Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Rizal Falconi (kiri) berusaha melewati hadangan pebasket Dewa United Surabaya Jamarr Andre Johnson (kanan) dalam pertandingan lanjutan Indonesia Basket League (IBL) 2022 di Hall Basket Senayan, kompleks Stadion Utam | Republika/Thoudy Badai

Olahraga

Satria Muda Pertahankan Standar Permainan

Satria Muda akan selalu tampil dengan permainan terbaik siapa pun lawannya.

JAKARTA -- Satria Muda Pertamina Jakarta sudah memastikan tiket playoff IBL Tokopedia 2022. Satria Muda memuncaki Divisi Merah dengan nilai 33, hasil 15 kemenangan dan tiga kali kalah.

Dengan menyisakan empat laga menghadapi lawan yang secara materi berada di bawahnya, sang juara bertahan IBL ini tidak akan menurunkan standar permainan mereka. Empat pertandingan yang akan dijalani tim yang bermarkas di Mahaka Arena Kelapa Gading, Jakarta, ini adalah Satya Wacana Salatiga (25/3), Bumi Borneo Basketball Pontianak (26/3), Pacific Caesar Surabaya (28/3), dan Tangerang Hawks Basketball pada 30 Maret.

Pelatih kepala Satria Muda Youbel Sondakh menegaskan, ia tetap akan menurunkan pemain terbaiknya sambil memperbaiki beberapa detail yang dinilainya masih kurang. Ia ingin para pemainnya tampil lebih baik lagi.

"Kalau itu sudah tercapai, baru rookie dimainkan. Sejauh ini kondisi tim masih 70 persen karena beberapa pemain belum menyatu, baik dari segi ofense dan defense," kata Youbel kepada Republika, Kamis (24/3).

Shooting guard andalan Satria Muda Sandy Ibrahim Aziz menambahkan, sebagai tim yang selalu menargetkan juara, Satria Muda akan selalu tampil dengan permainan terbaik siapa pun lawannya. Ia menegaskan, Satria Muda tidak menurunkan standar permainan. "Saya yakin kami bisa mempertahankan gelar juara," ujarnya.

Youbel melakukan rotasi pemain yang dimilikinya demi menjaga kebugaran tim. Saat ini, Anthony Erga masih dalam penyembuhan cedera engkel diparkit. Sementara, Kevin Yonas Sitorus yang sudah absen dua pekan kembali bermain saat Satria Muda menang telak 83-40 atas Bima Perkasa Jogja kemarin.

Youbel mengatakan, Erga mengalami cedera engkel, tapi kemungkinan masih bisa tampil pada sisa musim ini. Sementara, Kevin Yonas dinilainya belum kembali ke bentuk terbaik.

Youbel juga memantau persaingan di papan tengah untuk memperebutkan posisi akhir di klasemen. Sebab, tim-tim yang masih berjuang lolos kemungkinan bakal jadi lawan Satria Muda pada playof.

"Kami menunggu semuanya. Pastinya seru hingga pekan terakhir bersaing memperebutkan tiket playoff. Laga playoff juga pastinya akan seru," katanya.

Saah satu tim yang berjuang memburu tiket playoff dari Divisi Merah adalah West Bandits Solo. Meskipun berada tepat di bawah Satria Muda, West Bandits tercecer dalam perhitungan posisi klasemen secara keseluruhan jika digabung dengan tim-tim di Divisi Putih. West Bandits mengumpulkan nilai 28, hasil 10 kemenangan dan 8 kekalahan. Namun, tim asuhan Raoul Miguel Hadinoto ini tetap punya peluang besar lolos.

Hanya, West Bandits bertekad tidak sekadar lolos playoff, tetapi juga bisa finis di posisi terbaik. Minimal di posisi lima klasemen akhir gabungan divisi. Hal ini untuk menghindari lawan berat di putaran pertama playoff IBL 2022.

Hal itu diungkapkan asisten pelatih West Bandits Muflih Farhan usai timnya mengalahkan Tangerang Hawks dengan skor 77-58. Ia menegaskan ambisi West Bandits menyapu bersih empat laga sisa.

"Kami juga mau mengejar peringkat lebih baik, minimal mengejar posisi lima agar lawan nanti di playoff agak berimbang," kata Farhan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Satria Muda Pertamina (smpertamina)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat