Pebasket NSH Mountain Gold Timika Shavar Tahrel Newkirk (kiri) mencoba melewati Pebasket Rans Pik David Liberty Nuban (kanan) dalam pertandingan lanjutan Indonesia Basket League (IBL) 2022 di Hall Basket Senayan, kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno ( | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.

Olahraga

Divisi Putih Dominasi Playoff IBL 2022

Setiap tim IBL masih akan memainkan 5-6 pertandingan lagi, kecuali Pacific menyisakan empat laga lagi.

JAKARTA -- Babak reguler IBL Tokopedia 2022 masih berlangsung. Hingga Selasa (22/3), 16 tim peserta IBL rata-rata telah memainkan 16 dan 17 pertandingan. Total pertandingan yang akan dimainkan setiap tim dalam babak reguler ini sebanyak 22 laga.

Angka ini didapat dari dua kali laga melawan tim yang satu divisi dan satu kali pertemuan dengan tim berbeda divisi. Itu artinya hingga kemarin, setiap tim IBL masih akan memainkan 5-6 pertandingan lagi, kecuali Pacific menyisakan empat laga lagi.

Sebanyak 15 tim, Indonesia Patriots tidak termasuk, akan memperebutkan delapan tempat untuk lolos ke babak playoff yang rencananya akan digelar usai perhelatan FIBA Asia Cup 2022, 12-24 Juli nanti.

Berdasarkan perhitungan Republika, hingga kemarin sudah tiga tim yang memastikan lolos babak playoff. Dua finalis musim lalu, Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta, plus Prawira Bandung. Satria Muda mengoleksi 31 poin dari 14 kemenangan dan tiga kekalahan. Pelita Jaya mengoleksi nilai 32, hasil dari 15 kali menang dan dua kali kalah.

Sementara, Prawira mengoleksi 29 poin, dari 13 menang dan tiga kalah, sebelum bertanding melawan RANS PIK Basketball. Ketiga tim ini sudah mengunci babak playoff IBL 2022, walaupun seandainya selalu kalah dalam sisa laga mereka.

IBL musim ini menerapkan formula baru. Tim-tim yang lolos playoff tidak dibagi berdasarkan jatah divisi, tetapi performa mereka pada babak reguler. Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah beberapa lalu menyampaikan kepada Republika kalau aturan ini sudah ditentukan jauh-jauh hari sebelum pembagian Divisi Merah dan Putih. Pembagian divisi pun melalui undian, tidak berdasarkan klasemen musim lalu.

"Kami selalu berkembang dan mendengarkan berbagai masukan. Setelah dipertimbangkan, kami akhirnya memutuskan untuk menggabungkan klasemen akhir untuk menentukan tim lolos playoff untuk memberikan rasa fair play," ujarnya.

General manager Amartha Hangtuah Jakarta Ferri Jupry menambahkan,  penggabungan klasemen ini mendapat dukungan dari peserta IBL karena lebih fair. "Ini sudah diputuskan sebelum pembagian divisi. Lebih fair karena delapan tim terbaik di reguler yang nantinya lolos ke babak playoff tanpa memandang divisi," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesian Basketball League (iblindonesia)

Tim dari Divisi Putih tampaknya akan mendominasi playoff. Selain Pelita Jaya dan Prawira, tim lainnya yang berpeluang besar lolos adalah NSH Mountain Gold Timika, Dewa United Surabaya, RANS PIK, hingga Amartha Hangtuah Jakarta. Sedangkan, Divisi Merah yang memiliki peluang adalah West Bandits Solo dan Bumi Borneo Pontianak.

Jika klasemen berakhir pada hari ini, Divisi Putih akan meloloskan enam wakilnya ke playoff, sedangkan Divisi Merah hanya dua. Kecenderungan ini bisa saja terjadi hingga akhir klasemen.

Pelatih Satria Muda Youbel Sondakh mengatakan, akan memanfaatkan sisa laga musim reguler untuk terus memperbaiki chemistry. Ia mengatakan, untuk mengincar pimpinan klasemen agak berat, tapi akan mencoba. "Waktu playoff masih cukup lama, jadi untuk pemain asing ada yang pulang, ada yang tinggal untuk jadi lawan sparring timnas Indonesia," ujar Youbel seusai kemenangan timnya 59-45 atas Indonesia Patriots, kemarin.

Menurut Youbel, pekan ini akan seru oleh perebutan tiket playoff. Menurut dia, musim ini persaingan sangat ketat. Namun, Youbel masih melihat Pelita Jaya, Prawira, dan Dewa United sebagai penantang kuat juara.

Dua tim yang tampil baik musim lalu dan sempat dijagokan ke playoff pada awa musim, Bali United dan Bima Perkasa Jogja, ternyata tampil tak sesuai harapan. Untuk Bima Perkasa, peluang ke babak playoff bahkan sudah tertutup.

Pelatih Bima Perkasa Jogja Kartika Siti mengatakan, musim ini persiapan timnya kurang maksimal. Selain itu, ada masalah cedera pemain asing. Hal ini membuat tim kebanggaan Kota Gudeg ini gagal menunjukkan penampilan terbaiknya. Ika masuk saat musim berjalan menggantikan pelatih Dean Murray.

"Masalah kedua, sekitar 11 laga kami tanpa pemain asing karena dua-duanya cedera dan beberapa pemain kunci kami juga bergantian cedera. Ini yang membuat kami tidak seperti musim lalu," ujar Ika.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Persib Buru Tiket Piala AFC

Pelatih Persib Robert Rene Alberts realistis, sulit bagi timnya juara Liga 1.

SELENGKAPNYA

Italia dan Portugal tanpa Amunisi Terbaik

Italia bertemu Makedonia Utara, sementara Portugal berhadapan dengan Turki.

SELENGKAPNYA