Kesebelasan Ekuador bertanding menuju piala dunia Qatar | Youtube

Olahraga

Ekuador dan Uruguay Menuju Qatar

Ekuador mengantongi peluang terbesar untuk segera lolos mendampingi Brasil dan Argentina.

CIUDAD DEL ESTE -- Pertarungan memperebutkan tiket lolos langsung ke Piala Dunia dari zona Conmebol segera mencapai puncaknya. Setelah dua tiket diamankan lebih dulu oleh Brasil dan Argentina, dua jatah tersisa akan diperebutkan oleh Ekuador, Uruguay, dan Peru.

Boleh jadi, dua tim terakhir yang menyusul langsung Tim Samba dan Tim Tango ke Qatar akan dipastikan Jumat (25/3) pagi ini. Ekuador mengantongi peluang terbesar untuk segera lolos mendampingi Brasil dan Argentina.

Duduk di peringkat ketiga klasemen sementara, Ekuador unggul tiga poin dari Uruguay, yang bertengger di peringkat keempat, dan empat angka dari Peru yang menempati posisi kelima. Alhasil, tim besutan Gustavo Alfaro itu tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi dalam dua laga pamungkas penyisihan zona Amerika Selatan untuk bisa finis di empat besar, syarat mendapatkan tiket lolos langsung ke Piala Dunia 2022.

Kesempatan ini datang kala La Tri menyambangi markas Paraguay di Stadion Antonio Aranda, Ciudad del Este, Jumat pagi ini. Tambahan tiga angka akan membuat raihan poin Ekuador tidak mampu lagi dikejar oleh Uruguay dan Peru. Ekuador unggul head to head dari Uruguay dan menang poin dari Peru.

Pelatih La Tri, Gustavo Alfaro, tidak mau anak-anak asuhnya membuang waktu. Ia ingin mereka segera memastikan lolos lewat kemenangan pada laga ini. ''Kami tidak datang untuk menghibur penonton di sana. Tim ini sudah cukup layak untuk bisa melaju ke putaran final tanpa bergantung dengan hasil yang didapat tim lain,'' kata Alfaro seperti dilansir El Universo, Kamis (24/3).

Ekuador harus bisa mengakhiri babak kualifikasi ini dengan meyakinkan dan kembali tampil di Piala Dunia. Di atas kertas, Ekuador diprediksi bisa mencuri kemenangan. Selain tidak pernah kalah dalam tujuh laga terakhir pada semua ajang, La Tri juga menghadapi tim yang tengah terpuruk.

Berbanding terbalik dengan Ekuador, Paraguay tidak pernah sekalipun mencatatkan kemenangan dalam tujuh laga terakhir. Rentetan hasil buruk itu membuat Paraguay dipastikan gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022.

Namun, sebenarnya hasil kontra Paraguay tak berarti andai ada "pertolongan" dari Uruguay yang akan menjamu Peru di Stadion Centenario, Montevideo pada waktu yang bersamaan. Jika menang, Uruguay tak lolos sendirian, tapi otomatis membawa Ekuador ikut serta.

Penyerang Uruguay Luis Suarez menyebut laga kontra Peru menjadi salah satu yang terpenting sepanjang kariernya memperkuat La Celeste. "Pertaruhan pada laga ini sangat besar, yaitu peluang untuk kembali tampil di Piala Dunia,'' kata Suarez seperti dikutip Reuters.

Pernyataan penyerang berusia 35 tahun ini rasanya tidak berlebihan. Kemenangan pada laga ini akan membawa Uruguay menyelesaikan misi berlaga di Qatar lebih cepat. Sebaliknya, kekalahan pada partai ini bisa berujung terlemparnya Uruguay dari posisi lima besar klasemen sementara.

Bahkan, pengoleksi dua gelar juara Piala Dunia itu terancam gagal lolos ke Piala Dunia 2022 apabila gagal mendapatkan poin di laga ini dan harus menggantungkan nasib pada hasil tim lain pada laga pamungkas grup.

Modal Uruguay cukup besar untuk bisa memetik kemenangan pada laga ini. Bukan hanya soal keuntungan tampil di laga kandang, melainkan juga tren positif perempat finalis Piala Dunia 2018 itu. Kemenangan beruntun ditorehkan Luis Suarez dan kawan-kawan pada dua laga terakhir. Dua kemenangan ini sekaligus menjadi obat penawar kekecewaan Uruguay usai menelan empat kekalahan dari lima laga sebelumnya.

Penunjukan Diego Alonso untuk menggantikan Oscar Tabarez di kursi pelatih sejauh ini berbuah manis buat La Celeste. Alonso pun cukup optimis bisa mempertahankan laju kemenangan itu dan mengantarkan Uruguay berlaga di Piala Dunia 2022. Walaupun ia sadar Peru juga punya motivasi besar karena masih memiliki peluang lolos.

"Kami akan berusaha menerapkan gaya permainan kami, membawa pertandingan ke area terkuat kami, dan membuat Peru merasa tidak nyaman sepanjang laga,'' kata Alonso seperti dilansir El Pais.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol, Jumat (25/3) pagi WIB

Uruguay vs Peru              

Kolombia vs Bolivia         

Brasil vs Cile       

Paraguay vs Ekuador

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat