Suasana Masjid Raya Sumbar di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/11/2021). | Republika/Yogi Ardhi

Ekonomi

Sucofindo Bantu Pengembangan Pariwisata Halal Sumatra Barat

Sucofindo ditunjuk BPJPH sebagai lembaga pemeriksa halal.

JAKARTA -- PT Sucofindo (Persero) mendukung Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dalam mengembangkan sektor pariwisata halal. Direktur Komersial Sucofindo Darwin Abas mengatakan, Sumatra Barat merupakan salah satu provinsi yang ditargetkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjadi pusat industri halal di Tanah Air.

“Kami berharap, ke depan, peluang-peluang kerja sama antara Sucofindo dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dapat membantu upaya percepatan Sumatra Barat sebagai salah satu pusat industri halal di Indonesia,” ujar Darwin dalam keterangan resmi, Senin (7/3).

Menurutnya, potensi sektor pariwisata halal ke depan masih sangat besar. Berdasarkan riset Master Card dan Crescent Rating tentang Global Muslim Travel Index, terdapat potensi wisata Muslim sebanyak 270 juta orang pada 2026.

“Oleh sebab itu, sektor pariwisata halal di Sumatra Barat harus dikembangkan lebih baik dan dioptimalkan lagi sehingga wisatawan, baik domestik maupun mancanegara bisa masuk,” ucapnya.

Sucofindo telah ditunjuk oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama sebagai lembaga pemeriksa halal (LPH) dan memiliki laboratorium untuk melakukan pengujian halal. Selama ini, Sucofindo telah menjalin kerja sama di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dalam berbagai bidang, antara lain, sertifikasi halal, sertifikasi sistem manajemen mutu, sertifikasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3), kajian dan sertifikasi peralatan, serta kajian lingkungan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT SUCOFINDO (sucofindoofficial)

Anggota holding BUMN jasa survei tersebut berkomitmen meningkatkan kualitas layanan jasa dalam kerja sama bisnis. Peluang-peluang bisnis yang masih terbuka, yakni pengembangan kerja sama bidang monitoring lingkungan, kajian lingkungan, pelatihan halal, serta sertifikasi halal.

Darwin menyebut, potensi pariwisata halal di Sumatra Barat didukung dengan prestasi yang telah diraih dalam World Halal Tourism Award 2016 yang dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Sumatra Barat berhasil mendapatkan tiga penghargaan di bidang destinasi halal, kuliner, serta tur dan travel.

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah membentuk tim percepatan industri halal. Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah menyampaikan, pemerintah provinsi bersama dengan pemerintah kabupaten dan kota di Sumatra Barat akan berkolaborasi dengan Sucofindo dalam pengembangan wisata halal dan ekonomi syariah.

“Adanya kerja sama dengan Sucofindo tentu akan mempercepat langkah-langkah yang sudah kita lakukan dalam pengembangan wisata halal dan ekonomi syariah serta industri halal,” tuturnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat