Sejumlah kru MotoGP berada di area pit box di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). | ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Nasional

15 WNA Positif Saat Tes Pramusim Mandalika

Penerapan sistem bubble akan ditingkatkan di kawasan hotel tempat kru pembalap menginap.

JAKARTA -- Ajang tes pramusim MotoGP di Mandalika sudah berlalu. Berdasarkan hasil monitoring ditemukan 15 kasus positif Covid-19 dalam bubble Mandalika.

"Sementara dari segi official, jurnalis, vendor termonitor 15 warga negara asing (WNA) positif, tapi tidak bergejala. Saat ini sedang diisolasi," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa Bali, Senin (14/2).

Ia mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan pramusim MotoGP di KEK Mandalika berlangsung aman dan lancar tanpa kendala signifikan. Saat ini, pemerintah sedang menggencarkan vaksinasi di Pulau Lombok.

Untuk Mataram, capaian vaksinasi dosis pertama sudah lebih dari 114 persen, vaksin kedua 81, 4 persen, Lombok Tengah vaksin pertamanya 90,82 persen dan juga vaksin kedua 68 persen. "Secara keseluruhan di NTB 90,26 persen dan vaksin kedua 61,4 dan ini akan terus ditingkatkan sampai menuju MotoGP di bulan Maret nanti," katanya.

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengatakan. sistem bubble untuk MotoGP 18-20 Maret 2022 memiliki kesamaan dengan tes pramusim. "Tidak berbeda sebenarnya dengan tes pramusim kemarin, sistem travel bubble kita terapkan mulai dari keberangkatan, di hotel, dan paddock area," kata Hadi.

photo
Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Ahad (13/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Nantinya hanya akan ada peningkatan pengamanan dari penerapan sistem bubble khususnya di areal paddock pembalap. "Karena yang ikut nanti dari kru itu jumlahnya bertambah dari pramusim, dari 500 jadi 2.500 orang," ujarnya.

Hadi menyampaikan bahwa penerapan sistem bubble juga akan ditingkatkan di kawasan hotel tempat para kru pembalap menginap. "Tentu hal ini nantinya akan kami laksanakan bersama TNI, Polri, untuk jumlahnya akan kita koordinasikan kembali," ucap Hadi.

Tidak lupa dengan objek wisata maupun tempat yang bisa disinggahi para kru dan pembalap MotoGP., Hadi memastikan bahwa pihaknya sudah siap memperluas jangkauan dengan tetap menerapkan sistem bubble.

"Teknisnya kita buatkan panel-panel atau lorong dari hotel atau sirkuit langsung ke objek wisata. Kita sudah monitor mana (objek wisata) yang bagus dan pantas untuk mereka singgah," katanya.

photo
Pembalap Pramac Racing Johann Zarco menyapa penonton seusai tes pramusim MotoGP 2022 hari terakhir di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (13/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Kepala Polda NTB Inspektur Jenderal Polisi Djoko Poerwanto menambahkan, bubble untuk para kru dan pembalap tetap akan didahulukan dengan tahapan karantina. "Pastinya ada penyempurnaan dari tes pramusim kemarin. Pada intinya bagaimana nanti mereka bisa menikmati balap dengan sistem travel bubble. Tidak ada perasaan berbeda dengan biasanya, itu teknisnya akan kita bahas lanjutan," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu M Faozal mengatakan, 97 unit kendaraan roda empat jenis minibus siap mengangkut penonton MotoGP 2022 menuju Sirkuit Mandalika dari dua area pelabuhan di Kabupaten Lombok Barat, yakni Pelabuhan Lembar dan Gili Mas. "Dari 181 shuttle bus jenis makro (minibus), 97 kami siapkan untuk pengangkutan penonton di Pelabuhan Lembar dan Gili Mas," kata Lalu M Faozal usai mengikuti rapat koordinasi persiapan MotoGP Mandalika 2022 di kantornya, Mataram, Senin.

Penempatan armada di salah satu koridor masuk menuju kawasan Sirkuit Mandalika ini menjadi yang terbanyak di antara lima titik. Pertimbangannya, melihat dari rencana pergerakan penonton yang akan tiba melalui dua gerbang masuk Pulau Lombok. "Karena di situ juga akan ada hotel terapung dua unit, kemudian ada pergerakan kapal dari wilayah Benoa, Bali, dan juga kapal pesiar sekitar 600 unit," ujarnya.

photo
Warga menonton jalannya tes pramusim MotoGP 2022 hari terakhir dari perbukitan di sekitar Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (13/2/2022). - (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Sedangkan untuk kapal pesiar (cruise ship) yang akan mendukung kapasitas kamar inap para penonton MotoGP, kehadirannya belum bisa dipastikan. "Untuk cruise ship itu mahal. Jadi belum selesai, berapa yang harus disubsidi pemerintah karena mereka harus kosong bergerak ke sin. Mereka minta 35 ribu dolar AS, itu biaya datang," ucap dia.

Namun jika pemerintah mampu menghadirkan kapal pesiar sebagai penambah kapasitas kamar inap, Faozal memastikan bahwa armada angkut di titik tersebut bisa menopang pergerakan para penonton MotoGP menuju Sirkuit Mandalika. "Sebanyak 97 unit itu bisa topang angkut dari sana, nantinya kan ada ASK (angkutan sewa khusus) yang kita gerakkan juga," katanya.

Untuk saat ini, kesiapan ASK sudah mencapai 2.000 unit lebih. Namun demikian, pendataan dari kendaraan angkut para pelaku usaha perjalanan itu masih dalam proses ram check yakni pengecekan untuk memastikan kelayakan operasi.

Faozal menjelaskan, secara keseluruhan pihaknya menyiapkan 278 unit shuttle bus yang terdiri dari 27 unit bus ukuran besar, 70 unit bus ukuran medium, dan 181 unit ukuran minibus. "Jadi 278 unit itu sudah semua dari bantuan, free untuk penonton dan ini jumlah sudah final. Tinggal kita kuatkan dari dukungan ASK," katanya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat