Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat Seremoni Implementasi Rencana Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintegrasi LG Energy Solution di Kawasan Industri Terpadu Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022). | ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Tajuk

Integrasi Ekosistem Industri Baterai

Bukan tidak mungkin, Indonesia menjadi kiblat bagi industri baterai kendaraan listrik terbaik sejagat.

Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi. Seremoni dilakukan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6).

Peresmian pembangunan industri baterai milik LG Energy Solution ini, bagian dari mengintegrasikan ekosistem industri baterai kendaraan listrik. KITB ini dikonsep agar menjadi basis produksi baterai kendaraan, yang bakal dipasarkan secara regional dan global.

Menurut Presiden Jokowi, total investasi yang diserap mencapai Rp 142 triliun ini merupakan yang pertama di dunia karena mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu hingga hilir. Pembangunan pabrik baterai di KITB diharapkan, menyerap 20 ribu tenaga kerja.

Angka tenaga kerja ini hanya terserap dari keberadaan pabrik baterai, bukan efek berantai kawasan industrinya. Disebut hulu hingga hilir karena pembangunan industri baterai ini dilakukan tak hanya di Batang.

Di sektor hulu, peleburan smelter nikel sebagai bahan baku pembuatan baterai berlokasi di Halmahera, Maluku Utara. Kemudian, proses pemurnian serta industri prekursor dan industri katoda berada di KITB, Jawa Tengah.

 
Menurut Presiden Jokowi, total investasi yang diserap mencapai Rp 142 triliun ini merupakan yang pertama di dunia karena mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu hingga hilir. 
 
 

Sedangkan, pabrik baterai untuk kendaraan listrik yang kini dalam tahap pembangunan berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Peresmian tahap pertama industri baterai terintegrasi tersebut dilakukan Presiden Jokowi di Karawang New Industrial City, Rabu (15 September 2021).

Adapun pabrik mobil listriknya, dibangun di Cikarang, Jawa Barat. Ini menggambarkan, titik-titik ekosistem industri baterai kendaraan listrik tersebar. Ekosistem industri baterai kendaran listrik tak hanya berpusat di Jawa.

Tentu kita berharap, integrasi industri yang menyebar ini membantu pemerataan pembangunan. Penyerapan tenaga kerja akan lebih meluas hingga wilayah timur Indonesia.

Titik-titik pertumbuhan baru diharapkan terbentuk dengan mengintegrasikan ekosistem industri baterai ini. Menciptakan pembangunan nasional yang seimbang hingga pelosok daerah merupakan tujuan yang ingin dicapai.

Namun, kita berharap ekosistem yang terbangun tak hanya berhenti pada industri baterai kendaraan listrik.

 
Dengan kekayaan berupa cadangan nikel terbesar di dunia, Indonesia sejatinya bisa berperan sebagai produsen pertama dari produk berbasis nikel lainnya. 
 
 

Dengan kekayaan berupa cadangan nikel terbesar di dunia, Indonesia sejatinya bisa berperan sebagai produsen pertama dari produk berbasis nikel lainnya. Kesempatan emas yang mesti diambil agar Indonesia mendapatkan keuntungan maksimal dari bahan baku mentah nikel.

Tak hanya menjadi pengekspor nikel mentah, tapi juga mengolahnya menjadi produk bernilai tambah yang memberi keuntungan maksimal bagi kemakmuran perekonomian rakyat. Apalagi, gencar disuarakan untuk mendorong pengembangan industri ramah lingkungan.

Kendaraan listrik, salah satu langkah untuk mewujudkan lingkungan yang lebih hijau. Tentu proyek ini tak bisa terealisasi maksimal tanpa peran serta semua pihak berkepentingan. Menyerap lapangan pekerjaan dan memberikan tambahan pendapatan negara untuk meningkatkan perekonomian nasional.

 
Bukan tidak mungkin, Indonesia menjadi kiblat bagi industri baterai kendaraan listrik terbaik sejagat.
 
 

Kolaborasi pemerintah pusat dan daerah merupakan kunci kesuksesan membangun ekosistem perekonomian terintegrasi. Pemerintah pusat melobi investor agar membenamkan dana serta menyediakan sarana dan prasarana infrastruktur terkait, pemerintah daerah menyediakan lahan dan tenaga kerja yang dibutuhkan.

Sinergi dan kekompakan menangkap peluang investasi akan mewujud dalam menggerakkan perekonomian di daerah.

Selanjutnya, kisah sukses ekosistem industri baterai kendaraan ini akan menarasikan Indonesia sebagai negara ramah investasi. Negara menguntungkan untuk pusat produksi aktivitas ekonomi, baik skala regional maupun global.

Bukan tidak mungkin, Indonesia menjadi kiblat bagi industri baterai kendaraan listrik terbaik sejagat. Bicara baterai kendaraan listrik, produk Indonesia jadi rujukan karena kualitas terbaiknya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Indonesia Normal Kembali

Dalam sepekan terakhir, indikator penularan Covid-19 menunjukkan tren kenaikan.

SELENGKAPNYA

Diorama Kehidupan di Multazam

Di Multazam, semua perjalanan dua tahun itu tersusun bak diorama yang menghantarkan saya ke Tanah Suci.

SELENGKAPNYA