Ilustrasi wanita bangkit di hari kartini | ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

CSR

Semangat Kartini dan Pemberdayaan Wanita

Berinvestasi pada kelompok wanita sangat penting.

Semangat perjuangan Kartini yang  diperingati setiap 21 April menginspirasi  banyak pihak untuk melakukan pemberdayaan terhadap wanita. Baik perusahaan swasta, BUMN, lembaga amil zakat nasional (laznas), maupun pejabat pemerintah.  Hal itu dilakukan antara lain oleh PT Royal Lestari Utama (RLU), Hotel Aston, dan gubernur Kalsel.

PT Royal Lestari Utama (RLU) perusahaan karet alam berkelanjutan terus memperkuat peran wanita tani di sekitar kawasan hutan. Perusahaan yang beroperasi di Jambi dan Kalimantan Timur ini berhasil membentuk empat kelompok wanita tani yang melibatkan lebih dari 68 petani wanita.  

Direktur Sustainability, Corporate Affairs, dan HR PT Royal Lestari Utama, Yasmine Sagita, menyatakan, wanita dan anak-anak merupakan kelompok terdampak atas perubahan iklim karena ketidaksetaraan, kemiskinan, kurangnya kapasitas dan sebagainya. "Peningkatan kapasitas, memberikan akses terhadap kelompok wanita untuk pengembangan diri merupakan hal yang sangat penting," ujarnya dalam  keterangan tertulis, Jumat (22/4). 

Menurut Yasmine, berinvestasi pada kelompok wanita sangat penting. Caranya dengan memberikan wanita akses yang setara untuk menyampaikan masukan dan ide-ide, serta pemberian pelatihan. "Akses yang sama untuk turut berpartisipasi dalam membentuk masyarakat yang tangguh dan inklusif untuk penghidupan yang berkelanjutan," katanya. 

Pembinaan yang dilakukan RLU melalui pola agroforestry berhasil membuat keterampilan, produktivitas tanaman karet, dan pengetahuan dalam menunjang kemandirian pangan para wanita tani bertambah. Yasmine mengatakan, kaum perempuan terbukti berperan nyata dalam peningkatan pendapatan keluarga kelompok tani kemitraan kehutanan hingga 30 persen.

Secara kultural, kaum perempuan di Jambi, khususnya di sekitar kawasan hutan, berperan aktif menunjang ekonomi rumah tangga, termasuk mengelola lahan pertanian dan kebun. Melalui Community Partnership Program (CPP), RLU melalui dua anak usahanya, yaitu PT Lestari Asri Jaya (LAJ) dan PT Wanamukti Wisesa, mendorong perempuan berperan aktif menunjang kehidupan keluarganya dalam mengelola pertanian dan kebun karet.

Melalui empat kelompok tani wanita yang telah terbentuk, RLU melakukan berbagai kegiatan pembinaan. Mulai dari teknik menyadap/menderes pohon karet, memproduksi pupuk organik, mengembangkan pola agroforestry dengan tanaman usia pendek seperti sayur-mayur dan jahe, serta perikanan dan sebagainya. "Kaum perempuan juga dibina agar lebih aktif dalam proses pemasaran dan mengembangkan produk pertanian," ujar Yasmine.  

Para anggota wanita tani juga mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas untuk penguatan kelembagaan kelompok dan tata kelola serta pelatihan kewirausahaan. Selain itu, RLU juga memberikan bantuan sarana pertanian, termasuk bibit jahe merah kepada wanita tani binaan untuk dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah maupun area kebun karet.

"Kami menyadari pentingnya keterlibatan perempuan di seluruh aspek bisnis, yang dimaknai dengan memberikan kesempatan kerja, meningkatkan partisipasi perempuan, dan memberdayakan perempuan di tengah masyarakat," ucapnya. "Kami juga bekerja sama dengan UN Women dan Tropical Landscape Finance Facility (TLFF) untuk melakukan penelitian tentang perempuan di konsesi PT  RLU di Jambi." 

Workshop pembuatan sabun

Hari Kartini, Aston Priority Simatupang kembali mengadakan kegiatan khusus untuk pemberdayaan wanita Indonesia. Pada peringatan Hari Kartini kali ini, Aston Simatupang menyelenggarakan workshop membuat sabun alami ramah lingkungan bersama @loka.karsa. Workshop diadakan pada Kamis, 21 April 2022 dimulai pukul 14.00 sampai 17.00 di Momiji Restaurant, Aston Priority Simatupang, Jakarta.

Sebanyak 15 peserta ikut berpartisipasi pada kegiatan workshop. Mereka belajar membuat sabun organik sederhana yang alami dan sangat bermanfaat bagi kulit serta ramah lingkungan. Workshop ini dipandu bersama oleh Furqon dari  Loka Karsa yang akan memberikan ilmu serta membimbing peserta untuk membuat sabun yang baik. Kegiatan diakhiri dengan makan malam dan buka puasa bersama sambil bincang santai antarpeserta workshop.

Workshop pembuatan sabun dari bahan alami ini adalah bentuk kepedulian dan komitmen Aston Priority Simatupang terhadap pendidikan dan lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai dukungan untuk membangun kemandirian dan pemberdayaan bagi masyarakat terkhusus wanita Indonesia.

"Peringatan Hari Kartini merupakan kegiatan yang rutin kami lakukan di Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center. Workshop ini merupakan hal kecil yang kami lakukan untuk mendukung nilai dari emansipasi wanita yang digagas oleh RA Kartini,” ucap Paundra Hanutama, direktur marketing komunikasi Aston Priority Simatupang.

Wanita pencari nafkah

Dalam rangka menyambut momen Hari Kartini ke-72 tahun 2022, Kamis (21/4), Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor menyambangi para pedagang wadai khas Banjar yang terdiri atas kaum wanita. Ia memberikan semangat kepada pedagang wanita yang turut mencari nafkah bagi keluarganya.

Salah satu yang didatangi Paman Birin—panggilan akrab Sahbirin Noor—adalah toko Kue khas Banjar Aisyah Bakery di Banjarmasin. “ Kita mengucapkan selamat hari Kartini ke 72, kebetulan di Aisyah Bakery ini seluruh karyawan dan pemiliknya adalah para wanita, mereka adalah para perempuan tangguh yang ikut membantu mencari nafkah buat keluarganya,” kata Paman Birin didampingi karyawan Aisyah Bakery.

Ia berharap kaum wanita di banua terus dapat berkarya dan turut berpartisipasi dalam pembangunan. “Semoga kaum perempuan banua berjaya,” ucap Paman Birin. Di Toko Aisyah Bakery ini, Paman Birin juga memborong wadai jenis bingka.

Selanjutnya, Paman Birin juga mengunjungi warung wadai khas Banjar, yaitu warung Najwa 9 Rasa  yang juga berlokasi di Banjarmasin. “Di sini katanya ada wadai bingka Al Kandal nang pecah di ilat,” kata Paman Birin.

Di Warung Najwa 9 Rasa ini, Gubernur Kalsel juga memborong berbagai wadai yang ada di sana sekaligus mengucapkan selamat Hari Kartini kepada para karyawan wanita. Paman Birin juga menyambangi kaum wanita pedagang wadai dan makanan berbuka di puasa di berbagai lokasi di Banjarmasin. Di berbagai lokasi, tersebut Paman Birin juga memborong wadai.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat