Pelatih tim Bali United Basketball Aleksandar Stefanovski (kanan) berbincang dengan sejumlah pemainnya saat konferensi pers menjelang Indonesian Basketball League (IBL) 2022 di Denpasar, Bali, Kamis (13/1/2022). Bali United Basketball menargetkan mampu me | ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Olahraga

Big Match di Laga Pembuka IBL 2022

IBL akan menampilkan performa pemain dan tim yang terbaik.

JAKARTA -- Kompetisi tertinggi Liga Bola Basket Indonesia atau Indonesian Basketball League (IBL) 2022 Seri 1 akan dimulai pada Sabtu (15/1) di Ibu Kota Jakarta. Seri pertama akan berlangsung hingga 22 Januari dengan kapasitas penonton terbatas. Penggemar basket akan langsung disajikan oleh big match dua finalis musim lalu antara Satria Muda Pertamina Jakarta melawan Pelita Jaya.

Pelatih SM Youbel Sondakh mengatakan, timya sudah siap menyambut laga perdana melawan Pelita Jaya. Hanya saja, Youbel harus merelakan timnya bermain tanpa point guard andalannya Hardianus Lakudu yang mengalami cedera pergelangan kaki saat latihan terakhir sebelum keberangkatannya ke hotel karantina, Kamis (13/1) pagi.

Youbel mengakui, absennya Hardianus memberikan dampak pada tim. Kendati demikian, ia sudah menyiapkan beberapa pemain pengganti, antara lain, Antoni Erga, Arki Dikania Wisnu, dan Arief Febri. Ia yakin para pemain pengganti tersebut akan mampu menggantikan peran Hardianus dengan baik.

“Dan, ada beberapa yang di-adjust pastinya,” kata Youbel ketika ditanya tentang potensi perubahan strategi dengan absennya Hardianus oleh Republika, Jumat (14/1).

SM Pertamina diperkuat oleh pemain asing Elijah Foster dan William Tinsley. Menurut Youbel, chemistry pemain asing dengan pemain lokal sudah menyatu. Selain itu, kondisi kebugaran mereka juga siap untuk diturunkan pada laga pembuka. Oleh karena itu, ia menegaskan tak ada masalah dengan chemistry mereka dengan pemain lokal meskipun persiapan yang singkat.

Youbel akan mempersiapkan tim dengan matang guna meraih kemenangan pada laga pembuka. Ia menilai, Pelita Jaya adalah tim kuat. Pemain lokal dan asing mereka pernah bermain dengan SM sehingga sedikit banyak mengetahui kekuatan SM.

“Dan, yang pasti mereka juga sudah sama-sama kenal dengan pemain SM, bareng di SM tiga tahun lalu dan lokalnya bermain di timnas bareng,” ujarnya.

SM dan Pelita Jaya dipisahkan dalam penempatan divisi karena finalis musim sebelumnya. SM menguhuni Divisi Merah, sedangkan Pelita Jaya Divisi Putih. Itu artinya dua tim papan atas tersebut akan bertemu satu kali di babak reguler.

Pelita Jaya diperkuat pemain asing Dior Lowhorn yang terkenal kuat di bawah ring. Sementara, SM akan diperkuat Elijah Foster yang juga kuat di bawah ring. Selain itu, duel antarpemain lokal yang memperkuat timnas Indonesia di masing-masing tim diperkirakan akan menambah laga berlangsung ketat.

Pelatih West Bandints Combiphar Solo Raoul Miguel menyatakan pemainnya siap menghadapi laga perdana melawan Rans PIK Basketball. Ia mengungkapkan, dua pemain asingnya sudah menyatu dengan skema permainannya. Selain itu, pemain cedera pun sudah sembuh.

“Ya, puji Tuhan semua pemain sudah membaik, sudah recovery dari injured, sudah siap untuk bermain. Pemain asing juga sudah nge-blend dengan sistem kita. Ya, mudah-mudahan di setiap game bisa berhasil dengan maksimal,” ujar Coach Ebos, sapaan akrabnya dalam keterangan persnya yang diterima Republika, Jumat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesian Basketball League (iblindonesia)

Ia berharap timnya bisa bermain sesuai yang sudah dilatih pada saat latihan. Ia menilai laga perdana merupakan pertandingan penting. Ia tak ingin pasukannya lengah seperti seri perdana tahun lalu. Ia akan meminta pemainnya fokus dalam setiap pertandingan.

Kapten WB Combiphar Solo, Widyanta Putra Teja, menganggap melawan Rans PIK sebagai pertandingan krusial. Pebasket langganan timnas Indonesia tersebut ingin langsung tancap gas sejak laga pembuka.

“Kalau tahun lalu WB Combiphar Solo startnya kurang bagus, tentu sekarang ini kami berharap bisa jadi lebih baik lagi. Harapannya bisa start bagus dari awal sampai akhir,” kata Widy. 

Rans PIK merupakan satu dari empat tim pendatang baru di IBL musim ini. Kendati demikian, tim milik artis Raffi Ahmad tersebut serius ikut di kompetisi tertinggi basket Indonesia. Tim mereka diperkuat oleh pemain-pemain berpengalaman, baik di level klub maupun timnas Indonesia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat