Karakter harimau maskot Persib Bandung, Prabu, menghibur pemain muda Persib usai laga Liga Indonesia antara Persib Bandung melawan Madura United di Stadion GBLA, Bandung, Sabtu (30/7/2022). | Republika/Yogi Ardhi

Sepak Bola

06 Aug 2022, 04:59 WIB

Tekad Persib Bandung Raih Kemenangan Perdana di Liga

Tim tuan rumah juga meraih hasil kurang baik di dua laga pertandingan pembuka.

SAMARINDA -- Persib Bandung melakukan perjalanan ke Samarinda untuk melakoni pekan ketiga kompetisi Liga 1 Indonesia melawan Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Ahad (7/8), dengan catatan mengecewakan di dua laga pembuka. Pasukan Maung Bandung bermain imbang 2-2 menghadapi Bhayangkara FC dan kalah 1-3 dari Madura United.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts sebelum keberangkatan ke Samarinda menyampaikan beberapa catatan yang harus diperbaiki timnya berdasarkan evaluasi dua laga terakhir. Menurut dia, saat bermain imbang melawan Bhayangkara, timnya kebobolan dari bola set piece.

"Seharusnya itu tak terjadi. Jika itu bisa diatasi semestinya kami bisa meraih tiga poin di laga tersebut," kata Robert dilansir dari laman resmi klub, Jumat (6/8).

Kemudian, lanjut Robert, kekalahan dari Madura United karena timnya terlalu terpacu naik menyerang sehingga menyisakan ruang terbuka untuk dieksploitasi oleh lawan. Itu sebuah kesalahan yang seharusnya tak terjadi. Robert ingin catatan negatif itu dapat diperbaiki saat melawan Borneo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PERSIB (@persib)

Mantan pelatih PSM Makassar itu mengatakan, sebanyak 22 pemain dibawa ke Samarinda. Beberapa pemain yang diragukan tampil karena kendala kebugaran telah lolos tes medis, seperti Ricky Kambuaya yang baru saja menjalani operasi. Kambuaya juga berlatih secara mandiri di Sorong. Begitu juga Febri Hariyadi yang telah pulih dari cedera.

Teja Paku Alam dan I Made Irawan telah kembali sehingga total ada empat kiper yang siap diturunkan. Kondisi ini membuat Robert sangat senang karena akan leluasa menentukan pemain. "Jadi, ini tentu saja sangat bagus. Kami mempersiapkan pemain-pemain ini, tapi saya tidak akan memainkan mereka sejak awal karena mereka lama absen,” ujar Robert.

Sebaliknya, tim tuan rumah juga meraih hasil kurang baik di dua laga pertandingan pembuka. Borneo FC menang 3-0 atas Arema FC, tapi kalah 1-3 dari Barito Putera. Borneo sedikit lebih di atas Persib dari dua laga terakhir dan di klasemen sementara.

Tim Pesut Etam, julukan Borneo, bertekad kembali mengalahkan salah satu tim besar di Liga 1 Indonesia setelah sebelumnya melakukannya kepada Arema. Kekalahan di laga kontra Barito diperkirakan akan menjadi pelecut bagi pasukan Borneo untuk kembali ke jalur kemenangan.

Tuan rumah tanpa kiper utama Angga Saputro yang mengalami cedera di bagian dagu dan dipastikan absen untuk beberapa pekan ke depan. Absennya Angga dinilai cukup memengaruhi keseimbangan tim.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Borneo FC (@borneofc.id)

Asisten pelatih Borneo Miftahudin Mukson tak menampik, ketidakhadiran Angga memang memberikan pengaruh. Kendati demikian, tim telah dipersiapkan dengan komposisi lengkap di semua posisi. Dengan demikian, kualitas pemain pengganti sama baiknya dengan pemain utama.

"Melawan Persib, kami main di kandang sendiri. Kami akan tampil maksimal sejak menit awal sampai akhir untuk mengejar kemenangan,” kata Mukson, dikutip dari laman resmi klub.

Mukson mengakui, Persib adalah tim yang sangat kuat. Ia tak akan menjadikan hasil dua pertandingan terakhir Maung Bandung sebagai patokan. Sebab, setiap pertandingan akan selalu berbeda. "Semua tahu sejarah dan prestasi Persib. Tapi, dalam sepak bola, tim yang paling siap di lapangan akan memenangkan pertandingan,” kata dia menegaskan.


×