Penyerang sayap Arema FC Dedik Setiawan melakukan crossing saat melawan Barito Putera pada pertandingan penyisihan grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/3) malam. Pada pertandingan ini Barito Putera berhasil mengalahka | Wihdan Hidayat / Republika

Olahraga

28 Jan 2022, 07:39 WIB

Arema dan Persipura Berebut Tiga Poin

Arema siap menghadapi Persipura

BANDUNG -- Arema FC hanya sebentar bertahan di puncak klasemen Liga 1 2021/2022. Posisinya di takhta kembali digusur oleh Bhayangkara FC. Padahal pada saat yang sama, tiga tim di bawahnya, yakni Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Bali United menempel rapat.

Alasan ini membuat Arema FC tak boleh kembali kehilangan angka saat menghadapi Persipura Jayapura di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (28/1). Sebelumnya pada laga terakhir Senin (17/1), Singo Edan ditahan imbang tanpa gol oleh PSIS Semarang.

Arema FC punya modal besar bisa kembali ke jalur kemenangan. Sebab, ini kali pertama seluruh pemain berkumpul di putaran kedua kompetisi Liga 1 2021/2022. Tentunya tanpa menghitung Dedik Setiawan, Rizky Dwi Febrianto, Muhammad Rafli, dan Achmad Figo yang dipanggil memperkuat timnas Indonesia di FIFA Matchday kontra Timor Leste.

Pelatih Arema FC Eduardo Almeida memastikan seluruh pemainnya siap menghadapi Persipura. Pemainnya yang sempat terjangkit Covid-19 kini telah pulih total dan sudah bergabung dengan tim. Eduardo mengatakan, ia membagi kelompok pemain dalam persiapan mereka.

“Pemain ada di penampilan terbaiknya dan mengikuti instruksi saya ketika latihan sehingga saya yakin kami bisa bermain baik pada laga ini," kata Eduardo dalam konferensi pers menjelang laga, Kamis (27/1).

Eduardo tak mempermasalahkan empat pemain yang dipanggil ke timnas. Ia menegaskan, punya lebih banyak opsi dalam laga ini mengingat tidak ada pemain yang absen karena cedera ataupun sanksi akumulasi kartu.

Meski menghadapi lawan yang menempati peringkat 15 klasemen, Eduardo tetap menaruh respek kepada Persipura. Dia menilai tim Mutiara Hitam dalam tren positif sehingga bisa saja menjadi ancaman bagi Arema. Ia menegaskan, posisi di papan bawah tak bisa menghapus fakta Persipura tim yang bagus. “Posisi klasemen tidak memperlihatkan potensi yang ada dalam tim lawan. Mereka punya permainan yang bagus. Untuk itu, kami harus mengantisipasi itu dan bekerja lebih keras," ujar Eduardo.

Dilihat dari pertemuan kedua tim, Arema memang di atas angin. Dari lima pertemuan terakhir mereka, Arema menang tiga kali, hanya satu kali kalah, serta satu laga berakhir imbang.

Arema membutuhkan poin penuh minimal untuk bisa bertahan di posisi kedua. Singo Edan saat ini mengoleksi nilai 41 dari 20 laga, tertinggal dua poin dari Bhayangkara FC di puncak. Arema FC hanya unggul satu angka dari Persib, dua poin dari Persebaya, dan tiga angka dari Bali United.

Menang bukan hanya membuat Arema tetap di posisi dua, melainkan juga bisa naik ke puncak. Syaratnya, Bhayangkara FC dijegal Persik Kediri dalam laga yang berlangsung pada hari yang sama.

"Besok (hari ini) kami akan melakukan pekerjaan kami, tentu dengan menghormati Persipura dan bertanding untuk meraih tiga poin," kata Eduardo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Arema FC (aremafcofficial)

Sementara itu, pelatih Persipura Alfredo Vera tak segan menetapkan target kemenangan bagi timnya. Menurut dia, posisi kedua tim di klasemen tidak akan memengaruhi hasil pertandingan.

"Kami tahu Arema sekarang tim kuat, tim bagus, tapi kami punya target sendiri dan kita fokus pada target itu," kata Alfredo.

Persipura berada di posisi 15 klasemen dengan raihan 18 poin. Alfredo menyebut poin penuh bisa membawa Persipura menjauhi zona degradasi dan bersaing di papan tengah. Namun, Alfredo percaya bahwa laga tersebut akan tidak mudah bagi timnya melihat ketangguhan Arema FC.

Dari kubu Persipura, ada Ramai Rumakiek yang dipanggil tim nasional. Hanya Ricky Kayame dan Ian Kabes yang absen akibat cedera. Namun, kehilangan beberapa pemain itu tidak menurunkan target Persipura. "Kami juga tim kuat dan semoga kami bisa mencuri poin," ujar Alfredo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persipura Papua 1963 (@persipurapapua1963)


×