Karim Benzema dari Real Madrid, kiri, menantang bola dengan pemain Chelsea Antonio Rudiger pada pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di Stamford Bridge di London, Rabu, 5 Mei 2021. | AP/Alastair Grant

Olahraga

Tekad Real Madrid Melaju Kencang

Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti bisa saja mengubah sebagian besar skuad-nya setelah melakoni laga melelahkan melawan PSG.

MALLORCA -- Real Madrid akan berusaha memanfaatkan tren positif selalu menang dalam tiga laga terakhir di La Liga Spanyol ketika melawan Real Mallorca di Stadion Iberostar, Mallorca, Selasa (15/3) dini hari WIB.

Los Blancos mengincar kemenangan keempat sekaligus menjaga rival terdekat Sevilla merapat. Sebelum laga pekan ke-28 ini bergulir, Madrid unggul delapan poin dari Sevilla yang menghadapi Rayo Vallecano pada Ahad (13/3).

Skuad Madrid dalam kondisi siap memetik tiga angka. Ferland Mendy dan Casemiro sudah bisa kembali ke tim setelah menjalani skors akumulasi kartu kuning saat Madrid mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG), 3-1, pada leg kedua 16 besar Liga Champions, tengah pekan lau. Nacho, Eder Milito, dan Karim Benzema yang sedikit memiliki masalah fisik saat melawan PSG kemungkinan bisa diturunkan.

Toni Kroos bisa diistirahatkan jika tak ingin mengambil risiko. Pemain asal Jerman tersebut bermasalah dengan hamstring-nya baru-baru ini. Eduardo Camavinga dapat menjadi penggantinya di lini tengah. Marco Asensio diperkirakan akan tetap menjadi pilihan pelatih di lini serang mengalahkan Eden Hazard dan Gareth Bale.

Namun, pelatih Madrid Carlo Ancelotti bisa saja mengubah sebagian besar skuad-nya setelah pemain inti mereka melakoni laga melelahkan melawan PSG. Namun, keputusan itu juga akan berisiko mereka kehilangan poin penuh.

Madrid memiliki rekor tandang terbaik La Liga musim ini, yaitu mengumpulkan 29 poin dari 13 pertandingan. Kendati demikian, kali terakhir Madrid bertandang ke markas Mallorca pada pertandingan La Liga berakhir pahit. Los Blancos tumbang 0-1. Benzema tak mau cerita suram itu terulang.

“Ini La Liga, kami ingin mengambil poin. Kami memiliki keunggulan di puncak, tapi kami harus terus melaju,” katanya dikutip dari laman resmi klub, Ahad.

Mallorca tidak akan diperkuat Manolo Reina dan Rodrigo Battaglia karena skors. Sementara itu, Dominik Greif terkena Covid-19 dan Inigo Ruiz de Galarreta menderita cedera lutut. Pelatih Mallorca Luis Garcia kemungkinan akan melakukan perubahan besar dari starting XI yang diturunkan melawan Celta Vigo sebelumnya.

Mallorca kemungkinan akan beralih ke formasi 4-2-3-1 dari biasanya memakai 5-3-2. Mallorca memburu kemenangan guna menjauh dari zona degradasi. Mereka kini duduk di posisi ke-16 dengan hanya unggul dua poin dari zona degradasi. Mallorca menelan empat kali kekalahan berturut-turut dan yang terakhir kalah 4-3 dari Celta Vigo pada akhir pekan lalu. Secara keseluruhan, Mallorca menelan 13 kekalahan di La Liga musim ini.

Tekad menjauh dari zona degradasi menjadi alasan kuat Madrid agar tetap waspada terhadap kebangkitan tuan rumah. The Pirates yang finis di urutan kedua pada Divisi Segunda musim lalu akan berusaha tetap bertahan di kasta tertinggi sepak bola Spanyol berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 2013.

Sebelumnya Carlo Ancelotti menyebutkan dukungan dari suporter akan menjadi keuntungan untuk timnya ketika melawan PSG.Dikutip dari situs resmi klub, Ancelotti mengatakan skuad Real Madrid termotivasi untuk menampilkan yang terbaik ketika berlaga di hadapan publik Bernebeu.

"Saya tahu betul seperti apa Bernabeu dan kami bahkan lebih termotivasi. Kami tahu dengan sangat baik kami tidak sendirian pada laga ini karena seluruh Madridismo di belakang kami, menuntun kami ke depan, dan membuat kami lebih kuat lagi," ujar Ancelotti.

Ancelotti sudah mempersiapkan timnya untuk menjamu PSG dan kembali menegaskan semua pemain termotivasi. Hal itu merupakan sesuatu yang penting dari sudut pandang seorang pelatih. Skuad Madrid tampil penuh percaya diri karena atmosfer yang ada di Santiago Bernabeu berada di pihaknya. Para pemain telah terbiasa dengan situasi tersebut.

Sebelum melawan PSG, Madrid telah mengamankan kemenangan 4-1 atas Real Sociedad pada pekan ke-27 Liga Spanyol. Hal ini menjadi motivasi pada laga menghadapi Les Parisiens. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Carlo Ancelotti (mrancelotti)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat