Ilustrasi tim thomas indonesia | ANTARA FOTO

Olahraga

20 Apr 2022, 09:44 WIB

Skuad Thomas Bulu Tangkis tanpa Marcus

PBSI menjelaskan, tim Thomas bulu tangkis tidak diperkuat Marcus Fernaldi Gideon yang sedang dalam masa pemulihan cedera.

JAKARTA -- Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengumumkan tim Indonesia untuk Piala Thomas dan Uber 2022. Sebanyak 24 atlet putra dan putri dipilih untuk bertanding di Bangkok, Thailand, pada 8-15 Mei 2022. Masing-masing tim terdiri atas lima pemain tunggal dan tujuh pemain ganda.

Tim Thomas tidak diperkuat Marcus Fernaldi Gideon yang sedang dalam masa pemulihan cedera. PBSI juga memasukkan sejumlah wajah muda karena harus membagi pemain untuk berlaga di SEA Games Hanoi.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan, ada sedikit perubahan di tim Thomas dibandingkan dengan tahun lalu. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Chico Aura Dwi Wardoyo akan difokuskan ke SEA Games, sedangkan Marcus masih menjalani pemulihan. PBSI, kata Rionny, menggantikannya dengan Bagas Maulana/M Shohibul Fikri dan Syabda Perkasa Belawa.

"Kami juga masukkan Tegar untuk pengalaman dia ke depan. Walau begitu, kualitas tim Thomas tetap sama dan yakin bisa mempertahankan gelar," kata Rionny dalam keterangan media PBSI, Senin (18/4).

Di Piala Uber, PBSI hanya mempertahankan Nita Violina Marwah dan Jesita Putri Miantoro sebagai eks tim Uber Indonesia tahun lalu. Sisanya pemain-pemain muda debutan. "Untuk fase grup, saya percaya mereka bisa melaluinya dan saya berharap mereka bisa melaju ke semifinal dan menciptakan kejutan," kata Rionny.

Menanggapi susunan tim Thomas Indonesia, mantan pemain ganda putra Luluk Hadiyanto menilai absennya Marcus membuat pasangannya, Kevin Sanjaya Sukamuljo, bisa menjadi senjata rahasia. "Dia bisa dipasangkan dengan Mohammad Ahsan atau mungkin dengan yang lainnya," kata Luluk ketika dihubungi Republika.

Ia memperkirakan, pada babak awal Kevin akan dicoba dengan beberapa pemain. Ia juga yakin pelatih akan mencoba Bagas/Fikri untuk menunjukkan performanya di kejuaraan beregu ini.

Luluk mengatakan, sektor ganda putra akan selalu dituntut menyumbangkan dua poin untuk membantu Indonesia mempertahankan Piala Thomas. "Sebab, sektor tunggal putra sedang dalam fase menurun," kata dia.

Sementara itu, legenda bulu tangkis putri Indonesia Imelda Wiguna mengaku tak memahami strategi PBSI yang menurunkan pemain muda di Piala Uber 2022. "Dengan materi yang ada, sulit bersaing dengan kekuatan dunia yang ada saat ini," kata Imelda.

Tanpa Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani, ia tak bisa memperkirakan Indonesia bisa mengambil poin dari sektor mana. Sebab, nama Apriyani Rahayu juga tidak ada. Namun, Imelda memahami kepelikan yang dihadapi PBSI karena harus memecah kekuatan untuk persiapan SEA Games.

"Mungkin PBSI ingin memberikan pemain muda bertanding di ajang beregu. Semoga saja ada kejutan-kejutan yang dihasilkan para pemain muda kita," kata dia. ';

Habib bin Zaid, Syahid Membawa Pesan Rasulullah

Ketika sakratul maut datang, dalam kepedihan yang tak tertahankan, Habib tetap mempertahankan syahadatnya.

SELENGKAPNYA

Pemudik Diimbau Maksimal 30 Menit di Rest Area

Pemerintah daerah harus menyiapkan jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik.

SELENGKAPNYA

Israel Kembali Serang Jalur Gaza

Tahun lalu, bentrokan di kompleks Masjid al-Aqsha memicu perang di Gaza selama 11 hari.

SELENGKAPNYA
×