Seorang petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax ke salah satu kendaraan di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (30/3/2022). Komisi VI DPR RI mendukung penyesuaian harga BBM non subsidi mengikuti har | Prayogi/Republika.

CSR

Pertamina Berikan Layanan Vaksinasi Gratis Bagi Lansia

Pertamina DPPU Sepinggan menyediakan 100 paket sembako bagi 100 lansia yang mendaftar.

Pertamina Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sepinggan berupaya mendukung pemerintah membentuk herd immunity menghadapi pandemi Covid-19, melalui pemberian layanan vaksinasi gratis bagi lansia.

Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan yang menaungi DPPU Sepinggan sebagai salah satu subunit bisnis pengisian bahan bakar pesawat udara juga memberikan dukungan kesehatan. Dukungan ini dikhususkan bagi tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Sepinggan melalui bantuan extra fooding dan dukungan alat kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, dukungan vaksinasi kepada lansia disasar CSR DPPU Sepinggan bersama Dinas Kesehatan Balikpapan karena melihat pencapaian vaksinasi lansia di Balikpapan yang masih berkisar 80 persen. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat untuk mempercepat vaksinasi agar tercipta herd immunity (kekebalan kelompok).

Upaya ini, lanjut dia, juga bagian turut serta mendukung pemulihan ekonomi masyarakat. Vaksinasi lansia difokuskan menyasar lansia yang berada di ring I (pertama) perusahaan. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Puskesmas Sepinggan, Sabtu (26/3), bertempat di Puskesmas Sepinggan.

Sebanyak lebih dari 350 anggota masyarakat di ring I DPPU Sepinggan terlibat dalam vaksinasi tersebut, baik lansia maupun masyarakat umum. “Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan vaksinasi lansia kolaborasi CSR DPPU Sepinggan," kata Andi Sri Juliarty.

Operation Head Pertamina DPPU Sepinggan Heri Ashari mengungkapkan, dalam rangka menggaet peserta dengan cakupan usia di atas 60 tahun sebagai sasaran vaksinasi booster lansia, Pertamina DPPU Sepinggan menyediakan 100 paket sembako bagi 100 lansia yang mendaftar. Tujuannya selain menarik minat kalangan lansia untuk divaksin, paket sembako juga diberikan kepada lansia dari kalangan menengah ke bawah pada masa pandemi Covid-19 ini.

Selain bantuan tersebut, Pertamina DPPU Sepinggan juga memberikan extra fooding dan dukungan tenaga Kesehatan berupa vitamin, masker, dan hand sanitizer untuk Puskesmas Sepinggan. Dukungan tersebut dalam rangka mendukung tenaga Kesehatan di Puskesmas Sepinggan dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kami dari Pertamina Patra Niaga DPPU Sepinggan memberikan bantuan kepada 100 lansia yang mengikuti vaksinasi, bantuan ini diberikan sebagai bentuk komitmen kami untuk mendukung kegiatan vaksinasi, terutama vaksinasi lansia. Pada kesempatan ini kami juga memberikan dukungan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Sepinggan Baru berupa dukungan paket extra fooding dan vitamin,” ujar Heri Ashari.

Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Susanto August Satria dalam kesempatan terpisah menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program TJSL perusahaan di bidang Kesehatan. Menjelang Ramadhan, masyarakat diharapkan dapat semakin terlindungi dan dapat melaksanakan ibadah serta bersilaturahim dengan nyaman karena sudah terlindungi vaksin booster.

"Walau begitu,  selalu perhatikan protokol kesehatan di mana pun kita berada untuk melindungi orang tersayang dari virus Covid-19”, tuturnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat