkat di banyak negara. Data Netflix menunjukkan konten Asia untuk layanan streaming di AS terus meningkat. Data dari lebih dari 90 negara tempat Netflix beroperasi menunjukkan meningkatnya permintaan akan layanan streaming untuk konten Asia.

Tentu ini menjadi tantangan bagi industri televisi di Tanah Air untuk lebih kreatif meyuguhkan tontonan, da industri perfilman untuk turut menyumbangkan konten pada layanan streaming untuk menonton global. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perempuan dan Peradaban

Dua perempuan yang teguh menyiapkan generasi untuk tegaknya peradaban, yaitu istri Imran dan Maryam binti Imran.

SELENGKAPNYA

Ratu Siti Aisyah We Tenriolle, Penyelamat Epos La Galigo

Siti Aisyah berjasa mengumpulkan naskah La Galigo dan menulis ulang ke dalam bahasa bugis kuno

SELENGKAPNYA

Makna Sufistis dan Filosofis Wudhu

Mereka menemukan hikmah dan rahasia wudhu.

SELENGKAPNYA