Pemain Manchester United Scott McTominay menendang bola dalam sebuah pertandingan melawan Chelsea di Stadion Stamford Bridge London, November 2021 | AP/Kirsty Wigglesworth

Olahraga

Misi Penting Iblis Merah MU di Markas Burnley

MU harus berhadapan dengan Burnley, Southampton, Brighton & Hove Albion, dan Leeds United sebelum melawan Atletico Madrid.

BURNLEY -- Manchester United  (MU) mengemban misi mencatatkan tiga kemenangan berturut-turut di Liga Primer Inggris ketika bertandang ke markas Burnley dalam pekan ke-24 Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Rabu (9/2) dini hari WIB.

Kemenangan menjadi hal penting bagi Iblis Merah demi mengamankan posisi mereka di urutan keempat, mengingat mereka hanya berselisih satu angka dari tim peringkat kelima West Ham United.

Pada dua laga terakhir, MU menang atas West Ham dengan skor 1-0. Hasil positif tersebut yang membuat MU naik ke urutan keempat. United juga meraih kemenangan 3-1 atas Brentford. 

Namun, perjalanan MU ke Burnley bermodal luka kekalahan dari Middlesbrough di putaran keempat Piala FA yang membuat mereka tersingkir melalui babak adu penalti.

Dengan tersingkirnya MU dari Piala FA, harapan mengangkat trofi saat ini hanya ada di Liga Champions. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akan menjalani laga pada babak 16 besar. Meski demikian, finis di empat besar Liga Primer Inggris musim ini juga tak kalah penting agar mendapatkan tiket Liga Champions musim depan. Oleh karena itu, membawa pulang poin penuh dari kandang Burnley pun sebuah keharusan.

MU harus berhadapan dengan Burnley, Southampton, Brighton & Hove Albion, dan Leeds United sebelum melawan Atletico Madrid di fase gugur Liga Champions. Mereka harus fokus terlebih dahulu ke Liga Primer Inggris untuk mengamankan posisinya. MU sendiri terancam merosot ke posisi tujuh atau lebih ke bawah lagi jika gagal meraih poin penuh karena jarak yang sangat tipis dengan tim peringkat kelima hingga tujuh.

Dilansir dari Sportsmole, Senin (7/2), pelatih sementara MU Ralf Rangnick kemungkinan besar akan melakukan perubahan besar. Beberapa pemain yang tak dimainkan ketika melawan Middlesbrough diperkirakan akan masuk ke dalam starter. David de Gea, Alex Telles, Fred, dan Anthony Elanga semuanya kemungkinan akan kembali ke starting XI.

photo
Pemain Manchester United Aaron Wan-Bissaka (kiri), dan pemain Young Boys Michel Aebischer berebut bola di Stadion Old Trafford Manchester, Desember 2021.. - (AP/Dave Thompson)

Cristiano Ronaldo meski gagal mengeksekusi penalti kala melawan Middlesbrough akan tetap memimpin lini depan MU. Adapun Elanga diperkirakan akan menggantikan Jadon Sancho dan Fred menggantikan Paul Pogba. Victor Lindelof diragukan tampil karena sakit, sedangkan Eric Bailly mengalami masalah pada pergelangan kakinya.

Rangnick kecewa ketika timnya harus tersingkir dari Piala FA. Ia dibuat frustrasi ketika sejumlah peluang emas pemainnya gagal berbuah hingga akhirnya tersingkir dari turnamen tersebut. "Sangat kecewa. Kami seharusnya menang dan mematikan pertandingan di babak pertama,” kata Rangnick seusai pertandingan.

Kekecewaan tersebut bisa menjadi kesempatan bagi pelatih asal Jerman tersebut untuk menebusnya kepada tim dasar klasemen Burnley. Rangnick harus membawa pemainnya kembali fokus dan melupakan kegagalan di Piala FA.

Burnley selalu kalah dalam tiga pertandingan terakhir melawan MU termasuk kekalahan 1-0 musim lalu. Mereka juga belum pernah mengalahkan MU di kandang sejak kesuksesan mengalahkan MU, 1-0, pada Agustus 2009. Karena itu, tuan rumah berharap bisa memperbaiki catatan pertemuan dengan MU menjadi lebih baik.

Seusai pertandingan melawan Watford, Dyche mengatakan bahwa pemainnya sudah mulai fit seusai melakoni jadwal pertandingan ketat sebelum jeda. Pekerjaan Dyche untuk laga berikutnya adalah berusaha agar pemainnya tetap dalam kondisi bugar.

“Tantangannya ada di depan kita. Kami telah melewati jalan ini sebelumnya dan mungkin ini tentang penampilan dan kami harus terus membangun dengan mentalitas,” ujarnya dikutip dari laman resmi klub.

Dyche punya misi kemenangan atas MU sebagai tahap mengangkat timnya dari dasar klasemen. Namun, itu membutuhkan strategi tepat untuk meredam agresivitas permainan MU. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (manchesterunited)

photo
Pemain Manchester United bereaksi dalam sebuah pertandingan melawan Norwich City di Stadion Carrow road, Norwich, Desember 2021. - (AP Photo/Rui Vieira)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat