Pebasket NSH Mountain Gold Timika Shavar Tahrel Newkirk (kiri) mencoba melewati Pebasket Rans Pik David Liberty Nuban (kanan) dalam pertandingan lanjutan Indonesia Basket League (IBL) 2022 di Hall Basket Senayan, kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno ( | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.

Olahraga

NSH Mountain Gold Timika Kokoh di Puncak D

Kekuatan NSH akan lebih menakutkan jika Mike Glover sudah bergabung.

JAKARTA -- SH Mountain Gold Timika kokoh di puncak klasemen divisi putih Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Meskipun hingga kini, mereka masih hanya diperkuat satu pemain asing, yakni Shavar Newkirk. Satu pemain andalan mereka, Mike Glover, juga belum memperkuat tim.

Setelah mengalahkan Dewa United Surabaya melalui overtime dengan skor tipis 66-65 dalam laga Kamis (10/3) di Gedung Basket Senayan Jakarta, NSH mendapat tambahan dua poin. Kini, total NSH telah mengoleksi 20 poin hasil dari sembilan kali menang dan dua kali menelan kekalahan.

Di bawah asuhan Anthony Garbelotto musim ini, NSH menjelma menjadi kekuatan yang menakutkan. Selain faktor Newkirk yang saat ini menjadi top skorer IBL, sejumlah pemain lokal NSH juga meningkat permainannya. Kekuatan NSH pastinya akan lebih menakutkan jika big man asing mereka, Mike Glover, sudah bisa bergabung.

Dewa United yang pada laga sebelumnya berhasil mengalahkan Satria Muda sebenarnya mendominasi dua kuarter awal. Kaleb Ramot Gemilang dkk memimpin 19-14 pada akhir kuarter satu dan 35-30 akhir kuarter dua. NSH bangkit berbalik unggul 47-45 di akhir kuarter tiga. Kedua tim harus memainkan babak overtime setelah akhir kuarter empat skor sama kuat 60-60. NSH akhirnya menang tipis 66-65.

"Sejauh ini tim kami tidak baik-baik saja seusai kehilangan beberapa pemain inti. Kami melihat Dewa United dengan kekuatan lebih baik mereka mengalahkan Satria Muda dan kami berusaha melakukan yang terbaik dalam laga ini. Saya merasa semua pemain saya bermain baik sepanjang laga dan merasa efektif bermain dan kami bisa bermain dengan kondisi baik," ujar Garbelotto seusai laga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mike Glover (mikegloverbasketball)

Hengki Infandi yang mencetak double-double 10 poin dan 10 rebound pun sangat senang dengan hasil ini. "Pertandingan yang ketat, mereka memang siap, tapi kami lebih siap. Target saya kalau bisa menjadi yang lebih baik lagi, pencapaian pribadi tidak terlalu berpengaruh, yang saya inginkan untuk menjadi juara," ujanya.

Mengomentari pemain asingnya, pebasket asal Papua ini mengungkapkan, Shavar sangat berpengaruh di tim. Sosok itu, kata dia, memberi seluruh pemain semangat dalam bermain. 

"Tidak hanya dia saja yang poin, tapi juga memberikan kepada kami. Sejauh ini kami berharap Glover cepat datang agar senjata kami bertambah lebih banyak," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Kepala Dewa United Surabaya Andika Saputra atau yang karib disapa Coach Bedu menyoroti akurasi tembakan tiga angka para pemainnya pada laga ini. Para shooter Dewa United Surabaya memang tak mampu berbuat banyak saat mengandalkan tripoin untuk mendulang angka.

"Hari ini tripoin kita tidak berjalan bagus. Dari 27 kali percobaan, cuma tiga yang masuk, cuma 11 persen, itu salah satunya. Biasanya tripoinnya bisa lebih bagus lagi, harusnya seperti game-game sebelumnya," kara Coach Bedu.

Padatnya jadwal pertandingan dalam gelembung IBL 2022 ini pun, menurut Coach Bedu, cukup berpengaruh pada persiapan tim. Mengingat kurang dari 24 jam sebelumnya, Dewa United Surabaya baru saja bertanding melawan Satria Muda, Rabu (9/3).

"Berpengaruh pastilah, tidak mungkin tidak ada pengaruh (jadwal padat). Kita kan sebelum 24 jam sudah bermain lagi. Jadinya memaksimalkan yang ada saja sih. Mengakalinya dengan istirahat dan makan yang cukup. Itu saja sih kuncinya," kata Coach Bedu. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat