Jamaah haji berswafoto saat turun dari pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (/28/7/2022). | ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/YU

Khazanah

Masa Operasional Haji 2022 Berakhir

Pemulangan jamaah haji ini sekaligus menjadi akhir tugas PPIH Arab Saudi di Tanah Suci.

A SYALABY ICHSAN dan ALI YUSUF dari Madinah, Arab Saudi

MADINAH -- Tiga kloter terakhir jamaah haji Indonesia dipulangkan dari Madinah, Arab Saudi, ke Indonesia pada Sabtu (13/8). Pelepasan jamaah akan dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali di Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz, Madinah.

Pemulangan ini sekaligus menjadi akhir tugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Tanah Suci. Berdasarkan jadwal yang dilansir dari PPIH, ada 811 jamaah berasal dari tiga kloter berbeda, yakni Balikpapan (BPN-8), Solo (SOC-42), dan Solo (SOC-43).

Mereka berangkat dari Hotel Golden Hayah menuju bandara secara bergelombang dari 12 Agustus pukul 18.50 WAS hingga 13 Agustus pukul 6.30. Semua jamaah akan diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia pada 13 Agustus dari pukul 0.50 hingga 12.30 WAS.

“Untuk kesiapan sudah selesai utamanya dari sistem dan sebagainya. Transportasi dari hotel ke bandara dan flight-nya sudah dikonfirmasi,” jelas Kepala Daker Madinah, Amin Handoyo saat diwawancara di Kantor Daker Madinah, Madinah, Jumat (12/8).

Amin mengungkapkan, masih ada jamaah sakit yang penerbangannya akan menyusul karena harus rawat inap di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Menurut dia, jamaah haji tersebut pun bisa saja dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi mengingat layanan di KKHI juga tutup pada 13 Agustus.

Penanggung Jawab (PJ) evakuasi dan tanazul KKHI Madinah, dr Rifky Mubarak juga mengatakan, sampai pukul 09.34 WAS, Jumat (12/8), sudah tidak ada jamaah haji masuk KKHI Madinah.

Rencananya, KKHI Madinah menjadwal tanazul jamaah haji reguler atas nama Dewi Riya Safitri 48 tahun dan suaminya Sohirin Carjo Kenco. Mereka merupakan jamaah haji asal embarkasi Solo (SOC 30) Jawa Tengah.

"Kami sudah terima surat mutasi jamaah tanazul akhir atas nama ibu Dewi dan bapak Sohirin dari kloter SOC 30 ke kloter SOC 42," katanya.

photo
Jamaah haji melakukan sujud syukur saat turun dari pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (/28/7/2022). Sebanyak 394 jamaah haji kloter pertama Debarkasi Makassar asal Makassar, Soppeng dan Pare-Pare tiba kembali di tanah air seusai menunaikan ibadah haji. - (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/YU)

Rifky memastikan, keduanya sudah laik diterbangkan ke Tanah Air. Kelaikan mereka sudah dibuktikan dari hasil pemeriksaan dokter KKHI dan dokter Garuda Medical Center (GMC).

"Mudah-mudahan beliau stabil sampai penerbangan ke embarkasi Donohudan Solo," katanya.

Rifky menuturkan, untuk jamaah haji khusus atas nama Asyari Taher Bakri, KKHI masih terus berkoordinasi dengan penyelenggaraan haji khusus (PIHK) yang memberangkatkannya. Sampai saat ini travel Kaltrabu sebagai PIHK belum memberikan keterangan pasti kapan jamaahnya dipulangkan.

Rifki menuturkan, PIHK Kaltrabu terus mengulur waktu penjeputan dan terakhir mereka akan menjemputnya pada tanggal 15 Agustus. Padahal, 15 Agustus itu merupakan jadwal kepulang ke Tanah Air seluruh petugas kesehatan haji KKHI Madinah.

Dihubungi terpisah Kepala KKHI Makkah, dr Andi Ardjuna Sakti mengatakan, sampai saat ini masih ada delapan jamah haji yang dirawat di RSAS. Mereka belum laik terbang karena status kesehatannya masih dalam pemantauan. 

Tema Pokok Alquran

Surah al-Fatihah telah mengandung tema pokok yang dibahas terperinci dalam berbagai surah Alquran.

SELENGKAPNYA

Batavia Menjiplak Amsterdam

Bukan hanya nama Batavia diputuskan di Belanda, tapi juga pembangunan kota dirancang dari Kota Amsterdam.

SELENGKAPNYA

Digitalisasi Keuangan Syariah

Penggunaan tekfin digital pada masa pandemi membuka peluang bisnis baru lebih luas dan lebih cepat.

SELENGKAPNYA