Para pemimpin negara-negara anggota NATO berfoto sebelum pertemuan KTT NATO di IFEMA Convention Center, Madrid, Spanyol. Rabu (29/6/2022). | EPA-EFE/JuanJo Martin

Internasional

30 Jun 2022, 03:45 WIB

NATO: Rusia adalah Ancaman Langsung

Untuk kali pertama, Jepang, Australia, Korea Selatan, dan Selandia Baru hadir di KTT NATO.

MADRID -- Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Rabu (29/6), mendeklarasikan Rusia sebagai "ancaman langsung dan signifikan" terhadap perdamaian dan keamanan anggota NATO. Deklarasi ini dilakukan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Madrid, Spanyol.

"Perang Presiden (Vladimir) Putin terhadap Rusia mencabik perdamaian di Eropa dan telah menciptakan krisis keamanan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Rabu.

Berdasarkan kesepakatan NATO, setiap serangan terhadap anggotanya akan dipandang sebagai serangan kepada seluruh badan ini. Serangan itu dapat memicu tanggapan militer dari seluruh aliansi NATO.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersumpah, KTT Madrid mengirimkan pesan yang tidak akan keliru bahwa "NATO kuat dan bersatu". AS adalah tulang punggung utama kekuatan militer NATO.

"Kita mempercepat langkah. Kita menunjukkan bahwa saat ini NATO lebih dibutuhkan dibanding sebelumnya," kata Biden.

Biden mengumumkan penambahan kekuatan militer secara besar-besaran di Eropa, termasuk di pangkalan tetap AS di Polandia. AS juga akan menempatkan kapal perusak di pangkalan Rota, Spanyol, dan dua skuadron F35 di Inggris.

NATO juga resmi mengajak Finlandia dan Swedia untuk bergabung. Ini dinilai sebagai salah satu langkah terbesar di ranah pertahanan Eropa dalam puluhan tahun terakhir. Invasi Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari mendorong Finlandia dan Swedia menanggalkan prinsip 'netral" mereka.  

"Hari ini, kami telah memutuskan untuk mengundang Finlandia dan Swedia untuk menjadi anggota NATO," ujar pernyataan bersama NATO, setelah Turki mencabut veto atas Finlandia dan Swedia.

Proses ratifikasi di parlemen NATO biasanya berlangsung setahun. Saat proses usai, Finlandia dan Swedia akan masuk dalam klausul perlindungan kolektif NATO. Maka dua negara ini akan berada di bawah perlindungan payung nuklir AS.

photo
Presiden AS Joe Biden (kedua dari kiri) membisiki Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelum pertemuan KTT NATO di IFEMA Convention Center, Madrid, Spanyol. Rabu (29/6/2022). - (EPA-EFE/Juan Carlos HidalgoEFE)

NATO juga berjanji akan meningkatkan dukungan politis dan praktis kepada Ukraina. Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy justru menyindir NATO yang disebutkan tidak merangkul negaranya sepenuh hati. Ia mengatakan, kebijakan pintu terbuka NATO tidak berlaku untuk Ukraina.

Zelenskyy malah kembali meminta tambahan senjata untuk mengalahkan Rusia. Sejak invasi Rusia, Ukraina telah menerima kucuran bantuan miliaran dolar AS untuk kepentingan militer dan bantuan sipil dari anggota NATO.

Invasi Rusia ke Ukraina mengguncang Eropa. Hal ini mendorong NATO mengerahkan personel dan persenjataan ke Eropa Timur. Skala pengerahan tersebut bahkan belum pernah terjadi sebelumnya sejak Perang Dingin.

NATO didirikan pada 1949 untuk mempertahankan diri dari ancaman Uni Soviet. Invasi Rusia mempersatukan NATO setelah sebelumnya gagal dalam misi di Afghanistan dan perbedaan pandangan di antara anggotanya saat AS dipimpin Donald Trump.

Status Rusia

KTT NATO juga dijadwalkan untuk meluncurkan Konsep Strategis yang baru, yang biasa diluncurkan setiap satu dekade. Konsep ini memuat prioritas dan tujuan NATO jangka menengah.

Dalam dokumen serupa pada 2010, NATO menyebut Rusia sebagai "mitra strategis". Namun, kini NATO justru mendeklarasikan Rusia sebagai ancaman nomor satu mereka.

Dokumen itu juga menjabarkan pendekatan NATO dalam isu keamanan siber hingga perubahan iklim. Isu lainnya adalah tentang pertumbuhan ekonomi dan militer Cina.

Untuk pertama kalinya pula, para pemimpin Jepang, Australia, Korea Selatan, dan Selandia Baru hadir dalam KTT ini sebagai tamu. Hal ini mencerminkan meningkatnya peran kawasan Asia dan Pasifik.

Stoltenberg menyebut Cina bukanlah musuh NATO. Namun, menurutnya, Cina "menjadi tantangan terhadap nilai-nilai, kepentingan, dan keamanan kami." 

Sumber : Reuters/Associated Press


Garuda Diminta Transformasi Bisnis

Garuda Indonesia akan fokus menggarap rute penerbangan domestik dan membenahi utang.

SELENGKAPNYA

Jokowi Ajak G-7 Atasi Krisis Pangan

Rantai pasok global yang terimbas perang Ukraina-Rusia harus segera dipulihkan. 

SELENGKAPNYA
×