Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo memantau arus lalu lintas dari layar monitor kamera closed circuit television (CCTV) di ruang kontrol Dishub Solo, Jawa Tengah, Selasa (19/4/2022). Dishub Kota Solo memprediksi sebanyak 7,4 juta kendaraan bermotor d | ANTARAFOTO/Maulana Surya/nym.

Kabar Utama

Pemudik Diimbau Maksimal 30 Menit di Rest Area

Pemerintah daerah harus menyiapkan jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik.

BANDUNG – Pemudik jalur darat yang memanfaatkan jalan tol diimbau untuk tidak terlalu lama saat berada di rest area. Kapasitas rest area di jalan bebas hambatan diprediksi tidak akan mampu menampung seluruh pemudik dalam waktu bersamaan sehingga harus dibatasi.

“Teorinya sederhana, kalau tempatnya sedikit, yang butuh banyak, maka dibatasi waktunya. Jadi, aturan 30 menit saya kira memadai. Ke toilet lima menit, peregangan 10 menit, kalaupun makan tambah 20 menit,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Selasa (19/4).

Ridwan Kamil mengimbau para pemudik sebaiknya membawa bekal makanan yang cukup untuk mengantisipasi hal-hal darurat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Polda Jabar telah menyiapkan 500 posko. Selain itu, ada sistem manajemen arus mudik pada 28, 29, 30 April 2022, yakni sistem satu arah dari Jakarta ke arah Cirebon dan Jawa Tengah.

Dia mengatakan, dari total 85,5 juta orang yang diprediksi akan mudik, yang akan mudik ke Jabar sekitar 14,9 juta orang. Sementara itu, orang Jabar yang keluar rumahnya untuk mudik, baik dalam atau keluar provinsi ada 9,2 juta orang.

photo
Pengendara sepeda motor melintasi dermaga saat keluar dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022) . - (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.)

Pemerintah daerah di perlintasan mudik diminta turut mengantisipasi lonjakan pemudik pada Lebaran 2022. Salah satunya untuk mencegah antrean kepadatan lalu lintas yang diprediksi akan melonjak signifikan.

Menurut Wakapolda Jawa Barat Brigjen Bariza Sulfi, kepolisian sudah mengantisipasi kemacetan pada mudik Lebaran kali ini. Salah satunya dengan melakukan satu jalur untuk ke arah timur mulai dari Km 47 (Halim) sampai Km 447 (Semarang). “Ini langsung dari Kakorlantas (Mabes Polri),” ujar Bariza.

Dengan diberlakukannya satu jalur pada jalan tol, kata dia, hampir dipastikan jalan-jalan nontol akan banyak digunakan pemudik khususnya yang dari arah timur menuju barat. “Ini akan menimbulkan permasalahan jika tidak siap,” kata dia.

Bariza pun meminta pemerintah daerah, khususnya yang menjadi perlintasan mudik, agar menerjunkan petugas untuk membantu kelancaran lalu lintas. Bariza berharap antisipasi dari pemerintah daerah dengan menyiapkan kendaraan penolong kecelakaan untuk antisipasi.

“Kami mohon bantuan dari semua stakeholder untuk menurunkan petugas, dishub dari pemprov, kabupaten/kota, TNI, pramuka. Siapkan mobil derek untuk antisipasi hal-hal yang tidak ingin terjadi,” ujar dia.

Menurut dia, pemerintah daerah pun harus menyiapkan jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik. Terlebih dengan pemberlakuan satu jalur di jalan tol, akan banyak pemudik dan warga lainnya yang melintas ke jalan alternatif. Kepolisian, kata dia, sudah menerjunkan tim untuk menjaga keamanan pemudik.

“Harus diberi keamanan, kenyamanan. Jangan sampai kita jalannya alihkan, tapi mereka tidak nyaman. Kami koordinasi dengan TNI, kita laksanakan patroli untuk atasi gangguan kamtibmas. Jangan sampai dialihkan, tapi malah dirampok,” kata Bariza.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat yang akan mudik untuk membuat perencanaan perjalanan yang matang. Kepadatan diprediksi akan terjadi di rest area.

“Untuk mencegah hal tersebut, sekaligus meminimalisasi penularan Covid-19 akibat kerumunan di beberapa tempat, maka masyarakat diminta untuk bertanggung jawab saling melindungi melalui perencanaan perjalanan yang matang,” kata Wiku.

photo
Penumpang bersiap turun dari kapal penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022). PT ASDP Ketapang saat ini sudah mengoperasikan 28 kapal penyeberangan di lintasan Ketapang-Gilimanuk dan akan menambah jumlah kapal serta mempercepat bongkar muat jika terjadi peningkatan penumpang pada masa arus mudik Lebaran 2022. - (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj.)

Wiku berharap masyarakat yang mudik dapat menyesuaikan rencana mudik dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah. Dengan begitu, masyarakat bisa mudik dengan aman dan sehat sejak berangkat hingga pulang.

Begitu juga pada saat aktivitas di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Wiku mengimbau masyarakat untuk berhati-hati di kegiatan yang berkumpul pada hari Lebaran.

“Untuk itu diimbau masyarakat dengan cermat menimbang risiko setiap aktivitas yang dilakukan di hari raya nanti. Tetap pakai masker dan menjaga kebersihan diri terutama saat kontak dengan orang lain ataupun aktivitas lainnya,” kata Wiku.

Wiku mengatakan, upaya ini semata-mata untuk melindungi diri dan keluarga dari penularan Covid-19 saat Lebaran. Sebab, meskipun kasus Covid-19 sudah terkendali, ancaman pandemi Covid-19 belum berakhir, khususnya periode setelah libur Lebaran ketika mobilitas masyarakat sangat tinggi.

