Ilustrasi Hikmah Hari ini | Republika

Hikmah

Merawat Persaudaraan

Persaudaraan Islam merupakan ikatan yang paling hakiki dan kuat, mengungguli semua jenis ikatan lainnya.

Oleh IMAM NUR SUHARNO

OLEH IMAM NUR SUHARNO

 

Persaudaraan (ukhuwah) adalah satu konsepsi Islam yang menyatakan bahwa setiap Muslim dengan Muslim yang lainnya adalah bersaudara. Banyak ayat Alquran dan hadis yang menjadi landasan konsep ini.

Dalam Islam, ukhuwah bermakna suatu ikatan persaudaraan antara dua orang atau lebih berdasarkan keimanan. Persaudaraan Islam merupakan ikatan yang paling hakiki dan kuat, mengungguli semua jenis ikatan lainnya. Boleh jadi, ikatan lainnya hanyalah bersifat sarana ukhuwah, tetapi tidak dapat dijadikan dasar yang kuat bagi bangunan persaudaraan.

Agar tali persaudaraan (ukhuwah) ikatannya tetap terjaga dengan baik dan kokoh maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk merawat persaudaraan dalam Islam. Pertama, memberitahukan kecintaan kepada orang yang kita cintai secara langsung.

Nabi SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian mencintai saudaranya hendaknya ia memberitahu saudaranya itu bahwa ia mencintainya.” (HR Bukhari).

Kedua, minta didoakan apabila berpisah. Nabi SAW bersabda, “Tidak seorang hamba Mukmin berdoa untuk saudaranya dari kejauhan melainkan Malaikat berkata: ‘Dan bagimu juga seperti itu'." (HR Muslim).

Ketiga, menunjukkan kegembiraan dan senyuman jika bertemu. Nabi SAW bersabda, “Janganlah engkau meremehkan kebaikan (apa saja yang datang dari saudaramu), dan jika kamu bertemu dengan saudaramu maka berikan dia senyum kegembiraan.” (HR Muslim).

Keempat, berjabat tangan jika bertemu. Nabi SAW bersabda, “Tidak ada dua orang mukmin yang bertemu lalu berjabatan tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah.” (HR Abu Dawud).

Kelima, saling mengunjungi. Keenam, saling memberi hadiah. “Wahai para wanita Muslimah, janganlah seorang tetangga memandang rendah pemberian tetangganya meski hanya sop kaki kambing.” (HR Bukhari).

Ketujuh, membantu keperluannya. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah akan selalu menolongnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Kedelapan, memenuhi hak ukhuwah. Nabi SAW bersabda, “Hak Muslim atas Muslim lainnya ada enam.” Kemudian ditanyakan kepada beliau, “Apa itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Jika engkau menjumpainya, ucapkan salam. Jika ia mengundangmu, penuhilah. Jika ia meminta nasihatmu, nasihatilah. Jika ia bersin lantas ia memuji Allah, jawablah. Jika ia sakit, jenguklah. Dan jika ia meninggal dunia, iringilah jenazahnya.” (HR Muslim).

Kesembilan, mengucapkan selamat. Nabi SAW biasa mengucapkan, baarakallahu laka wa baaraka alaika wa jama’a bainakuma fi khair” pada pasangan yang menikah (HR Abu Dawud). Semoga Allah membimbing kita kaum Muslimin agar dapat merawat tali persaudaraan. Amin.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat