Para pemain Barcelona di Camp Nou. | EPA-EFE/Quique Garcia

Olahraga

Langkah Awal Barcelona

Barca dalam kondisi percaya diri menjelang pertemuan dengan raksasa Turki.

KATALUNYA -- Barcelona akan menyambut raksasa sepak bola Turki Galatasaray dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa di Stadion Camp Nou, Jumat (11/3) dini hari WIB. Ini langkah awal Blaugrana mengukir kejayaan di kompetisi kelas dua di Eropa tersebut yang “asing” bagi mereka.

Barcelona lolos dari play-off Liga Europa setelah menyingkirkan Napoli dengan agregat 5-3. Mereka bermain meyakinkan di leg kedua yang berlangsung di Camp Nou, meraih kemenangan 4-2 setelah bermain imbang 1-1 di kandang Napoli.

Menjamu Galatasaray, Barcelona tak bisa menurunkan beberapa pemain pentingnya. Gelandang muda Gavi terkena larangan tampil satu pertandingan karena menerima tiga kartu kuning di kompetisi Europa. Ansu Fati, Sergi Roberto, Samuel Umtiti, dan Alejandro Balde tetap absen karena cedera.

Kendati demikian, pelatih Barcelona Xavi Hernandez tampak tak punya kekhawatiran ketika timnya meraih kemenangan 2-1 atas Elche dalam pertandingan terakhir di La Liga, akhir pekan kemarin. Ferran Torres dapat menjadi pengganti Gavi. Sergino Dest diperkirakan akan mengisi posisi bek kanan karena Dani Alves tak diikutsertakan di Liga Europa.

Barcelona punya modal positif menjelang bertemu Galatasaray. Blaugrana mencatatkan delapan rekor kemenangan di semua kompetisi sejak menelan kekalahan dari Athletic Bilbao di Copa del Rey Januari lalu. Barcelona pun hanya menelan dua kekalahan dalam 35 pertandingan terakhir di fase gugur di Eropa.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez percaya diri dengan kekuatan pasukannya setelah meraih empat kemenangan berturut-turut di semua kompetisi. Xavi tak perlu khawatir meski harus berlaga di kompetisi asing bagi juara Liga Champions lima kali tersebut. Pasalnya, ada Pierre-Emerick Aubameyang cukup akrab dengan Liga Europa saat masih bersama Arsenal.

Penampilan pemain internasional Gabon tersebut juga cukup baik. Aubameyang dan Torres mengumpulkan tujuh gol dalam lima pertandingan terakhir. Karena itu, Xavi tampak optimistis menatap laga melawan Galatasaray.

“Kami memiliki empat kemenangan berturut-turut dan ini sudah lama tidak terjadi. Para pemain percaya pada apa yang kami lakukan. Kami berada di jalur yang benar,” ujar Xavi akhir pekan kemarin, dilansir dari France24.

Galatasaray menuju ke Katalunya dengan perasaan kurang baik. Mereka terpaksa harus mengganti Fatih Terim dengan Domenec Torrent sebagai pelatih. Itu dilakukan karena Galatasaray menelan lima kekalahan secara beruntun di kompetisi domestik. Setelah menjalani empat pertandingan Liga Super Turki pada bulan Februari tanpa kekalahan, Galatasaray menelan kekalahan 2-0 dari Konyaspor.

Galatasaray sejatinya punya mantan pemain Barcelona Arda Turan untuk dimintai pendapat tentang kekuatan Barcelona. Namun, dia dikabarkan tak akan kembali ke Camp Nou karena tak dimasukkan ke dalam tim, sebagaimana dilansir Football Espana.

Ada laporan faktor kebugaran yang menyebabkan dia tak diikutkan ke dalam skuad Galatasaray yang berkunjung ke Spanyol. Namun, menurut surat kabar yang berbasis di Barcelona, tak adanya nama Turan karena ada nuansa politik. Turan dilaporkan mendukung Fatih Terim yang dipecat klub. Dia menghadiri acara farewell dinner dengan Terim pada malam sebelum Galatasaray menghadapi Goztepe.

Situasi itu jelas sangat merugikan bagi Galatasaray ketika akan menghadapi salah satu tim tersukses di Eropa, Barcelona. Oleh karena itu, mereka membutuhkan keajaiban untuk membawa poin penuh dari Katalunya. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FC Barcelona (fcbarcelona)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat