Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kiri) dan Siti Fadia Silva Ramadhanti (kanan) berpose dengan medali emas yang diraihnya usai babak final bulu tangkis ganda putri SEA Games 2021 Vietnam di Bac Giang Gymnasium, Vietnam, Minggu (22/5/20 | ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Olahraga

30 May 2022, 06:58 WIB

Atlet Muda Bulu Tangkis Borong Gelar di Eropa

Mereka mengharumkan nama bangsa di mata dunia.

JAKARTA -- Sejumlah pebulu tangkis muda Tanah Air menuai prestasi membanggakan yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dengan menyumbang sembilan gelar dari tiga turnamen internasional yang berlangsung di Eropa.

Sebanyak 11 atlet dari klub PB Djarum itu unjuk kebolehan di Stockholm Junior International Series 2022, Luxembourg Open International Series 2022, dan 3 Borders International U19 2022 di Saint Louis, Prancis.

"Kemenangan atlet muda di tiga turnamen Eropa membuktikan semangat terbaik dari bulu tangkis untuk terus berprestasi. Kami berharap kemenangan ini dapat semakin merekatkan persatuan di Tanah Air," kata Ketua Umum PB Djarum Yoppy Rosimin.

Yoppy memerinci gelar yang diraih, yaitu tiga dari Stockholm Junior International Series 2022, satu dari Luxembourg Open, serta lima gelar lainnya disabet dari 3 Borders International U19. Bagi PB Djarum, mengirim atlet muda bertanding ke kejuaraan internasional merupakan hal yang rutin dilakukan dengan tujuan menambah jam terbang serta meningkatkan ketahanan mental dan kemampuan para atlet dalam menghadapi lawan yang bervariasi sebelum memasuki fase dewasa.

Chiara Marvella Handoyo yang memperoleh gelar dari Luxembourg Open menuturkan bahwa gelarnya ini menjadi yang pertama diraih dari ajang internasional. Atlet kelahiran Klaten, Jawa Tengah, itu menjuarai nomor tunggal putri setelah mengalahkan rekan senegara, Aura Ihza Aulia, di babak final.

"Tentu sangat senang, selain menjadi gelar juara internasional perdana saya, juga sebagai pembuktian diri dari berbagai proses yang telah saya jalani. Saya juga dapat banyak pelajaran, termasuk tahu bagaimana ketatnya persaingan bulu tangkis di level internasional. Ke depan, saya juga harus meningkatkan kemampuan agar bisa terus juara," kata Chiara.

Dari sektor ganda putra, pasangan M Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo meraih gelar di Stockholm Junior dan 3 Borders International U19 serta runner-up Luxembourg Open. "Sangat bangga bisa memenangkan gelar juara di level internasional, apalagi ini gelar perdana bagi kami. Ini akan menjadi motivasi kami untuk meraih gelar juara di turnamen yang lebih bergengsi lagi," ujar Patra yang juga menjuarai ganda campuran bersama Titis Maulida di Stockholm.

Berikut daftar gelar juara yang diraih: 

Stockholm Junior 2022

1. Patra Harapan Rindorindo/Titis Maulida - Juara Ganda Campuran

2. Jessica Maya/Puspa Rosalia - Juara Ganda Putri

3. M. Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo - Juara Ganda Putra

 

Luxembourg Open 2022

1. Chiara M. Handoyo - Juara Tunggal Putri

 

Borders International U19 2022

1. Jason Christ Alexander - Juara Tunggal Putra

2. Chiara M Handoyo - Juara Tunggal Putri

3. M. Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo - Juara Ganda Putra

4. Puspa R Damayanti/Jessica Maya - Juara Ganda Putri

5. Marwan Faza/Jessica Maya - Juara Ganda Campuran ';

Pemimpin Asia Sepakat Pererat Hubungan

Selain penguatan kerja sama ekonomi, negara-negara Asia bertekad terus menjaga stabilitas perdamaian.

SELENGKAPNYA

Kemenag: Calhaj Tes PCR Sebelum ke Asrama Haji

Selama di asrama haji, kondisi kesehatan jamaah akan langsung diamati dan dikontrol petugas dari dinas kesehatan setempat.

SELENGKAPNYA

Relasi Pertamina dengan Fiskal Kita

Relasi Pertamina dengan fiskal tentu tidak bisa hanya dilihat dari bisnis hulu migas saja.

SELENGKAPNYA
×