Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kuliah umum di Universitas Islam Darul Ulum, Lamongan, Jawa Timur, Sabtu (9/4/2022). Kuliah umum yang dihadiri ratusan mahasiswa tersebut mengangkat tema Revolusi Industri 5.0 : Ekspansi Gerbang Digital Sebagai Penyoko | ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Ekonomi

Erick Thohir: BUMN Terus Ciptakan Lapangan Kerja

Erick Thohir mengatakan, Rekrutmen Bersama BUMN mempunyai peran penting agar kepemimpinan berlanjut.

JAKARTA  — Sebanyak 2.700 lowongan kerja dibuka di lebih dari 50 BUMN untuk diisi talenta milenial Indonesia melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang diluncurkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada Selasa (12/4).

Ribuan kesempatan kerja bagi lulusan Diploma, S-1, dan S-2 ini tersebar di berbagai klaster industri BUMN di seluruh Indonesia, seperti energi, perbankan, perkebunan, dan telekomunikasi.

"BUMN adalah penggerak sepertiga ekonomi Indonesia. Karena itu komitmen saya jelas, BUMN akan terus ciptakan lapangan kerja. Baik melalui Rekrutmen Bersama BUMN, juga (multiplier dari) program-program dari masing-masing BUMN, seperti Mekaar dan Makmur," kata Erick.

Erick mengatakan, Rekrutmen Bersama BUMN mempunyai peran penting agar keberlanjutan kepemimpinan di BUMN diisi figur-figur muda yang tidak saja punya kapasitas, tapi juga amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (AKHLAK) yang baik. Bagi Erick, kepandaian tanpa karakter akan menjadi kejahatan dan kekayaan tanpa karakter akan menjadi kerakusan.

"Para milenial, saya tunggu kalian untuk bergabung di BUMN. Di BUMN, kalian akan belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia. Menjadi agen pembangunan yang membawa BUMN dan Indonesia maju, makmur, dan mendunia. Karena BUMN untuk Indonesia," kata Erick. 

Erick mendorong program Makmur yang merupakan singkatan dari Mari Kita Majukan Usaha untuk meningkatkan lapangan pekerjaan di sektor pertanian. Ia berharap, Program Makmur yang diinisiasi oleh Pupuk Indonesia, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), dan BUMN terkait lainnya meningkatkan lapangan pekerjaan di sektor pertanian.

Menurut Erick, upaya tersebut seiring dengan target swasembada pangan, terutama pada saat ini untuk komoditas gula. "Program ekosistem Makmur ini memastikan pembukaan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan petani lebih tinggi daripada sebelumnya," kata Erick.

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar mengapresasi dukungan Erick dalam pengembangan putra-putri bangsa melalui penciptaan lapangan kerja melalui transformasi BUMN. Ia memastikan, proses rekrutmen akan berjalan secara profesional, transparan, dan menjunung core values AKHLAK. 

Alexandra juga menyebut, program rekrutmen bersama BUMN juga mendukung nilai-nilai keberagaman dalam menjadikan BUMN sebagai pemain global dan pabrik talenta unggul Indonesia yang siap menghadapi tantangan ke depan. Hal ini sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN dan FHCI menjadikan BUMN yang berdaya saing global dan menciptakan insan-insan BUMN berkelas dunia demi pencapaian Indonesia Emas 2045. 

Untuk itu, lanjut Alexandra, FHCI menyiapkan serangkaian seleksi yang ketat dan pembekalan agar insan BUMN terpilih nantinya tidak hanya memiliki keterampilan yang tepat, tapi juga digital ready, memiliki growth mindset, dan menjiwai AKHLAK sebagai enam nilai utama BUMN.

Sebelumnya, Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto menilai peranan BUMN yang sangat penting dalam mendukung dan menyuarakan agenda G-20 terkait peningkatan kesejahteraan petani. Menurut Eko, ketika berbicara mengenai ketahanan pangan maka petani merupakan pihak yang berperan dalam mengeksekusi hal tersebut.

Dengan demikian, lanjut Eko, kesejahteraan petani menjadi strategi utama melalui program-program yang diinisiasi oleh BUMN, seperti Program Makmur. Program Makmur ini terdiri atas berbagai aspek yang membantu petani dan budi daya pertanian. 

Mulai dari pengelolaan budi daya tanaman berkelanjutan, informasi, dan pendampingan budi daya pertanian, digital farming, dan mekanisme pertanian. Selanjutnya, ada juga akses permodalan dan perlindungan risiko pertanian serta adanya off-taker atau jaminan pasar bagi petani.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (erickthohir)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Harga Minyak Goreng Curah Belum Sesuai Acuan

Harga minyak goreng curah di kawasan Jabodetabek masih bertengger di level Rp 16 ribu hingga Rp 18 ribu per liter.

SELENGKAPNYA

Muslim Diajak Kembali Ramaikan Masjid

Salah satu titik lengah jamaah yaitu saat berwudhu di masjid.

SELENGKAPNYA