Komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 mengikuti pelantikan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/04/2022). | ANTARA FOTO/HO/Setpres-Lukas

Nasional

Pembahasan Pemilu 2024 Tuntas Sebelum Agustus

Tahapan awal Pemilu 2024 adalah pendaftaran partai politik yang dilakukan pada awal Agustus 2022.

JAKARTA -- Komisi II DPR bersama penyelenggara pemilihan umum (pemilu) dan pemerintah menyepakati sejumlah hal dalam rapat kerja yang digelar pada hari ini. Salah satunya adalah jadwal pembahasan tahapan dan anggaran Pemilu 2024 akan dilakukan sebelum tahapan awal Pemilu 2024.

Adapun, tahapan awal Pemilu 2024 adalah pendaftaran partai politik yang rencananya dilakukan pada awal Agustus 2022. "Bersepakat untuk segera melaksanakan pembahasan dan pendalaman lebih lanjut terkait dengan tahapan, program, jadwal, anggaran, dan hal-hal lain terkait lainnya mengenai desain dan konsep pemilu 2024, sebelum masuknya tahapan awal Pemilu Serentak 2024," ujar Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyampaikan kesimpulan rapat kerja tersebut, Rabu (13/4).

Dalam rapat tersebut, Komisi II, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menegaskan Pemilu akan digelar pada 14 Februari 2014. Termasuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tahun sama.

"Menegaskan kembali bahwa hari pemungutan suara pemilihan umum serentak adalah Rabu 14 Februari 2024, dan hari pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota serentak tahun 2024 adalah Rabu 27 November 2024," ujar Doli.

Komisi II juga menekankan kepada KPU, Bawaslu, dan DKPP untuk menjadi penyelenggara Pemilu 2024 yang berintegritas. Tujuannya untuk suksesnya kontestasi nasional pada 2024 itu.

"Komisi II DPR menekankan agar KPU, Bawaslu, dan DKPP dapat menjadi penyelenggara pemilu yang berintegritas, independen, mandiri, dan profesional untuk suksesnya pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024," ujar Doli.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyambut baik pembahasan tahapan Pemilu 2024 yang digelar oleh Komisi II DPR, penyelenggara pemilu, dan pemerintah. Menurutnya, pembahasan tersebut sangat penting sebagai bagian penetapan dilaksanakannya Pemilu 2024.

"Tahapan pemilu adalah sesuatu hal yang sangat penting dari sebuah keputusan bahwa 14 Februari menjadi pelaksanaan tanggal pemilu, baik dari legislatif maupun pilpres," ujar Muzani di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/4).

photo
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (ketiga kiri), Ketua KPU Hasyim Asyari (kedua kiri), Ketua DKPP Muhammad (ketiga kanan), Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kanan), Anggota KPU Mochammad Afifuddin (kiri) dan Anggota DKPP Teguh Prasetyo (kedua kanan) mengikuti Rapat Kerja/Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/4/2022). Rapat Kerja/Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR dengan Mendagri, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Ketua DKPP itu dalam rangka membicarakan persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024. - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Seluruh tahapan Pemilu 2024 harus disiapkan secara baik oleh KPU, Bawaslu, dan pemerintah. Mengingat Presiden Joko Widodo telah melantik anggota KPU dan Bawaslu yang baru.

"Maka dari itu saya berkesimpulan bahwa tahapan pemilu sudah dilakukan dengan bagus oleh teman-teman KPU dan Kemendagri," ujar Muzani usai bertemu Mendagri Tito Karnavian.

Sementara itu, Tito mengatakan bahwa rapat kemarin adalah tindak lanjut pembahasan tahapan Pemilu 2024 usai pelantikan anggota KPU dan Bawaslu. Dalam rapat nanti, akan ada elaborasi antara penyusunan tahapan pemilu yang telah disusun oleh anggota KPU periode sebelumnya.

"Itulah menunjukkan konsistensi kita untuk memfollow up hasil 24 Februari yang setelah terjadi penetapan tanggal. Jadi diikuti sekarang dengan pembahasan untuk masalah teknis tahapan," ujar Tito. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kulit Sehat Selama Berpuasa

Kekurangan cairan dapat mengakibatkan masalah aliran darah ke jaringan kulit sehingga sel-selnya mati.

SELENGKAPNYA

Julaibib: Dicibir Manusia, Dimuliakan Allah

Julaibib yang sering dihina manusia, tapi dimuliakan derajatnya di sisi Allah.

SELENGKAPNYA

Penataan Lanjutan Suryakencana Meniru Malioboro

Suryakencana Kota Bogor akan menjadi magnet pariwisata.

SELENGKAPNYA