Menteri BUMN Erick Thohir | ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Nasional

Dekat dengan Pemuda NU, Erick Semakin Kuat Jadi Capres 2024

Program Menteri BUMN Erick Thohir membangun pesantren dan menguatkan ekonomi yang digerakkan santri.

 

JAKARTA -- Pengamat Politik yang juga Peniliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam menilai Menteri BUMN Erick Thohir sangat dekat dengan Nahdlatul Ulama (NU) secara kultural. Kedekatan ini kemudian melahirkan dukungan kepada menteri terbaik Presiden Jokowi tersebut untuk menjadi Calon Presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Pak Erick termasuk dekat ke komunitas-komunitas NU khususnya anak-anak muda. Warga NU, warga Nahdliyin kan besar jumlahnya, artinya kelompok di luar struktural NU kan juga banyak. Sehingga jadi kalau ada yang ikut Erick Thohir ya wajar saja, dan gak ada salahnya," ujar Surokim dalam keterangannya.

Kedekatan Erick Thohir dengan NU sedianya sudah terjalin lama sejak sebelum diangkat menjadi menteri BUMN. Ditambah saat ini melalui berbagai program pemberdayaan pesantren semakin menarik simpati anak muda NU memberikan dukungan untuk Erick Thohir. 

Program ini adalah Santri Magang di BUMN, 2000 Pertashop khusus untuk ponpes dan pengembangan UMKM melalui #MuslimLeaderpreneur. Apalagi setelah Erick Thohir ditasbihkan sebagai anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), santri-santri muda dan pondok pesantren serta pendukung NU kultural semakin mesra.

"Beliau (Erick Thohir) dekat dengan teman-teman Banser, rajin mengunjungi pesantren untuk berkolaborasi dalam rangka pengembangan UMKM dalam kapasitas beliau sebagai Menteri BUMN," tutur Surokim yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura.

Selain itu Surokim menyatakan program konkret Erick Thohir seperti pembinaan UMKM untuk warga Nahdliyin sebelumnya tidak tersentuh oleh para tokoh. Maka dari itu, kepemimpinan Erick Thohir menyita perhatian para nahdliyin hingga melahirkan dukungan maju menjadi Capres 2024.

"Efek dari program konkretnya Erick Thohir di sektor yang belum banyak disentuh oleh para tokoh yakni UMKM untuk generasi muda Nahdliyin itu. Sehingga mereka merasa ada yang membersamai mereka jadi anak-anak muda ini mendadak dekat," ucap Surokim.

"(Program Erick Thohir) wujud pemberdayaan sesungguhnya di era pandemi seperti itu, ya membersamai itu," tandasnya.

Generasi muda

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa account officer (AO) PT Permodalan Nasional Madani (PNM) merupakan generasi muda garis terdepan yang membantu nasabah PNM Mekaar. "AO PNM adalah generasi muda yang langsung turun ke jalan di garis terdepan membantu nasabah PNM Mekaar," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis.

Menteri BUMN juga menyampaikan akan terus mendorong AO agar lebih baik, meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan.Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan dan menyapa AO dan nasabah PNM Mekaar Lampung di Gedung Sumpah Pemuda, Lampung.

Dihadiri oleh 250 srikandi Mekaar dan ibu-ibu nasabah PNM Mekaar yang memamerkan produk Ultra Mikro, dalam kunjungan tersebut Erick Thohir didampingi oleh Direktur Utama PT PNM, Arief Mulyadi serta Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana.

Erick Thohir dalam kesempatan ini meluncurkan program beasiswa bagi AO yang memiliki prestasi dan kinerja yang baik.Ia juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan beberapa AO inspiratif dan berbakat di bidang olahraga yang berasal dari kota kelahiran ayahandanya, Gunung Sugih, Lampung. Menteri BUMN menegaskan AO PNM Mekaar seharusnya bisa menjadi contoh bagi para pemimpin BUMN.

"Semua bisa menjadi menteri, direktur BUMN, wali kota bahkan Presiden, asal kita selalu gigih dan terutama tidak mudah mengeluh jika kita selalu mendapatkan kritikan negatif dari orang-orang," katanya.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan program membina ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar) PT PNM dapat menciptakan jutaan wanitaentrepreneur atau usahawan di seluruh Indonesia.Menteri BUMN juga berterima kasih kepada kaum perempuan nasabah PNM Mekaar yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarga karena tetap produktif dengan memanfaatkan kehadiran dan akses pemodalan yang disediakan perusahaan BUMN.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat