Ustaz Dr Amir Faishol Fath | Republika

Khazanah

Tema Pokok Alquran

Surah al-Fatihah telah mengandung tema pokok yang dibahas terperinci dalam berbagai surah Alquran.

 

DIASUH OLEH USTAZ DR AMIR FAISHOL FATH; Pakar Tafsir Alquran, Dai Nasional, CEO Fath Institute

Surah al-Fatihah sebagai pembuka Alquran telah mengandung tema pokok yang dibahas secara terperinci dalam berbagai surah. Alquran secara khusus selalu mengulang tentang penyebutan nikmat-nikmat Allah SWT. Berupa penciptaan langit dan bumi, penciptaan manusia, pergantian siang dan malam, hingga turunnya air hujan yang dengannya bisa tumbuh pepohonan.

Semua nikmat tersebut diceritakan dengan berbagai redaksi yang sangat menyentuh hati, supaya manusia tahu diri dan bersyukur kepada-Nya. Dalam surah al-Fatihah, Allah membuka pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat-Nya yang tak terhingga: “alhamdulillaahi rabbil aalamiin”.

Alquran juga fokus pada pengagungan Allah dengan menyebutkan sifat-sifat-Nya. Seperti aliimun hakiim, aziizun ghafuur, dan sebagainya. Semua sifat-sifat tersebut sering kali disisipkan di penutup ayat. Itu tidak lain untuk menanamkan kesadaran kahambaan. Bahwa setiap makhluk termasuk manusia sangatlah tidak berdaya di hadapan-Nya dan membutuhkan pertolongan-Nya.

Karena itu, tugas seorang hamba hendaklah selalu menyebut nama-nama-Nya yang indah: “wa lillaahil asamaaul husnaa fad’uuhu bihaa.” (QS al-A’raf:180). Dalam surah al-Fatihah, Allah mengulang dua kali penyebutan sifat-Nya: “ar rahmaanur rahiim” (Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang). Bahwa kasih sayangnya melampaui kemurkaan-Nya.

Tema tentang akhirat sebagai tujuan hidup manusia, termasuk yang paling kuat menjadi pembahasan dalam Alquran. Tidak sedikit surah-surah yang namanya terhubung dengan akhirat, di antaranya al-Qiyamah (hari kiamat), al-Waqiah (hari yang pasti terjadi), an-Naba (berita besar), al-Qaariah (hari yang menggetarkan hati), dan al-Ghasyiyah (hari yang bisa membuat pingsan).

 
Semakin pendek sebuah surah, semakin tajam membahas tentang alam akhirat.
 
 

Semakin pendek sebuah surah, semakin tajam membahas tentang alam akhirat. Ayat-ayatnya pun semakin pendek bagaikan anak panah yang dilepaskan secara bertubi-tubi. Sehingga, siapa pun yang membacanya akan tergerak hatinya untuk menyiapkan alam akhirat. Dalam surah al-Fatihah, tema tentang akhirat diringkas dalam ayat “maaliki yaumiddiin”.

Tauhid dan berbuat ikhlas kepada Allah adalah tema yang paling agung dalam Alquran. Surah tauhid yang sangat mewakili adalah surah al-Ikhlash. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa siapa yang membaca surah al-Ikhlash satu kali, maka seperti membaca sepertiga Alquran (HR Bukhari). Itu tidak lain karena sepertiga isi Alquran adalah tentang tauhid.

Dalam surah al-Fatihah, hakikat tauhid ini ditegaskan dalam ayat “iyyaaka na’budu wa iyyaaka nastaiin” (hanya kepada-Mu aku beribadah dan hanya kepada-Mu aku minta pertolongan).

Sepertiga isi Alquran adalah kisah-kisah umat terdahulu, yang baik maupun yang buruk. Kisah para nabi adalah contoh teladan yang baik dan harus diikuti. Ini yang disyaratkan dalam surah al-Fatihah: “shiraathalladziina an’amta alaihim”.

Sebaliknya kisah orang-orang buruk yang diazab dan tidak boleh ditiru, seperti kaum Aad, kaum Tsamud, kaum Luth, dan kaum Fir‘aun. Inilah maksud ayat penutup al-Fatihah: “ghairil magdhuubi alaihim wa ladh dhaalliin”.

Batavia Menjiplak Amsterdam

Bukan hanya nama Batavia diputuskan di Belanda, tapi juga pembangunan kota dirancang dari Kota Amsterdam.

SELENGKAPNYA

Digitalisasi Keuangan Syariah

Penggunaan tekfin digital pada masa pandemi membuka peluang bisnis baru lebih luas dan lebih cepat.

SELENGKAPNYA

Membantu Orang Zalim

Semoga kita dijauhkan dari orang-orang zalim dan jangan menjadi bagian dari kezaliman.

SELENGKAPNYA