Warga Muslim membawa poster dalam aksi damai melawan meningkatnya kejahatan terhadap komunitas Muslim di New Delhi, India, Sabtu (16/4/2022). | REUTERS/Anushree Fadnavis

Kisah Mancanegara

USCIRF: Kebebasan Beragama di India Memburuk

USCIRF menyoroti banyaknya serangan terhadap kelompok agama minoritas di India.

OLEH KAMRAN DIKARMA

The United States Commission on International Religious Freedom (USCIRF) mengatakan, praktik kebebasan beragama di India memburuk. Komisi tersebut meminta pemerintah Amerika Serikat (AS) mencantumkan India dalam daftar "countries of particular concern" atau negara-negara yang menjadi perhatian khusus.

Dalam laporan tahunannya, USCIRF menyoroti banyaknya serangan terhadap kelompok agama minoritas di India, khususnya Muslim dan Kristen, sepanjang 2021. "Kondisi kebebasan beragama di India memburuk signifikan," ungkap USCIRF, dikutip laman TRT World, Selasa (26/4).

Menurut USCIRF merebaknya serangan terhadap kelompok minoritas berlangsung ketika pemerintahan Perdana Menteri India Narendra Modi mempromosikan visi ideologisnya tentang negara Hindu. Visi itu diwujudkan lewat kebijakan-kebijakan yang "memusuhi" minoritas.

photo
Kepolisian berjaga-jaga menyusul kerusuhan komunal selepas perayaan Hindu di New Delhi, India, Sabtu (16/4/2022). - (REUTERS/Stringer)

"Pemerintah India meningkatkan promosi dan penegakan kebijakan, termasuk yang mempromosikan agenda nasionalis Hindu, yang berdampak negatif terhadap Muslim, Kristen, Sikh, Dalit, dan minoritas agama lainnya," kata USCIRF.

Komisi AS tersebut mengungkapkan, tindakan pemerintah India, termasuk dalam hal penegakan hukum anti-konversi yang berkelanjutan terhadap non-Hindu, telah menciptakan budaya impunitas bagi kampanye ancaman nasional dan kekerasan massal serta kelompok main hakim sendiri.

"Termasuk terhadap Muslim dan Kristen yang dituduh melakukan kegiatan konversi," kata USCIRF.

Selama tiga tahun terakhir, USCIRF terus meminta agar India dicantumkan dalam "countries of particular concern". USCIRF memang hanya berfungsi sebagai pemberi rekomendasi, tapi tidak menetapkan kebijakan pemerintah. Departemen Luar Negeri AS diperkirakan bakal menolak usulan USCIRF terkait India.

Pada tahun-tahun sebelumnya, India memprotes keras rekomendasi yang diterbitkan USCIRF. New Delhi menuduh komisi AS itu bias dalam menyusun laporan dan menyimpulkan rekomendasinya. Kendati demikian, aksi diskriminasi dan persekusi terhadap kelompok Muslim di India memang tengah menjadi sorotan global.

Selama festival Hindu awal bulan ini, misalnya, massa Hindu di beberapa daerah di India melempari masjid dengan batu. Di salah satu daerah, penyelenggara acara sengaja menyewa disc jokey (DJ) untuk memutar musik keras-keras di dekat masjid saat umat Muslim setempat sedang menunaikan shalat.

photo
Anggota kelompok sayap kanan Hindu Bajrang Dal melakukan unjuk rasa di Udupi, Karnataka, India, (Rabu (23/2/2022). Aksi mereka terkait peristiwa pembunuhan terhadap seorang Hindu yang berbarengan dengan aksi protes terhadap pelarangan jilbab di sekolah-sekolah wilayah itu. - (AP Photo/Aijaz Rahi)

Kejadian lain disaksikan di New Delhi. Setelah sempat terjadi bentrokan saat perayaan keagamaan, pemerintah setempat membuldoser sejumlah bangunan milik Muslim pada 20 April di lokasi tersebut.

Saat itu pemerintah berdalih, penghancuran dilakukan terhadap bangunan ilegal. Proses itu berlanjut meski telah mendapat perintah penghentian dari Mahkamah Agung India.

Pada awal Februari lalu, India pun sempat menjadi sorotan karena salah satu negara bagiannya, yakni Karnataka, melarang siswi dan mahasiswi Muslim mengenakan hijab di ruang kelas. Mereka yang menolak mematuhi peraturan itu tak diperkenankan mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Yang paling mencemaskan dari semuanya adalah adanya sejumlah biksu Hindu ekstrem yang telah menyerukan pembersihan kelompok Muslim di India. Mereka seperti menginginkan Muslim di India bernasib seperti etnis Rohingya di Myanmar.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

India Buldoser Bangunan Milik Muslim

Sentimen anti-Muslim dan serangan meningkat di seantero India, dalam 10 hari terakhir.

SELENGKAPNYA

Di Tengah Konflik, India Bantah Meningkatnya Intoleransi

Muslim di India telah menjadi sasaran serangkaian serangan oleh kelompok Hindu sayap kanan.

SELENGKAPNYA