Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kiri) meninjau pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Booster di klinik Kimia Farma, Radio Dalam, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Menteri BUMN mengatakan sebanyak 350 klinik Kimia Farma siap melayani vaksinasi booster guna memper | ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

Ekonomi

Erick Thohir Sambut Positif Langkah Akuisisi ASDP

Erick Thohir menilai, akuisisi tersebut kian memantapkan posisi ASDP sebagai operator dengan armada terbesar di Indonesia, bahkan dunia.

 

JAKARTA  — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengakuisisi PT Jembatan Nusantara (JN). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, langkah ASDP tersebut merupakan momentum bersejarah bagi industri penyeberangan Indonesia.

Erick menyambut positif penandatanganan sales purchasement agreement (SPA) Jembatan Nusantara antara ASDP dan PT Mahkota Pratama dan PT Indonesia VIP selaku pemilik saham Jembatan Nusantara.

"Ini salah satu wujud transformasi yang dilakukan ASDP menjadi operator pelayanan transportasi publik yang andal dan mumpuni, terutama dalam memberikan pelayanan terbaik di seluruh Indonesia," kata Erick dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (3/3).

Sebagai negara kepulauan, peningkatan fasilitas dan pelayanan dari industri perkapalan, pelabuhan, ataupun penyeberangan, merupakan sebuah keharusan. Hal ini selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam peningkatan akses layanan penyeberangan.

Erick menilai, akuisisi tersebut kian memantapkan posisi ASDP sebagai operator dengan armada terbesar di Indonesia, bahkan dunia. Melalui akuisisi tersebut, ASDP mendapatkan tambahan 53 unit armada dan mengoperasikan 6 lintasan Long Distance Ferry (LDF) sehingga total armada ASDP kini mencapai 219 unit kapal.

"Kita berharap akuisisi ini tak sekadar menambah portofolio perusahaan, melainkan juga mampu meningkatkan daripada kontribusi ASDP kepada negara, dan utamanya untuk masyarakat,” kata Erick.

Erick mengatakan, akuisisi merupakan salah satu langkah transformasi ASDP menuju initial public offering (IPO) atau penawaran umum saham perdana pada tahun ini. Dengan go public, menurut Erick, ASDP akan mendapatkan pendanaan untuk melakukan investasi atau memperbaiki armada kapal penyeberangan. 

Hal ini mengingat rata-rata usia kapal ASDP sudah cukup tua dan berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jasa. "Saya selalu menekankan ASDP untuk tetap menjaga standardisasi keselamatan dan pelayanan yang prima kepada seluruh pengguna jasa,” kata Erick.

Erick juga meminta ASDP tetap meneruskan inovasi, seperti yang telah dilakukan dalam layanan pembelian tiket feri berbasis daring, yakni Ferizy. Ia mengapresiasi layanan Ferizy yang merupakan bentuk transformasi digitalisasi ASDP dalam memberikan kemudahan kepada pengguna jasa penyeberangan untuk melakukan reservasi dan pembelian tiket secara daring.

"Tantangan disrupsi saat ini dan ke depan harus diantisipasi oleh ASDP dengan terus mengedepankan inovasi dan teknologi,” kata Erick menambahkan.

Sekretaris Perusahaan ASDP Shelvy Arifin mengatakan, akuisisi Jembatan Nusantara ini telah melalui proses panjang, yang diawali dengan kerja sama usaha selama dua tahun. Proses ini, termasuk due dilligence telah melibatkan lembaga internasional dan nasional serta para stakeholder demi memastikan semua proses telah sesuai dengan prinsip good corporate governance.

Shelvy menyampaikan, melalui akuisisi ini diharapkan ASDP dapat terus berkembang secara anorganik, menjadi pemimpin pasar serta memberikan kontribusi untuk melayani transportasi Indonesia lebih baik dengan semangat "Bangga Menyatukan Nusantara".

Langkah ASDP mengakuisisi perusahaan feri swasta merupakan inisiatif strategis sebagai bagian dari rencana jangka panjang perusahaan tahun 2020-2024. Khususnya dalam pengembangan jasa manajemen dan operator kapal feri yang akseleratif khususnya dalam penambahan armada serta mendorong pertumbuhan perusahaan yang agresif menuju IPO.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat