Pemain Arsenal Bukayo Saka (kiri) menggocek bola dari pemain West Ham Manuel Lanzini dalam sebuah pertandingan . | AP Photo/Ian Walton

Olahraga

Uji Kekuatan Liverpool Lawan Arsenal

Melawan Arsenal di Piala Liga Inggris, Liverpool akan tanpa Salah, Mane, dan Keita.

LIVERPOOL -- Partai tunda leg pertama semifinal Piala Carabao 2021/2022 antara Liverpool dan Arsenal akan segera tersaji. Pertandingan itu digelar di Stadium Anfield, Jumat (14/1) dini hari WIB. Namun, the Reds masih berada dalam kondisi kurang stabil.

Pihak EFL mengumumkan bahwa laga Liverpool versus Arsenal batal digelar pada Kamis, 6 Januari lalu. Itu setelah kubu the Reds mengajukan permintaan penundaan karena sejumlah anggota tim positif Covid-19.

The Anfield Gank sendiri sejatinya masih berada dalam kondisi yang tak jauh berbeda dari pekan sebelumnya meski beberapa pemain yang terinfeksi Covid-19 sudah negatif. Liverpool masih kehilangan gelandang tengah Naby Keita, Sadio Mane, serta Mohamed Salah yang ambil bagian pada turnamen Piala Afrika (Afcon) 2021 di Kamerun.

Praktis, ini menjadi ujian perdana untuk Liverpool tanpa kehadiran pilar andalan di lini depan mereka. Selain itu, cedera Nathaniel Phillips, Harvey Elliott, serta Thiago Alcantara memastikan mereka tidak akan ambil bagian pada leg pertama.

"Sangat sulit untuk membuat alasan. Jadi, ini adalah tim yang bisa kami andalkan untuk saat ini. Kami memiliki masalah seperti banyak tim lain," kata pelatih Juergen Klopp, dilansir laman resmi Liverpool, Rabu (12/1).

Klopp jelas perlu memutar otak untuk menemukan skuad terbaik yang siap saat menjamu tim asal London Utara, Arsenal. "Kami harus membuat keputusan sulit untuk pemain mana yang akan siap pada laga ini. Namun, pada partai terakhir saya senang dengan kinerja tim," sambung Klopp.

Menjelang pertandingan ini, Liverpool datang dengan kepercayaan diri yang tinggi. The Reds baru saja menggilas Shrewsbury dengan skor 4-1 pada laga Piala FA tengah pekan kemarin.

Liverpool dan Arsenal telah bertemu sekali di ajang Liga Primer Inggris. Pada pertemuan tersebut, the Reds berhasil mencukur the Gunners dengan skor 4-0.

Selain itu, Liverpool begitu superior saat menjamu Arsenal di Anfield. Tercatat dalam enam partai terakhir, the Kop sukses mengamankan kemenangan dari rival sekota Tottenham Hotspur.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Liverpool Football Club (liverpoolfc)

 

"Saat ini, kami harus berfokus pada pertandingan versus Arsenal dan saya berharap anak-anak kembali menunjukkan performa terbaik," kata pelatih asal Jerman.

Arsenal sendiri situasinya tidak jauh berbeda. The Gunners juga ditinggal Pierre-Emerick Aubameyang, Mohamed Elneny, Nicolas Pepe, serta Thomas Partey yang sedang bermain di ajang Piala Afrika.

Di sisi lain, pemain tengah andalan Arsenal Granit Xhaka dinyatakan positif Covid-19 dan tidak bisa ikut ambil bagian bersama tim ketika bertamu ke Merseyside Merah. Sebagai pengganti, pelatih Mikel Arteta masih memiliki stok yang cukup melimpah. Alexandre Lacazette bisa diproyeksikan sebagai penyerang utama dan juga Gabriel Martinelli.

Namun, situasi yang tidak kondusif mengiringi perjalanan Arsenal ke Merseyside karena Meriam London baru saja tersingkir dari ajang Piala FA. Mereka tumbang 0-1 di tangan Nottingham Forest, klub divisi Championship.

"Kami sebenarnya bisa tampil lebih baik dan mempunyai level yang bagus untuk mengalahkan mereka. Namun, kami tidak dalam performa maksimal," kata Arteta purnalaga, dilansir laman resmi klub.

Serupa dengan Liverpool, Arsenal juga mengusung misi untuk menang demi kembali ke laju positif. Selain itu, mereka berharap bisa menuntaskan balas dendam setelah kalah pada pekan ke-12 dari the Reds.

"Jelas sulit bermain di Anfield dengan situasi seperti ini. Tetapi, apa pun itu tak bisa dijadikan alasan untuk kami," sambung Arteta.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat