Hyundai Stargazer | Eric Iskandarsjah Z/Republika

Otomotif

Curi Start Jelang GIIAS 2022

Skema pajak terbaru membuat harga mobil sedan di Indonesia menjadi lebih kompetitif.

JAKARTA -- Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali hadir pada tahun ini demi mampu menunjang penjualan kendaraan pada semester dua. Beberapa merek pun telah mempersiapkan sejumlah stratagi. Mulai dari strategi produk, inovasi, dan layanan agar bisa menunjukkan taring dalam ajang tahunan tersebut.

Namun, ada beberapa jenama yang tak ingin hanya mengandalkan pameran Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2022 yang mulai digelar pada pekan depan tersebut. Hal itu ditunjukkan dari adanya sejumlah merek yang melakukan aksi curi start sehingga masyarakat bisa lebih cepat mengenal produk andalan terbaru.

Salah satu brand yang melakukan aksi curi start adalah Hyundai. Pabrikan Korea tersebut telah melakukan pengenalan secara bertahap untuk produk terbarunya, yakni Stargazer.

photo
Hyundai Stargazer - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia Woojune Cha mengatakan, pengenalan Stargazer merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menjadi game-changer di Indonesia. Hyundai pun terus berupaya untuk memberikan produk yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Stargazer didesain khusus sebagai tolok ukur baru di kelasnya dan menjadi produk yang ikonik khas Hyundai yang inovatif dan futuristik. Sebagai brand yang berfokus kepada pelanggan, kami senang produk ini dapat dibangun berdasarkan masukan pelanggan dan dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang aktif dan dinamis. Kami berharap, Stargazer akan mendapatkan respons yang sangat positif di Indonesia," kata Woojune Cha.

Kemungkinan besar, multipurpose vehicle (MPV) yang disipakan untuk memberikan perlawanan bagi Toyota Avanza, Veloz, dan Mitsubishi Xpander ini akan resmi diluncurkan dalam ajang GIIAS 2022. Akan tetapi, menjelang peluncuranya, Hyundai telah beberapa kali melakukan pengenalan secara bertahap.

Pada pertengahan Juni 2022, pengenalan diawali dengan penayangan cuplikan desain eksterior mobil tersebut. Saat itu, cuplikan yang ditayangkan hanya fokus pada tampilan front end dan tampilan taillight yang ikonik.

photo
Interior Hyundai Stargazer - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Menjelang akhir Juni, Hyundai kembali melakukan tahapan pengenalan dengan menyebar bocoran soal desain interior dari Stargazer. Lewat bocoran itu, Hyundai mengungkap bahwa Stargazer memiliki banyak ruang penyimpanan serbaguna yang memanfaatkan area tersembunyi, seperti small tray, cup holder, extra pockets, dan picnic table.

Pada Juli, pengenalan mulai mencakup beragam fitur unggulan yang terdapat di mobil rakitan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, tersebut. Kemudian, Hyundai pun mulai mengungkap seluruh tampilan mobil tersebut secara lebih gamblang.

Bahkan, Hyundai juga sudah mulai membuka periode pemesanan kendaraan sambil mengungkap varian dan harga Stargazer. Perusahaan juga mengajak awak media untuk melihat dan mengendarai Stargazer secara langsung lewat kegiatan "Media Experience Day" yang digelar di Hyundai Proving Ground Test Track dan di sekitar pabrik yang terletak di Cikarang.

Pada kesempatan itu, Woojune Cha mengungkap, dengan hadirnya Stargazer, fasilitas produksi Hyundai di Cikarang memjadi pabrik yang digunakan untuk merakit empat produk sekaligus. Keempat produk itu adalah Creta, Ioniq 5, Santa Fe, dan Stargazer.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Makmur mengatakan, lahirnya Stargazer sekaligus mencerminkan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi Hyundai. "Produk ini dikembangkan dengan sangat mempertimbangkan selera masyarakat Indonesia. Indonesia juga akan jadi tempat memperkenalkan produk ini untuk pertama kalinya," kata Makmur kepada Republika, saat dijumpai dalam "Media Experience Day" tersebut.

photo
Hyundai Palisade - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Dia meyakini, kehadiran produk yang telah dikembangkan lewat riset yang mendalam ini bisa menjadi produk yang sesuai dengan pasar Indonesia. Apalagi, mobil yang dipasarkan dengan harga sekitar Rp 243 juta hingga Rp 307 juta ini memiliki sejumlah keunggulan.

Beberapa keunggulan yang mencolok di antaranya adalah desain. Fasia Stargazer sekilas mirip dengan desaian Hyundai Staria. Kemudian, di bagian rear end, tampilannya terlihat menonjol berkat penerapan distinctive H rear lamp yang ikonik.

Untuk impresi berkendara, mobil ini terasa sangat roomy berkat konsep sleek one box dengan desain one curve yang menciptakan profil aerodinamis, tapi tetap memberikan kesan interior yang lapang. Kenyamanan pengendara pun ditunjang oleh adanya opsi captain seat yang membuat MPV ini terasa makin nyaman sekaligus berkelas.

Mobil ini juga seakan sangat siap untuk memberikan perlawanan serius bagi para rival karena telah menerapkan fitur Hyundai Bluelink. Fitur ini dihadirkan sebagai inovasi connected car service dari Hyundai sehingga memungkinkan pengendara untuk selalu terhubung dengan mobil melalui smartphone.

Lewat Hyundai Bluelink, pengendara bisa mengetahui kondisi terkini kendaraan, menghidupkan dan mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, menyalakan atau mematikan lampu, dan mengetahui di mana kendaraan diparkir. Fitur ini juga menyajikan stolen vehicle notification & stolen vehicle tracking, stolen vehicle immobilization, auto collision notification, emergency assistance, dan roadside assistance.

Selain Stargazer, Hyundai juga mencuri start lewat peluncuran New Palisade. Woojune Cha mengatakan, produk baru ini mendapat berbagai pembaruan dari segi interior, eksterior, fitur keselamatan, hingga sistem bantuan pengemudi.

photo
Interior Hyundai Palisade - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Lewat penyegaran ini, Palisade hadir dengan grille cascade yang lebih lebar untuk mempresentasikan kesan kokoh dan penampilan yang premium. Tampilannya pun dibuat makin maskulin karena grille tersebut juga menerpakan desain parametric shield.

Untuk menunjang kenyamanan, produk ini juga menerapkan ventilated seat dan heated seat. Untuk memudahkan komunikasi antara pengemudi dan penumpang belakang, mobil ini pun dibekali dengan fitur rear seat passenger talk mode.

Produk yang dipasarkan dengan harga Rp 842 juta hingga sekitar Rp 1,1 miliar ini juga dibekali dengan berbagai fitur tambahan, seperti Hyundai SmartSense dan Hyundai Bluelink.

"Palisade adalah produk unggulan kami yang populer di pasar SUV Indonesia yang telah menerima respons yang sangat positif. Kini kami telah menghadirkan versi terbaru dari salah satu SUV terbaik untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap brand kami," ujarnya dalam peluncuran New Hyundai Palisade di Jakarta, pekan lalu.

Peserta GIIAS 2022 lain yang juga mengambil langkah lebih awal adalah Mazda. Brand yang dipasarkan di Indonesia lewat PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) itu telah resmi meluncurkan New Mazda 2 Sedan dan New Mazda CX-8. Managing Director EMI Ricky Thio mengatakan, lewat perpaduan kecanggihan dan tampilan yang estetika, the New Mazda CX-8 dan the New Mazda 2 Sedan siap untuk melanjutkan superioritasnya di segmen premium SUV dan sedan di Indonesia.

photo
New Mazda 2 Sedan - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

"Tentu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami karena dapat memperkenalkan generasi terbaru dari Mazda 2 Sedan dan Mazda CX-8 kepada publik di Indonesia. Ini adalah dua karya seni terbaik dari Mazda. Karena tidak hanya menawarkan kecanggihan, tapi juga menghadirkan desain yang estetik," kata Ricky Thio dalam peluncuran di Jakarta, pekan lalu.

Terkait New Mazda 2 Sedan, dia menekankan bahwa sedan adalah mobil yang praktis dan memiliki desain elegan sehingga bisa jadi penunjang lifestyle. Apalagi, skema pajak terbaru membuat harga mobil sedan di Indonesia menjadi lebih kompetitif dan infrastruktur jalan di Indonesia juga terus membaik sehingga mobil sedan bisa menjadi solusi mobilitas yang pas.

Tadinya, pabrikan Jepang ini mengakomodasi pasar sedan lewat dua produk, yakni Mazda 3 Sedan dan Mazda 6 Sedan. Kini, Mazda pun melakukan perluasan jangkauan pasar sedan lewat peluncuran New Mazda 2 Sedan. Selama sekitar 10 tahun, Mazda 2 sendiri dipasarkan di Indonesia hanya dalam format hatchback. "Kini, melihat adanya ubahan skema pajak dan perkembangan infrasruktur maka Mazda percaya diri untuk menyajikan format sedan dari Mazda 2," ujarnya

New Mazda 2 Sedan yang dibekali dengan Skyactiv Vehicle Dynamic dan Skyactiv Vehicle Architecture ditargetkan mampu mengantongi penjualan sekitar 60 unit per bulan. Dia optimistis target itu bisa tercapai karena mobil yang ditawarkan dangan harga Rp 338 juta ini hadir dengan sejumlah keunggulan. Mulai dari velg 16 inci, lampu depan dengan auto on/off, serta wiper dengan sensor hujan.

photo
New Mazda CX-8 - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Sementara, New Mazda CX-8 hadir dengan new front grill, new 19-inch wheels design, serta LED headlamp with adaptive front-lighting system. Pada area kabin, kenyamanan pengendara ditunjang oleh captain seat di baris kedua yang dilengkapi dengan center console serta seat ventilation.

Untuk hiburan, New Mazda CX-8 dibekali dengan sistem audio premium BOSE dan Mazda Connect yang memberikan koneksi tanpa kabel dengan smartphone saat sedang berkendara. Kemudian, wireless smartphone integration yang memungkinkan pengendara mengatur ponsel dari central display.

Mobil yang juga dibekali dengan electric sunroof, hands-free power liftgate, 360 view monitor system, smart city brake support, lane departure warning system, blind spot monitoring (BSM), dan rear cross traffic alert (RCTA) ini dipasarkan dengan harga Rp 795,5 juta. "Ditargetkan, New Mazda CX-8 bisa mencatat penjualan sekitar 40 unit per bulan," kata dia. 

 

HSR Wheel Gelar Lelang di GIIAS 2022

GIIAS identik dengan ajang tebar promo bagi masyarakat. Sehingga, pengunjung pameran yang digelar di ICE, BSD, Tangerang, Banten, tersebut bisa menikmati beragam kemudahan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan dan produk aftermarket.

Untuk produk aftermarket, salah satu brand yang ikut menyajikan sejumlah promo adalah HSR Wheel. Marketing Director HSR Wheel Hendra Wijaya mengatakan, telah memastikan untuk ikut berkontribusi dalam GIIAS 2022 sambil menyediakan beragam kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan penggantian velg mobil.

"Salah satu program yang kami hadirkan dalam GIIAS 2022 adalah program lelang velg," kata Hendra Wijaya dalam keterangan pers kepada Republika, Rabu (3/8).

Lewat lelang, penggemar modifikasi mobil bisa berkesempatan membawa pulang beragam jenis velg dari merek Indonesia tersebut dengan harga yang jauh lebih murah. Bagi pengunjung GIIAS yang tak sempat ikut proses lelang velg, HSR Wheel tetap menawarkan kemudahan lainya.

Karena, dalam pameran yang digelar pada 11 hingga 21 Agustus 2022 itu, HSR juga menawarkan program promo diskon 10 persen. Menurutnya, diskon itu berlaku untuk semua jenis velg dari HSR Wheel. "Tak hanya itu, kami juga siap memeriahkan GIIAS lewat undian berhadiah velg," ujarnya.

photo
Ilustrasi Velg keluaran HSR - (Youtube)

Undian ini digelar oleh HSR Wheel dengan dukungan dari Accelera. Dalam program ini, HSR Wheel siap untuk membagikan undian 20 set velg HSR Wheel dan 40 ban mobil Accelera.

Di booth HSR x Accelera akan tersedia berbagai macam model, jenis, dan ukuran velg untuk semua tipe mobil. Sedangkan, untuk produk premium, HSR Wheel menghadirkan HSR Forged kepada konsumen yang ingin velg dengan kualitas terbaik.

HSR Wheel juga akan menghadirkan berbagai macam jenis aksesori kaki-kaki mobil. Seperti BBK HSR yang dapat meningkatkan performa pengereman, lowering kit HSR yang membuat tampilan mobil menjadi lebih ceper, serta Ridemax 4-way Suspension. Ini merupakan produk suspensi yang membuat karakter suspensi dapat diatur dengan empat level pengaturan sesuai kebutuhan.

Tuah ASEAN Para Games 2022

APG 2022 dapat memicu industri olahraga untuk memproduksi alat-alat yang dibutuhkan.

SELENGKAPNYA

BRI Konsisten Berinovasi Garap Segmen UMKM

Pemberdayaan juga semakin menyasar segmen ultramikro agar bisa naik kelas.

SELENGKAPNYA

MTEL Fokus Jadi Leader Bisnis Menara

Mitratel menargetkan sebagai market leader dalam hal kepemilikan menara telekomunikasi di Asia Tenggara.

SELENGKAPNYA

Ikuti Berita Republika Lainnya