Pemain Chelsea Timo Werner (kanan) membawa bola dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/ALI HAIDER

Olahraga

22 Feb 2022, 09:02 WIB

Adu Gengsi Juara Bertahan Chelsea Vs Kuda Hitam LOSC Lille

Chelsea mengantongi modal positif dengan baru mengamankan kemenangan atas Crystal Palace.

LONDON -- Juara bertahan Chelsea akan menjajal kekuatan tim kuda hitam LOSC Lille pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 yang berlangsung di Stadion Stamford Bridge, Rabu (23/2) dini hari WIB nanti.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, the Blues jelas tak boleh terpeleset. Kemenangan di Stamford Bridge akan menjadi modal untuk melakoni partai kedua saat berkunjung ke kandang Lille di Prancis.

Menjelang pertandingan, Chelsea mengantongi modal positif dengan baru mengamankan kemenangan atas Crystal Palace pada lanjutan Liga Primer Inggris akhir pekan kemarin. Pelatih Thomas Tuchel pun mengakui pentingnya kemenangan atas rival sekota tersebut, mengingat hasilnya dapat menyuntikkan motivasi para pemain ketika menjamu kampiun Liga Prancis musim lalu.

"Itu bagus karena dengan kemenangan Anda bisa menatap laga selanjutnya dengan penuh kepercayaan diri dan bisa berpikir lebih tenang serta tak perlu khawatir," kata Tuchel, dilansir laman resmi Chelsea, Senin (21/2).

Tuchel memang harus memutar otak untuk merotasi para pemain karena Chelsea tengah memasuki periode padat di paruh kedua kampanye tahun ini. Meski demikian, pelatih asal Jerman itu tak ingin anak asuhnya merasakan tekanan. Ia menyebut the Blues sudah terbiasa dengan situasi dan kondisi itu.

"Kami menuntut diri kami sendiri untuk bisa berfokus di setiap pertandingan tanpa memikirkan hal lain. Kami membutuhkan performa terbaik pada laga melawan Lille," sambung dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ministério do Futebol (ministeriodofutebol)

Belum lama ini, Chelsea sukses menjuarai Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Al Hilal di semifinal dan Palmeiras di final. The Roman Emperor saat ini juga menjadi finalis Piala Carabao serta berada di babak 16 besar Piala FA. Performa bagus itu tentu ingin mereka lanjutkan saat menghadapi Lille.

Salah satu persoalan yang dihadapi Tuchel pada laga nanti adalah cedera beberapa pemain mereka, yakni Cesar Azpilicueta dan Callum Hudson-Odoi. Selain itu, Tuchel belum bisa memastikan kedua pemain tersebut dan Mason Mount akan memulai laga melawan LOSC Lille sejak menit awal pertandingan.

"Kami terus mengevaluasi Azpilicueta dan Callum. Namun, Callum masih merasakan sakit di sekitar achilles. Sementara itu, Mount akan sangat sulit diturunkan sejak awal," kata dia.

Dari kubu Lille, mereka tengah berada dalam kondisi kurang maksimal karena perjalanan yang kurang memuaskan di Ligue 1 musim ini. Terlebih, mereka baru saja menelan hasil imbang tanpa gol melawan tim degradasi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chelsea FC (chelseafc)

Pelatih Jocelyn Gourvennec mengaku kurang puas dengan hasil terakhir yang didapatkan timnya. Meski begitu, ia menegaskan, Renato Sanches dan kawan-kawan bakal tampil maksimal ketika berkunjung ke London Barat.

"Saya tidak merasa baik pekan ini, sebab kami akan menghadapi tim berat Chelsea. Namun, saya tidak melihat para pemain tertunduk menjelang lawatan ke London," kata Jocelyn Gourvennec, dikutip laman resmi klub.

Praktis, evaluasi jelas harus dilakukan Jocelyn Gourvennec karena melawan Chelsea akan memberikan mereka kesulitan lebih besar. "Terlepas dari hasil kemarin, saat ini kami benar-benar bersemangat melawan Chelsea. Kami ingin bermain dengan tujuan kami dan membawa hasil terbaik."

Lille dilaporkan bakal tanpa Orestis Karnezis yang absen di laga ini. Di sisi lain, Lille juga tak bisa mengandalkan lima pemain yang tidak didaftarkan di fase gugur Liga Champions, yaitu Yusuf Yazici, Cheikh Niasse, Reinaldo Mandava, dan Rocco Ascone. 

photo
Pesepekbola LOSC Lille Mathieu Debuchy (kiri) di Lille Metropole Stadium di Villeneuve dAscq, dekat Lille, 14 September, 2011. REUTERS/Pascal Rossignol (FRANCE - Tags: SPORT SOCCER) - (X00234)
';
×