Sejumlah jamaah haji asal Kabupaten Pati sujud syukur saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (15/7/2022). | ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Khazanah

Puluhan Jamaah Haji Positif Covid-19

Kemenkes menemukan jamaah haji yang terinfeksi virus Covid-19 bergejala ringan.

JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus memantau kondisi jamaah haji, khususnya dalam proses pemulangan dari Arab Saudi. Menurut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes dr Budi Sylvana, hingga kemarin, sebanyak 32 orang jamaah terkonfirmasi positif Covid-19.

Data itu berdasarkan skrining yang telah dilakukan terhadap puluhan ribu orang yang tiba di Indonesia. “Per data hari ini (kemarin), sebanyak 23.333 orang jamaah haji sudah tiba di Tanah Air. Terdapat 32 orang yang confirmed positif Covid-19,” ujar Budi Sylvana saat dihubungi Republika dari Jakarta, Ahad (24/7).

Mayoritas yang terdeteksi mengalami Covid-19, kata dia, berasal dari debarkasi Surabaya (Jawa Timur). Beberapa di antaranya dari debarkasi Solo (Jawa Tengah) dan Padang (Sumatra Barat). Bagaimanapun, tidak ada yang bergejala sedang atau berat.

photo
Jamaah haji berpelukan dengan kerabatnya setibanya di Wisma Haji Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (20/7/2022) malam. Dari 90 jamaah haji asal Kota Madiun, satu orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi di Surabaya, sedangkan seluruh jamaah haji lainnya diharuskan menjalani isolasi mandiri selama dua minggu. - (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

“Data dari Ditjen P2P (Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes), yang confirmed positif (Covid-19) itu 29 jamaah dari debarkasi Surabaya, satu jamaah debarkasi Solo, dan dua jamaah debarkasi Padang. Semuanya bergejala ringan,” kata Kapuskeshaji tersebut memaparkan.

Ia meminta masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan informasi tentang kasus Covid-19. Sebab, semua jamaah menerima pemeriksaan medis begitu tiba di debarkasi masing-masing.

Petugas di lapangan akan memeriksa setiap jamaah haji yang baru datang. Jika suhu badannya kurang dari 38 derajat Celcius, mereka bisa langsung pulang ke rumah. Adapun yang menunjukkan gejala-gejala terinfeksi virus SARS-CoV-2, langsung mendapatkan penanganan yang diperlukan. Khususnya yang bersuhu tubuh di atas 37,5 atau 38 derajat Celcius, maka dilakukan tes antigen. Apabila hasilnya positif, akan ditindaklanjuti dengan tes polymerase chain reaction (PCR).

Di Surabaya, Jawa Timur, tercatat sebanyak 5.833 orang jamaah haji debarkasi kota tersebut telah kembali dari Arab Saudi. Mereka terbagi ke dalam 13 kelompok terbang (kloter). Perinciannya, sebanyak 5.781 orang adalah jamaah reguler, sedangkan 52 orang sisanya merupakan petugas haji.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pusat Kesehatan Haji Kemkes (puskeshaji.kemkes)

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya Abdul Haris mengatakan, sebanyak 29 orang di antara mereka terkonfirmasi positif Covid-19, tetapi tanpa gejala. “Jadi, ketahuannya saat (tes) antigen, yang kemudian dilakukan PCR,” ujar Abdul Haris kepada Republika, kemarin.

Menurut dia, proses pemulangan seluruh jamaah yang positif terinfeksi virus SARS-CoV-2 menggunakan kendaraan khusus yang difasilitasi BPBD kabupaten/kota daerah asal. Selanjutnya, pemerintah daerah setempat akan memutuskan, apakah isolasi terpusat atau isolasi mandiri diterapkan untuk mereka. “Kalau mandiri, tetap dengan pengawasan tim kesehatan,” ujarnya.

Kemenkes melakukan pemantauan kesehatan kepada seluruh jamaah haji yang tiba di Tanah Air. Proses itu dilakukan dengan program Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jamaah Haji (K3JH), yang diberikan seusai jamaah melakukan tes usap antigen.

Koordinator Substansi Pengendalian Karantina Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya Rofiud Darojat mengatakan, setiap orang yang pulang dari perjalanan luar negeri secara otomatis dibekali health alert card. Khusus bagi jamaah haji, pemerintah menerapkan K3JH yang berlaku hingga 21 hari. 

Jika selama 21 hari seusai tiba di Indonesia jamaah tidak merasakan gejala apa pun, hendaknya tetap melaporkan diri ke puskesmas terdekat. “Harap kartu ini (K3JH) dikembalikan ke puskesmas sehingga tercatat fulan atau fulanah sehat, tidak bawa penyakit,” kata Rofiud.

Taktik Berisiko Barca

Dengan uang pinjaman yang melimpah, Barcelona kembali bisa bernafas.

SELENGKAPNYA

Menyelami Hikmah di Balik Takdir

Jalan terakhir dalam menyikapi takdir adalah hanya bergantung kepada Allah Ta’ala.

SELENGKAPNYA

Penyaluran Zakat kepada Usaha Mikro

Apakah boleh zakat disalurkan kepada dhuafa yang punya usaha, tapi akadnya pinjaman?

SELENGKAPNYA