Ustaz Bachtiar Nasir berdoa di Masjid Nabawi | Dokpri

Khazanah

Di Mana Letak Kesucian Kota Madinah?

Madinah adalah kota suci yang menjadi kebanggaan umat Islam

MADINAH--Makkah dan Madinah merupakan kota suci umat Islam yang terletak di Arab Saudi. Meski sama-sama menyandang sebagai kota suci, Ustaz Bachtiar Nasir (UBN) mengungkapkan perbedaan Makkah dan Madinah.

Menurut UBN, Madinah Al Munawarah adalah kota suci yang belum ditetapkan pada masa Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam. Sementara, status Makkah sebagai tanah suci sudah ada dalam Alquran maupun kitab-kitab sebelumnya.

"Makkah Allah tetapkan sebagai tempat ibadah pertama di muka bumi," ungkap UBN dalam program Munajat dari Tanah Suci yang disiarkan UBN Podcast secara langsung dari Madinah, Rabu (20/4/2022) sore waktu setempat.

Kesucian kota Madinah, lanjut UBN, karena terdapat makam Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam. Jika ada pertanyaan, tanah manakah yang paling mulia di muka bumi, maka jawabannya adalah tanah yang menjadi tempat dimakamkan Rasulullah.

"Ini mungkin yang menjadi perbedaan antara kesucian kota Makkah dengan kesucian kota Madinah," jelas UBN.

Di kota Madinah, umat Islam dapat melihat makam Rasulullah yang merupakan hamba utusan Allah. Rasulullah yang menuntun umat menuju perjumpaan kepada Allah.

"Makam Nabi yang ada di situ,  harus kita menjadikan ittiba, mencontoh, mengikuti jejaknya. Karena tanpa mengikuti jejak Muhammad Shallallahu alaihi wasallam tidak mungkin kita bisa berjumpa dengan Allah tidak mungkin kita mendapat surga-Nya. Tidak mungkin kita mendapat ridhanya di dunia ini," ungkap UBN.

Madinah al-Munawwarah berarti kota yang bercahaya. Dalam kota ini terdapat Masjid Nabawi atau Masjid Nabi Muhammad SAW. Ini adalah masjid yang menjadi simbol wakaf pertama sekaligus kebanggaan umat Islam.

Di dalamnya terdapat tempat yang paling dimuliakan, yaitu raudhah yang ditandai dengan karpet hijau dan dijaga ketat. Muslim yang berada di area tersebut biasanya akan berlama-lama untuk shalat dan bermunajat.

Madinah adalah tujuan Nabi Muhammad untuk melakukan Hijrah dari Makkah, dan secara berangsur-angsur berubah menjadi basis pergerakan umat Islam pada abad ketujuh Masehi. Pemimpin umat Islam kala itu adalah Rasulullah SAW. Setelah itu dilanjutkan Khulafaur Rasyidin: Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Kota ini menjadi pusat kekuatan Islam dalam abad-abad komunitas Muslim mulai berkembang. Madinah adalah tempat bagi tiga masjid tertua yang pernah dibangun, yaitu Masjid Quba, Masjid Nabawi, dan Masjid Qiblatain. Umat Islam percaya bahwa penyelesaian dari serangkaian penurunan surah Alquran diterima Nabi Muhammad SAW di Madinah, yang dikenal sebagai surah Madaniyah. Ini adalah surah Alquran yang panjang dan banyak menjelaskan hukum atau syariat.

Seperti kota Makkah, non-Muslim tidak diperkenankan memasuki wilayah suci Madinah berdasarkan aturan Pemerintah Arab Saudi.

Ikuti Berita Republika Lainnya