“Perlu diingat bahwa kenaikan kasus setelah periode libur panjang hari raya juga terjadi di banyak negara lain, tidak terkecuali di Indonesia. Menjadi tugas kita bersama untuk bisa menekan potensi penularan pada periode Lebaran ini,” ujar Wiku.

Peningkatan penumpang 

Garuda Indonesia Group menyiapkan 855.119 kursi penerbangan untuk mudik Lebaran Idul Fitri 2022. Ketersediaan kursi untuk rute domestik ataupun internasional yang memfasilitasi kebutuhan aksesibilitas udara masyarakat selama periode Lebaran 2022.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, optimalisasi ketersediaan kursi dilaksanakan melalui pengoperasian pesawat berbadan lebar. Selain itu, juga dilakukan penambahan frekuensi di beberapa rute dengan permintaan yang tinggi selama periode 25 April hingga 10 Mei 2022.

Selama periode tersebut, Garuda Indonesia akan menyediakan sedikitnya 288.219 kursi yang akan dioperasikan dengan menggunakan sejumlah pesawat berbadan lebar. Beberapa di antaranya A330-300 dan A330-200 serta pesawat narrow body B737-800 NG.

Sementara Citilink menyiapkan hingga 566.900 kursi yang akan dilayani dengan menggunakan armada A320-200 dan ATR72-600. “Kami memproyeksikan terdapat peningkatan trafik penumpang 35 persen pada periode peak season Lebaran. Penting bagi kami untuk memastikan layanan penerbangan yang aman dan nyaman untuk momen khusus ini dapat terjaga dengan baik, yang tentunya turut diselaraskan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini operasional,” kata Irfan, Selasa (19/4).

photo
Sejumlah calon penumpang pesawat mengantre di loket lapor diri Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (19/4/2022). PT Angkasa Pura II Cabang Soekarno Hatta mencatat jumlah pergerakan penumpang di Bandara tersebut pada minggu ketiga bulan Ramadhan mencapai 80 ribu pergerakan per hari dan diprediksi akan menyentuh angka 140 ribu pergerakan penumpang per hari pada 28-30 April 2022. - (ANTARA FOTO/Fauzan/nym.)

Dia mengatakan, optimalisasi kapasitas penerbangan Garuda Indonesia, di antaranya akan dilaksanakan di sejumlah rute penerbangan dengan permintaan yang tinggi. Beberapa di antaranya, yakni Jakarta–Denpasar, Jakarta–Surabaya, Jakarta-Medan, Jakarta–Yogya, Jakarta–Padang, Jakarta–Pontianak, Jakarta–Solo, Jakarta-Banjarmasin, Jakarta–Semarang, dan Jakarta-Balikpapan.

Irfan menilai, potensi peningkatan penumpang pesawat pada mudik tahun ini akan terus bergerak dinamis, sejalan dengan permintaan masyarakat untuk kembali melaksanakan perjalanan mudik. Ia akan terus memantau situasi dan perkembangan kebutuhan penerbangan masyarakat untuk memastikan layanan penerbangan dapat senantiasa terpenuhi.

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Bakauheni, Lampung, telah menyiapkan delapan loket untuk pemudik bermotor. Sedangkan untuk loket kendaraan roda empat juga delapan unit. General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Lampung, Suharto mengatakan, siap menyambut pemudik pada arus mudik tahun ini.

Ia mengatakan, pemudik bermotor dan berkendaraan roda empat telah disiapkan delapan unit loket yang tersedia di Pelabuhan Bakauheni. Selain itu, juga telah disediakan tempat parkir kendaraan yang memadai untuk menambah kendaraan roda empat atau lebih, juga tempat motor.

Menurut dia, daya tampung lahan parkir kendaraan roda empat atau lebih kisaran 5.000 sampai 6.000 unit kendaraan, sehingga bila terjadi kepadatan arus kendaraan pada mudik Lebaran dapat ditampung di area Pelabuhan Bakauheni.

Suharto mengingatkan kepada pemudik sebelum melakukan perjalanan menggunakan fasilitas Pelabuhan Bakauheni, baik dari Jawa ke Sumatra maupun sebaliknya, hendaknya dapat reservasi tiket secara daring, baik dilakukan secara mandiri maupun di gerai-gerai pelayanan tiket resmi PT ASDP. Dengan cara memasukkan data yang sesuai dengan identitas diri.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) juga menyiapkan dua kapal untuk digunakan dalam program mudik gratis sepeda motor pada Idul Fitri 2022. Kedua kapal tersebut, yakni KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

“Pemudik dengan tujuan Semarang dan Surabaya dapat memanfaatkan program ini. Kendaraan motor dapat diangkut dengan kapal Pelni untuk dipergunakan di tempat tujuan,” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Opik Taupik.

Pendaftaran mudik gratis sepeda motor dibuka sejak Senin (18/4) hingga 24 April melalui laman mudikgratis.dephub.go.id. Identitas yang akan menjadi kode unik adalah nomor STNK dan KTP kepala keluarga. Pendaftar juga dapat membawa anak kecil berumur di bawah 10 tahun maksimal dua orang, dengan menunjukkan kartu keluarga atau salinannya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Covid-19 Diprediksi Landai Pasca-Lebaran

Hasil serosurvei menunjukkan hampir 100 persen masyarakat Indonesia memiliki antibodi Covid-19.

SELENGKAPNYA

Alquran Kitab Terbuka

Dengan sikap keterbukaannya itu, justru hingga sekarang tidak ada satu pun yang berdaya menandingi Alquran.

SELENGKAPNYA

Indonesia Cetak Suprlus Dagang Terbesar

Kenaikan harga komoditas melanjutkan tren surplus neraca perdagangan Indonesia.

SELENGKAPNYA