Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Arki Dikania Wisnu (kiri) melakukan | M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO

Olahraga

Satria Muda Siap Tempur

Pada laga perdana, sang juara bertahan Satria Muda akan menghadapi pesaing utamanya.

JAKARTA -- Youbel Sondakh yang kembali dipercaya menjadi pelatih kepala Satria Muda Pertamina Jakarta sudah tidak sabar menjalani laga perdana IBL Tokopedia 2022. Pada laga pertama musim ini, sang juara bertahan akan menghadapi pesaing utamanya yang juga finalis musim lalu, Pelita Jaya Bakrie, di Gedung Basket Jakarta pada Sabtu (15/1/2022).

"First game nanti sangat penting, ada perang emosional, apalagi finalis, banyak sejarah bagi kedua tim, pastinya akan good game. Kita semua sudah tak sabar menanti duel tersebut," ujar Youbel saat pengenalan jersi baru tim Satria Muda, di Mahaka Square, Jakarta, Selasa (11/1).

Saat ini, kata Youbel, persiapan SM sudah berjalan baik. Namun, seperti tim lainnya, untuk adaptasi pemain asing memang masih minim. "Semua tim alami hal sama, pemain asing baru gabung, jadi belum maksimal. Untung pemain asing kita profesional banget dan pernah main di IBL. Jadi, empat kali latihan sudah mulai menyatu."

Salah satu klub yang akan dihadapi skuad yang bermarkas di Kelapa Gading, Jakarta, ini adalah andalan Pelita Jaya, Dior Lowhorn, yang juga pernah memperkuat Satria Muda. 

"Lowhors sudah sama-sama kita kenal. Kita akan bermain sebagai tim. Yakin dengan materi yang ada saat ini bisa handle dia," kata Youbel.

Sandy Ibrahim selaku shooter andalan Satria Muda menyatakan, akan lebih fokus terhadap kekuatan tim sendiri. "Duel lawan Pelita Jaya pastinya akan sangat menarik. Tetapi, kita akan fokus dengan tim, bagaimana pertahanan dan serangan sesuai arahan pelatih."

Musim ini SM akan ada beberapa pemain muda. Menurut Youbel, penggawa muda harus lebih digenjot mental tandingnya. "Ada beberapa pemain muda, tetapi core kita sudah jadi sejak tahun lalu, kita hanya menyisipkan, dan mereka langsung bisa tune in."

IBL musim ini akan digelar di enam kota dan tidak menggunakan sistem gelembung lagi seperti musim lalu. Youbel memberi tanggapan tantangan lainnya yang masih tetap harus diwaspadai adalah virus korona.

"Tantangan virus juga harus waspada, ingatkan tim untuk taat prokes. Dengan dihelat di enam kota berbeda, kita senang, bisa ketemu langsung dengan fan," ujar dia.

Untuk persaingan, Youbel mengungkapkan akan sangat seru. "Ada 16 tim akan memberi warna baru, lebih antusias, banyak pelatih baru positif banget momen bagus buat basket," kata dia.

Presiden SM, Baim Wong, optimistis menatap IBL 2022. "Harapan pemain sehat selalu. Tim bisa juara, saya akan luangkan waktu untuk pelajari organisasi ini. Jangan panggil saya presiden jika SM tidak juara," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Baim juga menyoroti sejumlah selebritas di Tanah Air yang terlibat di kancah perbasketan nasional pada musim ini. Ada Raffi Ahmad yang menjadi pemilik RANS PIK Basketball serta Gading Marten yang menjadi presiden West Bandits Solo.

"Banyaknya seleb yang terlibat di basket, pastinya akan jadi lebih seru, penonton juga akan lebih banyak, masing-masing dari seleb itu pasti ingin juara, termasuk saya," ujar dia.

Khusus RANS PIK, Baim mengatakan, walau sebagai pendatang baru, tidak bisa dianggap sebelah mata. "Kita dua kali uji coba lawan RANS, pertama, mereka kalah 10 poin, tetapi kedua kita kalah hanya satu angka. Ada sejumlah pemain SM di sana," kata sahabat Raffi Ahmad ini.

Meski begitu, Baim menyebut finalis musim lalu masih menjadi saingan terberatnya. "Menurut saya, tim saingan terberat masih Pelita Jaya Jakarta."

Dalam kesempatan ini, Baim juga bangga dengan dukungan Pertamina terhadap Satria Muda yang sudah terjalin sejak 2015 lalu. Kemudian, dengan Wahana Honda sejak lebih dari satu dekade lalu.

"Pertamina adalah brand besar, kita bangga dipercaya Pertamina. Sebenarnya banyak yang dipilih Pertamina, tetapi pilihan jatuh ke Satria Muda yang punya fondasi kuat," kata dia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat