Tanri Abeng University menggelar workshop creativepreneurship | Erdy Nasrul

Nasional

15 Jan 2022, 14:30 WIB

Tanri Abeng University Gelar Workshop Creativepreneurship

Tanri Abeng University berkomitmen melahirkan pengusaha kreatif dan mendukung ekonomi kreatif.

JAKARTA — 150 partisipan dari seluruh Indonesia dan luar Negeri mengikuti workshop creativepreneurship yang digelar mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Tanri Abeng University (TAU) pada Sabtu, 15 Januari 2022. Workshop bertema "DREAMITIVE : Improve Your Skills, Achive Your Dream" adalah kelas yang diadakan secara live online untuk mencetak generasi milenial sebagai agen creativepreneurship yang siap menghadapi era digital society 5.0.

Pada workshop tersebut, dua mentor profesional yang mumpuni mengupas tutas perkembangan digital societ 5.0 serta pentingnya pemanfaatan media digital sebagai wadah dalam mengembangkan kreativitas positif dan membangun good personal branding.

Mentor Irwan Setyawan, dosen TAU sekaligus praktisi media senior menekankan pentingnya remaja menimba ilmu pengetahuan terkini, "Kunci keberhasilan kita selain ilmu pengetahuan yang memadai, niat baik, cerdas, dan bijaksana tentunya. Belajar dan berlatih di media sosial, mengembangkan kreativitas di Youtube, berbisnis di Industri TV, streaming dan film".

Hal ini dilengkapi dengan pengukuhan personal branding yang baik, "Brand You : your image, your mission, your value, and your vision, serta beradaptasi dalam mengikuti dan juga memanfaatkan tren yang ada", ungkap mentor David Rizal selaku news anchor Liputan 6 SCTV pada para partisipan khalayak umum secara daring dari Kampus TAU.

Personal branding (pemasaran diri) bermakna upaya seseorang mempromosikan dan memasarkan karier, pengalaman (jam terbang) kerja, termasuk dirinya sendiri sebagai sebuah merek. Upaya ini diperlukan untuk membangun citra diri di hadapan publik. Dalam hal bisnis, personal branding merupakan hal strategis pengembangan bisnis, di antaranya untuk menanamkan pengaruh. Bisa dikatakan, hal ini membantu individu lebih mudah dikenal dan dipercaya oleh orang lain. Personal branding dibentuk dan didasarkan pada nilai yang tertanam dalam diri individu tersebut.

 

Rektor TAU, Tanri Abeng, sangat mendukung kegiatan ini karena dinilai sejalan dengan misi universitas tersebut yaitu mencetak para enterpreneur yang profesional dan tangguh. "Don't be affraid to face the challenge!" tandasnya.

Peter Johannes sebagai Project Manager Dreamitive menjelaskan makna tema Dreamitive yaitu merealisasikan berbagai mimpi agar menjadi kenyataan. "Dreamitive mendorong para generasi muda agar mampu mengembangkan kemampuan diri dan kreatifitas dalam menciptakan konten konten media digital yang cerdas, positif dan mampu menginspirasi banyak orang". 

Tanri Abeng University didirikan oleh Menteri BUMN RI Pertama yaitu Tanri Abeng. Lokasinya di Jakarta Selatan, memiliki 10 Program Studi yang bernaung dibawah 2 Fakultas, yaitu School of Management and Leadership dan School of Engineering and Technology.


×