Perajin memotret produk wayang golek yang dipesan melalui pasar daring di UKM Golek Waris, Desa Tegal Waru, Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (27/12/2021). | ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.

Perencanaan

17 Apr 2022, 20:28 WIB

Semangat Gali Potensi Diri

Metode pemasaran di ranah digital dinilai efektif untuk mengembangkan potensi daerah.

OLEH SHELBI ASRIANTI

Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan sangat penting untuk pemulihan ekonomi negara. Cara mengembangkan hal itu bisa dengan merayakan kekhasan dan menggali potensi di masing-masing daerah. 

Menuju kebangkitan ekonomi Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ingin menjadikan Indonesia sebagai destinasi produk-produk ekonomi kreatif unggulan. Karena itu, pengembangan potensi dan daya tarik daerah menjadi penting.

Salah satu program terkini yang digagasnya untuk mendukung potensi daerah adalah rangkaian Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, dan Aman) di Gorontalo. "Pada era ekonomi pascapandemi ini, program tepat sasaran dan tepat manfaat, seperti Gerakan BISA, memicu kebangkitan ekonomi dalam negeri, inovasi, peningkatan kesadaran akan tanggung jawab sosial, pelestarian lingkungan, serta keberlanjutan," ujar Menparekraf Sandiaga Uno lewat keterangan resminya, Ahad (10/4).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (republikaonline)

Dengan kegiatan tersebut, potensi wisata di Gorontalo diharapkan bisa berkembang pesat, seperti wisata hiu paus di Teluk Tomini dan destinasi potensial untuk berbagai pertemuan. Kolaborasi berbagai pihak dikerahkan untuk pemberdayaan SDM dan pembenahan diri.

Program lainnya, yaitu Baparekraf Digital Innovation Lab (BEDIL) 2022 untuk akselerasi digitalisasi produk dan jasa subsektor ekonomi kreatif. Menurut Sandiaga, transformasi digital sangat penting untuk perekonomian dan menjadi kebutuhan masyarakat. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal pun terus didorong memanfaatkan teknologi digital dan perdagangan daring.

Langkah ini, kata Sandiaga, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Sejak BBI diluncurkan pada 2020, kini terdapat 3,7 juta unit usaha yang terdigitalisasi. Saat ini, total 11,7 juta UMKM go digital dan terus mengejar target 30 juta UMKM hingga akhir 2023. Metode pemasaran di ranah digital dinilai efektif untuk mengembangkan potensi daerah.

photo
Perajin menunjukkan lukisan kaligrafi Arab pada piring keramik di rumah produksi Fairus Art, Desa Plumbon, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (16/4/2021). Kerajinan piring lukis kaligrafi Arab yang dijual seharga Rp 100 ribu per pasang banyak diminati pembeli karena dipasarkan secara daring dan bantuan promosi lewat pameran produk UMKM digital. - (ANTARAFOTO/Maulana Surya/rwa.)

"Mari dukung produk lokal, dukung gerakan Bangga Buatan Indonesia, beli produk lokal kreatif. Tentunya demi kebangkitan ekonomi kita dan kepulihan sektor ekonomi kreatif," ucap Sandiaga pada weekly press briefing Kemenparekraf, Senin (4/4).

Pengusaha kuliner Drajat Kherudin yakin produk unggulan khas tiap daerah bisa menjadi ikon wilayah tersebut. Contohnya, kata dia, adalah upaya Galeri UMKM di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) untuk memasarkan produk lokal Yogyakarta, termasuk milik Drajat. Ayah dua anak ini memiliki usaha katering Mbah Tedjoku dan produk bakso, keripik bakso Aremania, dan berbagai produk lainnya.

Pebisnis Julia Ratih Gita Dwiyana Sitompul punya cara tersendiri untuk menggali potensi. Cara mengeksplorasinya adalah dengan mengenali kapasitas diri, termasuk kelebihan dan kekurangan.

photo
Pengunjung melihat kerajinan aksesoris kupu-kupu dari bahan daun saat Dekranas Jawa Tengah Expo 2022 di Pendapa Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (24/3/2022). Pameran industri kreatif yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranas) Provinsi Jawa Tengah sebagai sarana promosi produk UMKM lokal ke pasar global sekaligus membangkitkan kembali perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19. - (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/rwa.)

Langkah itu memudahkan munculnya gagasan dan rintisan bisnis, seperti yang dirasakan Julia dengan bisnis clothing dan guest house-nya. Influencer di Bali ini juga tengah menyiapkan bisnis studio fotografi.

Selain mengetahui potensi diri, Julia menyampaikan pentingnya mencermati potensi yang ada di sekitar. Julia mendapati banyak turis datang ke Canggu dan ada banyak ruang yang bisa digunakan. Itu sebabnya, dia menyulap kantornya menjadi guest house dan mengembangkan lini busana Juu Ra See berkat menggali potensi dan melihat peluang.

"Balik ke diri kita, apa yang kita sukai dan miliki. Itu akan menjadi trigger untuk berkarya," kata Julia.

photo
Pengunjung melihat produk yang dijual saat pembukaan kembali pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Senin (21/3/2022). Sarinah mulai beroperasi kembali dengan tema Community Mall yang menjadi pusat perbelanjaan khusus bagi 500 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mulai dari makanan, minuman, fesyen dan aksesoris lainnya. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Pemanfaatan teknologi digital lewat berbagai platform maupun media sosial dilakoni Asosiasi Pengusaha Oleh-Oleh (ASPOO) Jawa Tengah. Berkolaborasi dengan Blibli dan sejumlah pihak, para anggota ASPOO Jawa Tengah menghadirkan produk UMKM unggulan serta parsel Lebaran.

Tahun lalu, ASPOO berjualan daring dan tahun ini produk-produknya dapat dibeli eksklusif di Blibli yang dapat diakses oleh pasar seluruh Indonesia. Tokonya di Blibli menawarkan ragam pilihan makanan dan minuman dari 26 kabupaten dan enam kota Jawa Tengah. Makanan dan minuman tersebut hadir dalam bentuk parsel.

"Kami senang masyarakat umum dari berbagai daerah kini bisa lebih mudah untuk membeli produk-produk Jawa Tengah, termasuk mereka yang sedang merantau dan butuh pengobat rindu akan kampung halaman, namun tidak bisa pulang karena pandemi," kata Sekretaris ASPOO Jawa Tengah Muhammad Kirom lewat pernyataan resminya.


Hudzaifah, Pemegang Rahasia Rasulullah

Hudzaifah banyak meriwayatkan hadis karena kedekatan secara personal dan spiritual dengan Rasulullah SAW.

SELENGKAPNYA

Melebur Dosa di Masa Lalu dengan Membakar Mercon

Tak ada suara nyinyir terhadap tindakan boros merayakan Lebaran dengan cara membakar mercon.

SELENGKAPNYA

Rusia: Serangan Kiev Kian Gencar

Kapal berpandu rudal milik Rusia, Moskva, dilaporkan tenggelam, Kamis (14/4).

SELENGKAPNYA
×