Sebuah alat berat dioperasikan untuk menyelesaikan pembangunan tol seksi II Rangkasbitung-Cileles di Lebak, Banten, Senin (23/5/2022). Jalan Tol Serang-Panimbang sepanjang 88,67 km yang akan menjadi akses menuju objek wisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) T | ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Ekonomi

Fasilitas KEK akan Dirombak

Dewan Nasional KEK mendorong implementasi sistem aplikasi dalam pelayanan kepabeanan.

JAKARTA — Pemerintah akan merombak sejumlah fasilitas maupun insentif dalam kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk menggaet investasi lebih banyak. Secara umum, tren investasi di KEK terus meningkat.

Hingga saat ini, investasi di KEK secara kumulatif berjumlah Rp 84,5 triliun dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 32.850 orang. “Dewan Nasional KEK berharap, wakil menteri keuangan beserta seluruh jajaran Kementerian Keuangan dapat me-review kembali bentuk, besaran, dan proses fasilitas yang diberikan KEK, terutama untuk menghadapi persaingan global dan menarik investasi di Indonesia,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melalui keterangan resmi, Ahad (28/8).

Airlangga mengatakan, kemajuan realisasi investasi di KEK tidak lepas dari upaya perbaikan yang dilakukan melalui Undang-Undang Cipta Kerja. Perbaikan itu melingkupi perluasan kegiatan usaha, yaitu jasa kesehatan dan pendidikan, pemberian insentif dan kemudahan, penataan kelembagaan, sistem elektronik perizinan berusaha dan kegiatan pendukung (OSS), serta sistem elektronik pelayanan perpajakan dan kepabeanan.

photo
Foto udara pemandangan Pantai Tanjung Kelayang di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (20/5/2022). Objek wisata Tanjung Kelayang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) seluas 324,4 hektare termasuk kawasan geopark Belitung yang saat ini dijadikan lokasi kegiatan Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). - (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nym.)

Menurut dia, dampak dari perbaikan tersebut dapat dilihat dari kemajuan pesat empat KEK yang ditetapkan pada 2021 atau setelah terbitnya UU Cipta Kerja. Keempat KEK tersebut, yakni KEK Nongsa dan KEK Batam Aero Technic di Batam Kepulauan Riau, KEK Lido di Provinsi Jawa Barat, dan KEK Gresik di Jawa Timur.

“Ketiga KEK tersebut dalam jangka waktu satu tahun telah merealisasikan investasi sebesar Rp 29,1 triliun dan lapangan kerja baru sebanyak 9.746 orang," ujar Airlangga.

Saat ini, terdapat 18 KEK di Indonesia. Sebanyak 10 di antaranya merupakan KEK di bidang industri pengolahan, sementara delapan KEK lainnya bergerak di bidang pariwisata.

Airlangga optimistis, potensi investasi di KEK dapat lebih ditingkatkan. Dewan Nasional KEK pun mengadakan focus group discussion (FGD) terkait optimalisasi pemanfaatan fasilitas fiskal dan kemudahan di KEK. FGD tersebut digelar untuk membahas kemudahan di bidang fiskal, terutama fasilitas tax holiday dan tax allowance, pembebasan bea masuk untuk barang modal di KEK, serta fasilitas PPN tidak dipungut untuk sejumlah transaksi barang dan jasa di KEK.

photo
Offroader memacu mobilnya saat mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Adventure Offroad Putaran II 2022 di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/5/2022). Kejurnas offroad yang diikuti oleh 58 pembalap dari berbagai daerah tersebut digelar selama dua hari guna memperkuat posisi The Mandalika sebagai destinasi pariwisata berkonsep sport tourism. - ( ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.)

Dewan Nasional KEK juga mendorong implementasi sistem aplikasi KEK dalam pelayanan kepabeanan yang didukung oleh Indonesia National Single Window (INSW). Sistem tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pengusaha untuk melakukan ekspor atau impor bahan baku serta pengeluaran barang atau produk ke dalam negeri.

“Sistem ini diharapkan dapat didukung dengan pelayanan kepabeanan 24 jam dalam sepekan. Tujuannya untuk mendukung beberapa KEK yang arus barang ekspor dan impornya cukup tinggi,” kata dia menegaskan.

Badan usaha dan pelaku usaha juga didorong memanfaatkan seluruh fasilitas dan kemudahan di KEK terutama di bidang fiskal dalam merealisasikan investasi dan meningkatkan investasi baru. Airlangga mengatakan, apabila terdapat tantangan, hambatan, atau permasalahan, Setjen Dewan Nasional KEK bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian Investasi/BKPM diharapkan dapat mengawal penyelesaian berbagai kegiatan tersebut.

photo
Sejumlah pengunjung berada di bukit 360 Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (11/5/2022). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan menggelar Mandalika Track Day di Pertamina Mandalika Circuit pada 21-22 Mei mendatang guna semakin memperkenalkan Sirkuit Mandalika kepada penggemar serta komunitas motorsport tanah air. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidix)

Industri pesawat

Kehadiran KEK Batam Aero Technic (BAT) diharapkan dapat mendukung upaya penurunan harga tiket pesawat di Indonesia. Dengan nilai investasi sebesar Rp 7,29 triliun, kehadiran KEK ini diproyeksikan dapat menghemat devisa rata-rata 30 persen sampai 35 persen dari kebutuhan perawatan (MRO) maskapai penerbangan nasional senilai Rp 26 triliun per tahun. Lewat adanya peningkatan kapasitas SDM di bidang MRO, secara bertahap penyerapan jumlah tenaga kerja BAT mencapai 9.976 tenaga kerja pada 2030.

“Mudah-mudahan kita bisa sedikit mendorong supaya tiket tidak mahal, dari efisiensi di komponen biaya dan yang kedua mengenai perawatan. Kalau kita bisa efisienkan di sana, pemerintah bisa menekan (harga) lagi sehingga traffic penumpang ini bisa menggerakkan ekonomi,” ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

KEK BAT optimistis akan mampu meningkatkan utilisasi dan optimalisasi dari kemampuan yang dimiliki saat ini sejalan dengan rancangan kerja berkelanjutan. Harapan utamanya, yakni dapat mewujudkan perawatan pesawat yang terintegrasi sehingga dapat menekan angka pekerjaan berbagai perawatan pesawat ke luar negeri. Dalam jangka menengah, BAT diharapkan mampu menangkap berbagai peluang dari pasar Asia Pasifik yang memiliki sekitar 12 ribu unit pesawat dan nilai bisnis sebesar 100 miliar dolar AS pada 2025. 

Dari Bank Kompeni ke BI, Sejarah Bank di Tanah Air

Kondisi perdagangan di Eropa 1700-an kerap dijadikan contoh bagi para penguasa dalam menjalankan pemerintahan dan kehidupan mereka di Hindia Timur.

SELENGKAPNYA

Kenaikan Royalti Bisa Gerus Laba Bukit Asam

Efek kenaikan royalti baru akan terasa bulan depan.

SELENGKAPNYA

Perbankan Optimistis Kredit Tetap Tumbuh

Sejumlah bank besar optimistis penyaluran kredit tetap tumbuh positif setelah BI menaikkan suku bunga.

SELENGKAPNYA