Tim TRC Kota Yogyakarta usai memakamkan jenazah dengan protokol kesehatan Covid-19 di Makam Jati Terban, Yogyakarta, Jumat (18/2/2022). | Wihdan Hidayat / Republika

Nasional

Dua Tahun Pandemi

Kasus kematian akibat Covid-19 terus meningkat.

JAKARTA - Sudah dua tahun lamanya pandemi Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini, pemerintah dan masyarakat telah melewati beberapa gelombang pandemi Covid-19 dari 2020 dengan gelombang varian alpha, delta pada 2021 dan penyebaran varian omikron Januari 2022.

Direktur Pascasarjana Universitas Yarsi, Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, saat ini Indonesia kembali amat berduka karena pada Rabu (2/3) lalu ada 376 pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Meskipun angka tersebut jauh lebih rendah daripada waktu delta, tapi sekian ratus meninggal setiap hari, menurut Tjandra, perlu dapat perhatian.

"Apalagi, kalau kita lihat waktu delta, tadinya angka kematian 27 Mei 2021 adalah 136 orang dan lalu naik menjadi 2.069 wafat pada 27 Juli 2021. Jadi di delta angka kematian naik sekitar 15 kali lipat dalam dua bulan. Nah, pada omikron ini, pada 3 Januari 2022 yang meninggal 5 orang dan Kamis (3/3) 376 orang, sudah naik 75 kali dalam dua bulan juga," kata Tjandra dalam keterangan, Kamis (3/3).

Alangkah baiknya, lanjut dia, pemerintah terus mengkaji mengapa angka kematian omikron tetap tinggi dan kenaikan angka kematian ini terjadi dalam kurun dua bulan. Kenaikan angka kematian ini pun terjadi saat varian delta, meskipun angka total kematian omikron memang lebih rendah dari delta.

photo
Petugas pemikul jenazah mengenakan alat pelindung diri (APD) menggotong peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Cikadut, Mandalajati, Kota Bandung, Rabu (23/2/2022). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Berdasarkan data dunia yang dikompilasi John Hopkins University per Selasa (1/3), Indonesia berada di urutan ketiga teratas dalam angka fatalitas yang disebut “Observed Case Fatality Ratio”. Angka ini menunjukkan dari setiap 100 kasus Covid-19 di negara itu maka berapa banyak yang meninggal. Hal ini menunjukkan dampak penyakit terhadap terjadinya kematian di masing-masing negara.

"Kita tertinggi ke tiga di dunia dengan angka fatalitas “Observed Case Fatality Ratio” sebesar 2,7 persen di bawah Peru dan Meksiko. Negara Asia lain peringkatnya jauh lebih rendah, yaitu India dan Vietnam di urutan 12 di mana 1,2 psersen kasus Covid-19 nya yang meninggal, dan Jepang di urutan ke 20 dengan 0,5 persen," ungkapnya.

Ukraina peringkat keenam dengan 2,2 persen dan Rusia peringkat ketujuh dengan kematian 2,1 persen akibat Covid-19. Ia menekankan, akan amat baik kalau kematian di hari-hari ini dapat lebih terkendali, walaupun jumlahnya memang jauh lebih kecil daripada waktu delta.

Ahli epidemiologi Universitas Andalas Defriman Djafri juga mengatakan 3T (pengujian, pelacakan kontak, dan pengobatan) dan program vaksinasi Covid-19 harus terus ditingkatkan setelah dua tahun pandemi Covid-19. Defriman mengatakan, 3T dan vaksinasi bertujuan untuk meminimalkan risiko dalam upaya pengendalian dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Dua program itu harus dilakukan beriringan.Ketika ada yang positif Covid-19, pelacakan kontak dan pengujian harus dilakukan dengan cepat untuk menemukan kemungkinan penularan yang menyebar, sehingga bisa langsung dilakukan isolasi,” kata Defriman.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pembelajaran pandemi Covid-19 selama dua tahun ini sangat banyak. Menurutnya, peran penting masyarakat untuk membantu pemerintah menangani pandemi.

“Perjuangan kita belum selesai dan kita tidak boleh patah semangat. Sudah banyak keberhasilan yang kita peroleh selama dua tahun ini, namun kami masih butuh bantuan dan dukungan masyarakat,” kata Nadia.

Kematian meningkat

Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mendata selama Februari 2022 kasus kematian akibat Covid-19 mencapai 32 orang. Sedangkan penambahan kasus konfirmasi pada periode yang sama mencapai 3.964 kasus.

photo
Tim TRC Kota Yogyakarta memakamkan jenazah dengan protokol kesehatan Covid-19 di Makam Jati Terban, Yogyakarta, Jumat (18/2/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

“Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon pada Februari 2022 juga mengalami peningkatan yang cukup tajam, di mana pada awal bulan kasus aktif di daerah itu hanya 62 orang. Sedangkan pada akhir Februari kasus aktif mencapai 1.675 orang dengan 266 orang menjalani perawatan dan 1.409 orang menjalani isolasi mandiri,” kata Kepala Seksi Imunisasi dan Surveilans Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Dendi Hamdi.

Di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya mencatat belasan penambahan kasus meninggal dunia sejak awal Januari hingga Februari 2022. "Ada 12 pasien yang telah meninggal dunia selama tahun ini," kata Humas Satgas Penanganan Covid-19 RSUD Praya dr Yuda Permana.

Di Sulawesi Utara, akumulasi warga yang meninggal setelah terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat menjadi 1.101 orang. "Hari ini bertambah sembilan kasus meninggal dengan angka kematian 2,2 persen," kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, dr Steaven P Dandel. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat