Montir memeriksa mesin dan kaki-kaki mobil di bengkel mobil Toyota Auto 2000 Ciledug, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Perawatan mobil jelang mudik Lebaran meningkat hingga 115 persen dibanding hari biasa, yaitu sekitar 20-30 mobil pada hari biasa menjadi 40-5 | ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.

Otomotif

19 May 2022, 05:05 WIB

Periksa Mobil Setelah Digunakan Mudik

Oli mesin menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan setelah mudik.

Selama Lebaran, sejumlah masyarakat menggunakan mobil untuk perjalanan jarak jauh sebagai kendaraan mudik maupun liburan. Setelah Libur lebaran usai, pengendara pun disarankan melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh.

Sparepart Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Christiana Yuwantie mengatakan, pemeriksaan mobil pascaperjalanan jarak jauh berbeda dengan pemeriksaan reguler. "Pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kondisi mobil agar kinerjanya tetap optimal. Salah satu komponen yang perlu diperiksa adalah kondisi suku cadang," kata Christiana Yuwantie dalam keterangan pers kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Kondisi suku cadang yang penting untuk diperiksa antara lain filter oli dan oli mesin, busi, filter udara, kampas rem, ban mobil, aki, serta wiper. Untuk filter oli dan oli mesin, pengendara harus memperhatikan jadwal rutin pengecekan.

Oli mesin menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan. Ini karena berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin agar bekerja secara optimal sekaligus mencegah gesekan antarkomponen. Sedangkan, filter oli berfungsi menyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin sebelum oli mesin disebar ke seluruh bagian.

"Busi memiliki peran penting terhadap kinerja mesin mobil. Maka dari itu, pemilik kendaraan juga harus melakukan pengecekan dan memastikan kondisi busi. Penggantian busi dianjurkan setiap pemakaian 20 ribu kilometer untuk memberikan pembakaran yang lebih sempurna, sehingga mobil dapat digunakan dengan aman dan nyaman," ucapnya.

Selanjutnya, pemilik kendaraan harus memastikan pemeriksaan filter udara. Jika sudah mencapai batas waktu pemakaian, harus segera diganti. Ini mengingat kondisi lingkungan dan jalan saat perjalan jauh akan berbeda dengan jalur mobilitas sehari-hari. Filter udara dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar yang digunakan karena berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara luar.

Untuk kampas rem, pengendara harus memastikan kondisinya karena kendaraan digunakan dalam kemacetan atau saat melalui jalur one way dengan kecepatan tinggi untuk waktu lama. Atau juga melakukan braking dengan frekuensi lebih sering.

Selain kampas rem, tentu kondisi ini juga berpotensi membuat ban lebih cepat aus. Oleh karena itu, pengendara perlu melakukan pemeriksaan atau penggantian ban serta melakukan spooring dan balancing untuk memastikan kinerja ban dan roda secara keseluruhan.

Sementara itu, aki juga harus diperiksa kondisinya agar memastikan sistem kelistrikan dan fitur engine starter bisa berjalan dengan baik. Terkait wiper, bagian utama yang perlu diperiksa adalah karet yang berpotensi mengalami penurunan kualitas saat terkena panas dan hujan.

"Untuk pemeriksaan komponen suku cadang mobil yang lebih detail dan aman, sebaiknya lakukan pemeriksaan di bengkel resmi," ujarnya.

Karena, lanjut dia, dengan datang ke bengkel resmi, pemilik kendaraan dapat melakukan konsultasi sebelum melakukan penggantian suku cadang serta mendapat kisaran harganya. Lewat bengkel resmi, kendaraan pun diperiksa oleh tenaga ahli yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya, menggunakan suku cadang resmi, dan sesuai dengan standardisasi pabrikan.  ';

HSR Penuhi Velg Pesanan Khusus Desainer AS

HSR Forged Myth Wasile adalah velg yang sangat berkualitas dengan desain yang akurat.

SELENGKAPNYA

Kembalinya Subaru dan Ford di Indonesia

Ford dan Subaru menyatakan, bakal memperkuat jaringan dengan menghadirkan dealer-dealer baru.  

SELENGKAPNYA

Bijak Sikapi Pelonggaran Penggunaan Masker

Mobilitas masyarakat yang tinggi tidak diikuti dengan kenaikan kasus Covid-19.

SELENGKAPNYA
×