Penjaga gawang Chelsea Kepa Arrizabalaga menepis bola yang melesat ke arahnya dalam sebuah pertandingan Liga Inggris. di Stadion Tottenham Hotspur, London, Rabu, 12 Januari 2022. | AP/Alastair Grant

Olahraga

05 Feb 2022, 11:12 WIB

Ambisi Chelsea Raih Trofi Piala Dunia Antarklub Pertama

Thomas Tuchel mengaku sedang Chelsea tidak terlalu sibuk selama bursa transfer Januari.

LONDON -- Chelsea memiliki ambisi menjadi tim ketiga di Liga Primer Inggris yang memenangkan Piala Dunia Antarklub. The Blues akan memulai langkah tersebut pada Rabu (9/2) di partai semifinal Piala Dunia Antarklub 2022.

Chelsea akan melawan pemenang Liga Champions Asia Al Hilal atau tim lokal Al Jazira yang menang atas AS Pirae di Stadion Mohammed Bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel mengatakan, trofi Piala Dunia Antarklub salah satu dari banyak trofi yang diincar sekaligus gelar pertama untuk Tuchel dan Chelsea. Tim asal London ini pernah gagal meraih gelar tersebut ketika kalah dari Corinthians di partai puncak pada 2012. Saat ini, baru Liverpool dan Manchester United yang memenangkan gelar tersebut dari Liga Inggris.

“Saya harus mengatakan, begitu Anda berada di dalamnya, Anda sangat bersemangat,” kata Tuchel, dilansir dari the Guardian, Jumat (4/2).

Tuchel pun akan mempersiapkan tim terbaiknya agar membawa pulang trofi Piala Dunia Antarklub ke London. Namun, sebelum terbang ke UEA, penggawa the Blues akan menghadapi Plymouth Argyle pada putaran keempat Piala FA, Sabtu (5/2).

Chelsea adalah pemenang Liga Champions musim 2020/2021 dengan mengalahkan Manchester City 1-0 di partai final. The Blues juga mengalahkan Villarreal lewat adu penalti untuk mengangkat gelar Piala Super Eropa Agustus 2021 lalu.

“Ini adalah peluang besar untuk memenangkan trofi luar biasa yang jauh dari urusan sehari-hari dan itulah sebabnya kami akan melakukan apa saja untuk mengambil kesempatan mewujudkannya,” ujar Tuchel menegaskan.

Real Madrid menjadi tim terbanyak mengangkat trofi ini dengan koleksi tujuh gelar. AC Milan dan Bayern Muenchen menyusul di posisi kedua dengan masing-masing empat gelar. Dalam 10 edisi terakhir, baru satu tim dari Liga Inggris yang merengkuh gelar itu, yakni Liverpool pada 2019.

Salah satu calon lawan Chelsea, Al Jazira, memenangkan pertandingan pembuka melawan AS Pirae, 4-1. Al Jazira kemudian akan menghadapi Al Hilal dan pemenang dari laga ini akan menghadapi Chelsea di semifinal. Turnamen yang diikuti oleh tujuh tim ini sejatinya akan digelar di Jepang. Namun, negara tersebut mengundurkan diri karena tingginya kasus Covid-19 sehingga dialihkan ke UEA.

Chelsea menjadi favorit untuk mengangkat gelar di turnamen ini. Pasalnya, tim-tim Eropa selama ini selalu mendominasi Piala Dunia Antarklub, meskipun Chelsea pernah gagal. The Blues juga dihuni oleh pemain-pemain kelas dunia di semua lini seperti Romelu Lukaku di barisan depan dan Jorginho di lini tengah.

Kemudian, di lini belakang ada Thiago Silva, bek veteran asal Brasil dengan performa bagus meski usianya tak muda lagi. Di bawah mistar ada Edouard Mendy atau Kepa Arrizabalaga.

Tuchel senang

Thomas Tuchel mengaku sedang Chelsea tidak terlalu sibuk selama bursa transfer Januari. Chelsea hanya berusaha menggaet Ousmane Dembele jelang bursa transfer berakhir, setelah potensi kepindahannya ke Paris Saint-Germain gagal.

Tapi negosiasi gagal menuju ke tahap selanjutnya, dan pemain Barcelona itu akan bertahan sampai kontraknya habis akhir musim ini. Di sisi lain, Tuchel juga membantah menjalin komunikasi dengan Dembele bulan lalu. Walaupun the Blues masih tertarik mendatangkan Dembele pada bursa transfer musim panas saat statusnya bebas transfer.

Juara bertahan Liga Champions itu memang cenderung 'kalem' selama bursa transfer Januari, dimana tidak ada pemain baru yang bergabung. ''Saya sangat puas karena itu merupakan bursa transfer yang tenang, bersikap tenang selalu menjadi hal terbaik,'' kata Tuchel, dikutip dari Skysports, Sabtu (5/2).

Tuchel mengakui kalau Chelsea sudah berusaha mencari pemain baru, khususnya dengan cederanya bek sayap Reece James dan Ben Chilwell. Meski tidak mendapatkan pengganti keduanya, Tuchel menyebut hal tersebut bukan sesuatu yang harus dipusingkan.

Ia percaya dengan pemain yang dimilikinya saat ini. Selain itu, Tuchel menyatakan, sudah menjadi tanggung jawabnya untuk menjadi solusi saat ada pemain cedera. "Kami berusaha (mencari pengganti), kami punya ide. Tapi pada akhirnya kami bertahan pada apa yang kami punya dan kami senang dengan itu," ujar Tuchel.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chelsea FC (chelseafc)

';
×