Inovasi | LTO Ultrium | Republika

Inovasi

11 Mar 2019, 20:24 WIB

Teknologi Terkini Penyimpanan Data

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat banyak perusahaan berlomba melindungi data yang merupakan aset berharga. Tempat penyimpanan data yang aman pun menjadi incaran karena bisa menjadi investasi yang berharga bagi perusahaan.

Pekan lalu, di Jakarta, PT Fuji film Indonesia sebagai salah satu pro dusen LTO memperkenalkan Fujifilm Linear Tape Open (LTO) Ultrium 7 Data Cartridges. Fuji LTO 7 memiliki kapasitas sebesar 15 TB dan kecepatan transfer hingga 750 MB/s.

Kehadiran teknologi penyimpanan ini amat dibutuhkan di masa mendatang karena dapat membantu back updan pengarsipan data dengan biaya yang lebih rendah. LTO adalah teknologi pita magnetik untuk penyimpanan data yang dikembangkan sejak 60 tahun lalu dan kemudian disempurnakan pada era 2000-an.

LTO banyak digunakan oleh sistem komputer baik kecil maupun besar, khususnya untuk back up data. Presiden Direktur PT Fujifilm Indo nesia, Noriyuki Kawakubo, mengungkapkan, pihaknya menyadari bisnis data storageatau recording mediaadalah bisnis yang sangat potensial di In donesia. Untuk itulah, mereka membentuk divisi Recording Media Fujifilm Indonesia pada tahun lalu.

Dalam perkembangannya, LTO telah menghadirkan beberapa generasi, mulai dari LTO-1 yang berkapasitas 200 GB hingga LTO 8 yang mengalami peningkatan kapasitas, yaitu 32 GB dan memiliki kecepatan transfer hingga 1.180 MB/s.

Untuk penjualan perangkat keras LTO Ultrium Data Cartridge, Fujifilm menggandeng Harrisma Informatika Jaya sebagai distributor.

Direktur Utama Harrisma Informatika Jaya Yansen Setiawan menjelaskan, Harrisma memiliki pengalaman bergelut di dunia IT selama 33 tahun. Harrisma optimistis dapat menguasai pasar LTO, ujarnya.(ed:setyanavidita livikacansera)

TIPS AMAN BERTRANSAKSI

Untuk melindungi bisnis dari malwarefinansial, termasuk Trojan RTM, pakar keamanan Kaspersky Lab menyarankan:

- Berikan pelatihan keamanan pada seluruh karyawan, terutama mereka yang bertanggung jawab atas akuntansi untuk mewaspadai serangan phishing.

- Melarang instalasi program dari sumber yang tidak dikenal.

- Menggunakan solusi keamanan yang tepat untuk bisnis dengan analisis perilaku.

';

×